Liburan ke Jember, Ini 5 Destinasi Murah Meriah

Ketika mendengar kota Jember disebut, hal pertama yang segera terbayang mungkin adalah JFC atau Jember Fashion Festival yang telah mendunia. Parade busana unik yang mengangkat kekayaan etnik lokal tak ayal menyedot perhatian wisatawan domestik bahkan mancanegara. Para penampil mengikuti pawai dengan menunjukkan corak-corak busana yang istimewa.

Namun selain pesona festival akbar seperti itu, Jember punya daya tarik lain yang sayang banget kalau dilewatkan. Beberapa destinasi wisata berikut ini bisa dikunjungi oleh siapa pun sekaligus membawa keluarga agar piknik lebih meriah. Meriah bukan saja sebab lokasinya eksotis dan indah, tetapi juga harganya yang murah sehingga sisa dana bisa kita alokasikan untuk membeli oleh-oleh.

1 – Pantai Papuma

Bernama asli Pantai Pasir Putih Malikan, Papuma berlokasi di Kecamatan Ambulu, tepatnya di Desa Lohjejer. Letaknya berada di deretan Pantai Watu Ulo yang terus menanjak jalannya menanjak dengan pemandangan khas pantai selatan yakni perbukitan yang memagari lautan. Jalan berkelok dengan melewati areal hutan jati dan tebing-tebing tinggi akan menjadi kenangan tersendiri.

Begitu tiba di Siti Hinggil atau pos puncak di mana kita bisa menyaksikan keindahan Papuma dari atas, maka segala penat dan lama perjalanan akan terbayar. Jika tak malas, arahkan kaki ke pantai selepas Subuh ketika para nelayan merapat ke darat. Sambil menanti matahari terbit, kita bisa bercakap dengan sekelompok nelayan yang tersenyum gembira memanggul puluhan keranjang berisi ikan hasil tangkapan.

Di sore hari, eksotisme Papuma makin tampak dengan kabut tipis yang meliputi perbukitan dan kian mempertegas kegagahan batu hitam besar yang bercokol nun di sana.

2 – Pusat penelitian kopi dan cokelat

Dikenal dengan nama Puslitkoka, tempat ini merupakan satu-satunya pusat penelitian kopi dan kakao yang ada di tanah air. varian kopi dari daerah-daerah lain tak jarang mengikuti cupping test untuk diuji rasanya, seperti kopi Ngebel asal Ponorogo yang masuk dalam deretan 10 kopi terenak. Pusat penelitian yang dibangun tanggal 1 Januari 1911 ini semula bernama Besoekisch Proefstation dan kini menjadi CCSTP alias Coffee and Cocoa Science Technopark.

Sesuai namanya, Puslitkoka bisa menjadi tujuan wisata yang ramah anak dan keluarga. Selainberkeliling di atas kereta yang didesain sedemikian rupa sehingga menyerupai kereta kayu, kita bisa menyaksikan proses pembuatan kopi dan cokelat di Puslitkoka ini. Yang tak kalah menyenangkan, ada resto dan gerai yang bisa kita manfaatkan untuk menikmati produk olahan cokelat dan kopi Puslitkoka. Siapkan uang Anda, BBC Mania, biar enggak kalap beli cokelat batangan dan kopi yang enak banget tapi terjangkau harganya.

3 – Watu Ulo Pegon Parade

Selepas lebaran Idulfitri pemerintah daerah setempat menghelat acara besar bertajuk Waton yang merupakan akronim Watu Ulo Pegon. Bagi Anda yang belum akrab, pegon adalah kereta beroda dua yang ditarik oleh dua ekor sapi dengan mengangkut aneka hasil bumi layaknya sehabis prosesi panen. Pegon-pegon ini lantas berjalan hingga 4 kilometer dan berakhir di pesisir Pantai Watu Ulo.

Pegon dihias untuk dilombakan.

Jika di daerah lain pengemudi andong atau dokar disebut kusir, Jember menyebutnya dengan bajingan—haha, cukup mengejutkan ya! Awal mula Waton adalah kebiasaan masyarakat setempat yang pergi berlibur ke pantai sambil membawa makanan tak lama setelah lebaran. Dispar kemudian mengubahnya menjadi parade publik di mana semua masyarakat bisa ikut serta. Selain keindahan pegon yang dilombakan, ada pula lomba memanggang ikan yang dikenal dengan FBI alias Festival Bakar Ikan.

Potensi lokal turut dipromosikan.

Waton adalah ajang promosi wisata daerah yang efektif karena para pelaku UKM dan UMKM bisa membuka gerai untuk menawarkan produk mereka di event ini. Dengan cara seperti ini Pantai Watu Ulo semakin dikenal wisatawan, sambil menikmati tarian reog, tha-buthaa’an, dan acara kembul bujana yakni makan bersma setelah gerebek tumpeng terdiri dari ketupat dan lepet. Permainan tradisional seperti egrang pun bisa kita coba loh di sini.

4 – Perpustakaan & Museum Tembakau

Ternyata Jember punya perpustakaan dan museum tembakau yang berada di bawah otoritas UPT PSMB-LT Jember. Lembaga ini menyediakan laboratorium penguji, laboratorium kalibrasi, lembaga inspeksi, layanan sertifikasi produk, pengambilan contoh, perpustakaan dan tentu saja museum tembakau. Museum dan perpustakaan buka mulai Senin hingga Jumat pukul 9 pagi sampai 11 siang.

Di museum ini kita akan menjumpai aneka jenis tembakau dari beberapa daerah dan bagaimana sejarahnya hingga sampai ke Nusantara. Tak harus perokok yang bisa menikmati museum ini, sebab keluarga pun dapat belajar banyak hal lewat perkembangan daun emas yang melegenda hingga ini—mengundang pro dan kontra sepanjang waktu.

Perpustakaan ada di lantai 2.

Sutikno, tour guide di museum tersebut, menyatakan bahwa tak sedikit orang dari kota-kota lain datang ke Jember dengan membawa tembakau milik mereka lalu menginap selama beberapa hari di kota berjuluk Kota Seribu Gumuk ini. Alih-alih hendak mengacaukan harga tembakau di Jember, orang-orang tersebut ternyata hanya ingin mendiamkan tembakau mereka pada suhu Jember yang diyakini dapat mengubah citarasa tembakau mereka. Unik kan?

5 – Pabrik cerutu

Kalau BBC Mania menonton film-film bertema mafioso, mungkin tokoh utama sering terlihat memotong lalu menyalakan roko yang sangat besar. Ya, itulah cerutu. Di Jember ada pabrik cerutu berkelas internasional yang bisa kita kunjungi seagai wahana belajar. Kita dapat melihat langsung proses pembuatan cerutu di pabrik bernama BIN Cigar ini.

Cerutu ternyata hanya berisi lembar-lembar tembakau yang disiapkan sedemikian rupa melalui proses pengeringan dan penghangatan dalam alat khusus agar menjadi cerutu nikmat. BIN Cigar selama ini memproduksi 30 macam cerutu dalam berbagai ukuran yang dijual mulai dari Rp22.000 hingga Rp4,5 juta. Dalam sebulan mereka sanggup menghasilkan setidaknya 50.000 cerutu baik untuk konsumsi domestik maupun diekspor ke Cina, Denmark, dan Malaysia.

Jangan sampai lewatkan kesempatan mengunjungi lima tempat tersebut jika BBC Mania datang ke Jember. Agar tak terburu-buru dan lebih mengesankan, saya sarankan untuk menginap di kota yang lumayan sejuk ini. Dengan begitu, setiap destinasi bisa dinikmati dengan penuh perasaan. Belum lagi aneka sajian kuliner kota Jember yang juga lezat. Mulai dari olahan produk laut seperti ikan bakar, udang asam manis, cah kangkung dan sambal terasi, hingga kafe-kafe kekinian seperti Japanese food juga ada. Menu khas Jepang bisa kita santap di seberang Stasiun Jember yang menyediakan sate bakso dari daging kelinci yang sangat lezat.

Cari hotel yang nyaman

Jadi tunggu apa lagi? Segera pesan tiket kereta atau tiket pesawat agar agenda liburan bisa diwujudkan. Yang tak boleh dilupakan adalah booking hotel sehingga liburan tetap nyaman tanpa drama kehabisan kamar padahal kita sangat membutuhkan. Enggak asyik dong kalau bawa tas-tas berat pas mengunjungi setiap destinasi? Apalagi kalau kunjungan kita sekalian untuk urusan bisnis, tentunya menginap di hotel jadi prioritas agar kita tampil prima.

Coba aja pesan di pegipegi, karena banyak pilihan hotel atau penginapan bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan dan terutama dana yang kita punya. Pegipegi punya deretan hotel yang lengkap, mulai dari hotel murah, boutique hotel, sampai hotel berbintang 5. Pesan di aplikasi Pegipegi adalah cara praktis agar liburan mudah dan murah. Jangan sampai keluarga kita kecewa karena hotel mengecewakan entah karena terlalu mahal atau sebab lokasinya jauh ke mana-mana.

Saya misalnya pernah menginap di Foresta Papuma yang sangat dekat dengan pantai, cukup berjalan kaki. Restonya pun punya menu yang sangat nikmat. Sekalian saja pesan tiket pesawat atau tiket kereta api di pegipegi agar pembayaran lebih aman dan pengeluaran lebih hemat. Di aplikasi Pegipegi ada juga travel tips yang bakal berguna sesuai kebutuhan, misalnya bagaimana kiat aman ajak anak berwisata ke taman rekreasi.

Dengan koneksi pembayaran yang lengkap, juga banyaknya jaringan hotel—termasuk promo hotel yang sering muncul di aplikasi, liburan ke Jember enggak perlu khawatir lagi. Kapan lagi liburan bareng keluarga dengan murah dan cari hotel pun mudah?  Kalau ke Jember, boleh dong saya mau titip cokelat dan kopi ya BBC Mania.

Advertisements

4 thoughts on “Liburan ke Jember, Ini 5 Destinasi Murah Meriah

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s