Ini Rahasia Kelezatan Sambal Terasi

Siapa yang tak kenal sambal? Hidangan utama serasa tak lengkap tanpa ditemani sambal pedas dan gurih. Jelas, meski hanya berfungsi sebagai pelengkap, namun beberapa rempah di dalamnya mampu membangkitkan selera.

Sambal menjadi populer dan digemari sebab bahan-bahan dan cara pembuatannya cukup mudah. Selain itu, rasa dan varian isinya bisa disesuaikan dengan selera dan ketersediaan bahan.

Sambal terasi spesial

Sambal terasi kami kali ini sangat berbeda. Jujur saja, keistimewaannya terjadi secara tidak sengaja. Lantaran sulit mendapatkan jeruk limau untuk diperas ke dalam sambal jadi, maka bahan rempah lain kami masukkan sebagai pengganti.

Bahan-bahannya normal seperti biasa. Masukkan cabai, bawang merah, garam, gula pasir, tomat dan terasi. Semuanya digoreng sebentar lalu dihaluskan dalam cobek. Untuk terasi, akan lebih sedap bila dibakar. Merek dan jenis terasi tak jarang juga berpengaruh.

image

Nah, untuk kasus kami, sebelum diulek semua, istri saya menambahkan lembaran daun jeruk ke dalam cobek. Dimasukin sejak awal agar ikut meresap dalam sambal. Hasilnya? Wow banget!

Selain menambah aroma harum, sensasi rasanya juga berbeda. Makin gurih dan menggugah selera. Selanjutnya sambal bisa disantap langsung dengan nadi hangat plus sayur asam. Atau bisa dipenyetkan pada ikan asin maupun ikan lain. Berani coba?

35 Comments

  1. Coba yaa ini resep aku ksh ke pembantuku.. Slama ini dia bikin sambel terasi kurang mantep. Ga kayak bikinan mama.. Coba kalo diksh daun jeruk mungkin bisa jd perfect rasanya 😀

    Like

Tinggalkan jejak