Bayar Pajak Motor Online di Samsat BTM Bogor

Bulan Juni adalah bulan yang istimewa. Bukan, bukan lantaran Bogor terus diguyur hujan sehingga mirip puisi karya Sapardi yang kondang itu. Bulan keenam ini adalah saat harus membayar pajak kendaraan bermotor. Jadi daripada terlambat dan kena denda, tentunya lebih baik bayar sebelum jatuh tempo tanggal 26 besok.

Karena KTP saya terdaftar di Kabupaten Bogor, saya pun mencari informasi tentang lokasi pembayaran pajak motor alias Samsat Kabupaten. Banyak yang bilang bahwa lokasinya sulit ditemukan, haha. Dan memang betul, lokasinya memang lumayan jauh di Cibinong sana. Panas pula, apalagi di saat bulan Ramadan seperti sekarang.

Lalu teringat dulu pernah bayar pajak motor yang hilang di Samsat BTM (Bogor Trade Mall). BTM adalah salah satu mal besar yang lokasinya tak jauh dari Kebun Raya Bogor dan Jl. Suryakencana. Malnya berdiri di sudut pertigaan menuju Empang-Ciapus dan Jl. Juanda arah Kantor Walikota.

Setengah Jam Saja

Kamis 23 Juni saya dan Rumi akhirnya meluncur ke Samsat di BTM. Rupanya lokasinya sudah pindah di lantai UG bersebelahan dengan restoran seafood D’Cost. Tiba di sana sekitar pukul 10 pagi. Dari luar terlihat antrean di loket 3. Tanpa babibu, saya langsung menghampiri petugas di loket 2 yang bertuliskan khusus PENDAFTARAN. Loket 1 untuk PAJAK PROGRESIF, loket 3 untuk PEMBAYARAN, dan loket 4 untuk PENYERAHAN/PENGADUAN.

Tak dinyana ternyata ada aturan baru. Sebelumnya pembayar pajak tak disyaratkan menyerahkan kopi KTP, ternyata sekarang diminta. Karena tak bawa fotokopinya, petugas mengarahkan saya ke sudut ruangan untuk mengkopi. Ulala, satu lembar harganya 1.000 rupiah! Saya jadi suuzan nih haha… Tahu gini fotokopi di luar aja lebih murah. Ini sekaligus TIP buat Anda agar menyiapkan fotokopi KTP sebelum meluncur ke lokasi.

samsat
Budayakan antre ya Bro!

Setelah itu saya kembali ke loket 1, untuk menyerahkan KTP asli + fotokopinya dan tentu saja STNK asli. Lalu tunggu di kursi. Tip lagi: sekarang tidak dikasih plastik pembungkus STNK seperti dulu. Jadi lepaskan plastik STNK yang lama sebelum diserahkan kepada petugas.

Pukul 10.26 nama saya dipanggil untuk menuju loket 3. Siapkan uang sesuai pajak kita. Pajak yang dibayar adalah PKB dan SWDKLLJ. Bawa uang lebih tak masalah karena petugas sudah siap dengan uang kembalian pecahan kecil.

Setelah bayar, kita terima struk pembayaran. Langsung bergeser ke loket 4 tanpa perlu dipanggil. Serahkan struk dan pajak STNK pun sudah diperbarui. Alhamdulillah.

Total waktu dari jam datang sampai tuntas bayar adalah 30 menit. Lumayan cepat kan? Praktis pula. Sebenarnya belum praktis juga sih. Kalau mau praktis, harusnya bisa bayar via ATM atau teller bank dan ke Samsat cuma untuk mengambil lembar pajak yang baru.

Beberapa Poin Penting

  1. Siapkan fotokopi KTP sebelum datang ke Samsat untuk menghemat uang hehe.
  2. Lepas plastik pembungkus STNK sebelum menyerahkan STNK asli karena kita enggak dapat pengganti.
  3. Loket Samsat ini buka setiap hari dari jam 9 pagi hingga 3 sore kalau enggak salah. Sabtu dan Minggu tetap buka tapi cuma setengah hari, dari jam 9 pagi sampai 12 siang.
  4. Semua STNK Jawa Barat bisa bayar di loket Samsat Bogor ini. Inilah yang disebut online.

Gratis Biaya Balik Nama

samsat2.jpg

Nah, ada promo menarik nih, Sob! Untuk mutasi kendaraan bermotor dari provinsi lain ke Jawa Barat akan dibebaskan dari biaya BBNKB atau biaya balik nama. Kalau motor sekitar sejutaan, lumayan kan? Paling cuma bayar biaya cabut berkas di provinsi sebelumnya.

Promosinya cuma sampai akhir tahun ini saja. Jadi buruan kalau mau mutasi motor atau kendaraan bermotor. Cuma bayar pajak tahunan aja seperti biasa.

Bayar pajak segitu gedenya, banyak pula yang bayar, semoga dipergunakan sebaik-baiknya demi kemakmuran rakyat setempat. Salam, semoga bermanfaat! 🙂

 

93 Comments

  1. saya juga perpanjang stnk 5th thn lalu urus sendiri di samsat jakarta timur, cepet, setengah hari beres.
    kalau bayar pajak stnk tahunan udah sejak lama di gerai samsat yang ada di mall gandaria city, sebelumnya sempet juga di mobil samsat keliling.
    Tapi belum lama ngerasain juga ngurus perijinan di Kabupaten Bogor, di pelayanan satu pintu, tempatnya enak, cs nya ramah, trus selesai tepat waktu. Salut deh sama pelayanan publik sekarang.

    Like

    1. Wah senangnya bila pelayanan prima dan waktunya cepat ya. Semoga perbaikan birokrasi ini bisa meningkatkan produktivitas kerja rakyat dan kepercayaan mereka terhadap pemimpin. Terima kasih sudah mampir di sini, Mila. Salam kenal 🙂

      Like

  2. Klo pajak mtr sy mati 3th stnk kab bogor mau bbn k kota ada denda ga, biaya bbn brp mtr sy revo th 2008, alssan bbn sy pinjam ktp a.n stnk yg bersangkutan sdh pindah rmh k luar kota jd mau byr pajak ksulitan

    Like

    1. Kalau mau balik nama, tentunya denda harus diberesin dulu, Mas. Hitung aja pajak plus dendanya sesuai yang tercantum di STNK dikali tiga. Kalau udah lunas, terus cabut berkas dari samsat Kabupaten. Untuk biaya balik nama ke kota bogor masih gratis sampai akhir tahun, Mas. Paling bayar cabut berkas aja di Kabupaten.

      Like

    1. Bayar pajak telat enggak perlu ke Kabupaten, bisa langsung ke Samsat BTM, Mas. Langsung saja hitung pajak plus sanksinya. Kecuali kalau yang mati STNK-nya, itu harus ke Cibinong. Kalau pajak doang yang telat, bisa di Samsat Jabar di BTM.

      Like

  3. Gan pajak motor f kabupaten telat 4 tahun apa bisa bayar di samsat BTM motornya vario 2012 PKB 204.800 SWKLJJ 35.000 kira kira berapa yg harus dibayarkan

    Like

    1. Tinggal jumlahin aja PKB + SWDKLJJ + sanksinya, Gan. Trus dikali empat deh. Kalau pajak dan denda kayaknya masih bisa bayar di samsat BTM. Tapi kalau STNK mati, harus ke samsat Kabupaten. Semoga membantu.

      Like

  4. mau tanya mas, saya dari kabupaten biasanya byr pajak di pemda cibinong, apa bisa bayar di samsat btm ? bukannya di btm untuk bogor kota saja? soalnya bulan ini saya hrs byr pajak

    Liked by 1 person

  5. Kalo mau perpanjang pajak di samsat BTM bisa gak gan pake ktp pemilik yg skg? Stnk masih pemilik yg dlu di kabupaten bgr sedangkan saya ktp bogor kota.
    Mau cabut berkas takut gak keburu nih.

    Trims

    Like

  6. Kang mau tanya, hari ini kan saya harusnya bayar pajak, sementara nama motornya masih orang bukan atas nama sendiri, orang tsb lagi keluar kota, nah kalu ane bayarnya minggu depan kena denda gx yah, terima kasih

    Like

  7. Kang mu tanya ni,mtor ane msih atas nma pmlik prtama ane tngan k3 jdi ga ada ktp pmilik asli bsa nmbak ga ya mu blik nama tkut ga kburu jg plat f kab.mkasih.

    Like

      1. Ane beli dri tngan k2 ktnya klo pinjem ktp yg punya ga smpet/ribet ato gmna gtu gan jdi dia jg nmbak ktp ktnya….klo urus2 di outlet samsat yg di itc cibinong bsa ga ya…mkasih atas infonya kang.

        Like

    1. Mlm kang mau tanya, saya mau perpajang stnk + ganti plat 5 thun, tp yg pny motor dulu udah g tahu tpat tinggaly gmn ya cara mengiranya

      Like

  8. Kang, kalo mau bayar pajak tahunan plat B trs nembak ktp bs ga di btm?
    Soalnya beli motor second jd nma di stnk nma org lain..

    Like

  9. Sy beli motor dari saudara (di jakarta ) stnk nya masih atas nama dan alamat dia di jakarta – karna pajak sudah jatuh tempo 9 bulan yg lalu bisa kah saya bayar pajak nya di Bogor? Trus balik nama nya juga di Bogor, atau harus di urus ke Jakarta?

    Like

  10. Kalo mau bayar pajak motor jawatimur di bogor bisa ga? Tapi ktp asli ada d jawatimur gmna cuma ada ftokopi ktp?

    Like

  11. Terima kasih informasinya, sangat bermanfaat buat saya yang mau bayar pajak motor di Samsat BTM Bogor, daripada ke samsat cibinong yang kondisi antrian nya lebih penuh, mendingan ke sini.

    Like

  12. Broo kalo ane kasusnya gini atas nama stnk orang Bogor tapi pengen ane urus di bandung.. Kmaren si bisa 3thn mati sama tmn ane dibayar nah pas udh ganti ko pkb ane jadi 489.800 swd 134.000
    Tolong infonya gan

    Like

    1. Prinsipnya kalau untuk pengurusan pajak bisa dilakukan di mana saja bro asalkan masih satu provinsi. Kecuali untuk penggantian plat. Nah, untuk perubahan nilai pajak, aneh kurang paham. Mungkin itu karena kena pajak progresif atau lebih tepatnya coba tanyakan ke samsat Bandung soal kenaikan.

      Like

  13. mau tanya kan motor kaka saya plat f bogor blom bayar pajak 3tahun di stnknya tercantum 534rb bogor emang sebesar itu pajaknya gk kaya d sukabumi yah .
    trus kalo mau balik nama berapa ya byarnya kira2 .

    Like

    1. Pokoknya pajak yang wajib dibayar adalah PKB + SWDKLJJ + sanksinya. Lalu dikali tiga. Untuk biaya balik nama motor yang masih satu kabupaten biasanya tidak terlalu mahal, kecuali kalau harus mutasi karena abeda wilayah. Harus cabut berkas dulu.

      Like

  14. Bro, saya mau mutasi kendaraan nomor F 1234 IO, ngurusnya di Samsat Kabupaten atau Samsat Kota Bogor

    Like

  15. Info yg bermanfaat kang,,
    Kebetulan saya mau bayar pajak tahunan stnk , plat nya F kab.sukabumi ,bisa gak ya kang di BTM?
    Trus kalo telat 1 bulan denda nya gede gak sih? Motornya matic

    Like

  16. Saya beli mobil bekas panther th 96 plat F saya tinggal di Boyolali, bingung mau bayar pajak nya mohon solusi nya…

    Like

  17. Misi gan mau tanya kalau motor plat D byr pajak di bogor bs gk ya? Dan kalau motor plat D pengen dirubah jd plat F biaya nya brp ya? Mksh

    Like

    1. Plat D bisa bayar pajak di Bogor. Tinggal ke BTM. Untuk biaya balik nama, bisa ditanyakan langsung di samsat. Cabut berkas dulu lalu balik nama. Balik nama dowang mungkin sekitar 300rb.

      Like

  18. Pak maaf mau tanya! ini saya pake motor plat F kalau ngurus2 STNK yg hilang trs tak ada KTP yg sesuai di STNK.untuk bwat lagi serta bayar pajak yg sudah 4 tahun kelewat, itu kena brafa ya pak ? Untuk ngurus nya di mana pak ? Tks maap perlu info nya

    Like

  19. mau tanya kalau byar pajak d btm,cuman ada fotocopy ktp pemilik y saja bisa gk? tanpa ktp asli soal y saya beli motor secon..terima kasih sebelumnya..

    Like

    1. Setahu saya waktu bayar pajak harus membawa KTP asli plus fotokopinya, Mas. Tapi dicoba aja sih ke BTM. Tanya ke petugas di sana, baik kok. Sekalian jalan-jalan ke BTM 🙂

      Like

  20. kang kl stnk atas nama adik saya tetapi satu alamat sama saya..tetapi saya yang bayar pakai ktp saya bisa ga kang?sebab adik saya lagi di luar kota..

    Like

    1. Setahu saya sih bisa ya, tinggal cari mobil STNK keliling atau kantor samsat terdekat. Terus bayar di sana tanpa perlu ke Bogor. Selama masih Jabar sepertinya bisa bayar secara online. Atau bisa bayar lewat ATM bank BJB, BNI, dan BCA.

      Like

  21. kalo ga pake ktp yg sesuai di stnk gimana ya , platnya f kab ,saya mau nembak ktp bisa ga kang ??

    Like

  22. gan di surat pemabayaran pajak tertulis di pokok kanan atas SAMSAT Provinsi Jawa Barat, plat nopol saya B depok, saya biasanya bayar di SAMSAT daerah depok 2 sana, klo bayar di outlate BTM bisa nggk??

    Like

      1. Om…no rangka di stnk saya kurang satu..pas perpanjangan pajak kemarin bermasalah atau tidak omm.mohon pencerahanya

        Like

  23. pak klo saya mau bayar pajak plat no T purwakarta di samsat BTM bisa ga ? hanya bwa KTP asli dan STNK kan ?

    Like

    1. Setahu saya bisa karena masih satu provinsi. Kalau tidak bisa, Mas bisa coba bayar pajak lewat E-samsat Jabar, yaitu bayar di bank BJB, BCA, BNI, BRI, Permata, atau CIMB. Kalau mau pasti, silakan telepon nomor (0251) 8322283 untuk tanya-tanya langsung, Mas.

      Like

Tinggalkan jejak