6 Kiat Belanja Cerdas Saat Harbolnas

Si sulung sedang butuh sepatu baru karena sepatunya yang lama mulai usang seiring masa pemakaian. Untunglah masih ada sepatu cadangan buat menunggu sampai punya sepasang sepatu pengganti. Untungnya lagi, sebentar lagi harbolnas alias Hari Belanja Online Nasional akan digelar tepat tanggal 12 Desember 2019 nanti. Siapa sih yang enggak suka dengan belanja dengan tambahan diskon dan aneka promosi menarik?

Namun sebelum kalap berbelanja akibat gencarnya promosi dari berbagai merek atau toko online, ada baiknya kita terapkan langkah-langkah jitu agar produk yang akan kita beli termasuk ke dalam pembelian yang cerdas. Bukan hanya memperoleh manfaat dari kepemilikan barang itu, tetapi juga bijak terhadap kondisi keuangan yang merupakan masalah penting bagia siapa saja di era kecanggihan teknologi sekarang ini.

1. Buat daftar barang yang akan dibeli

Tuliskan benda atau barang apa saja yang ingin kita beli. Buatlah daftar sebebas mungkin di atas kertas berdasarkan kondisi riil kita saat ini. Penyusunan daftar berisi barang atau produk akan membantu kita untuk jeli mendapatkan barang yang benar-benar kita butuhkan.

2. Seleksi menurut skala prioritas

Begitu daftar selesai dibuat, lakukan penyeleksian ketat guna memilih mana saja produk yang sangat mendesak untuk dibeli sesuai kadar kebutuhan. Ingat, prioritas akan menentukan produktivitas. Kalau kita adalah seorang desainer grafis freelance yang amat ditunjang dengan keberadaan laptop dengan specs tinggi, maka tak ada gunanya memasukkan mobil baru ke dalam daftar. Masih bisa menggunakan kendaraan umum demi menghemat biaya cicilan ataupun mengurangi polusi.

3. Bandingkan merek produk

Setelah didapat beberapa benda atau barang yang sangat perlu dibeli, lakukan riset secara daring atau online mengenai merek-merek yang membuat produk tersebut. Misal kita membutuhkan kamera baru sebagai pendukung profesi sebagai fotografer atau vlogger, kita bisa tanya atau diskusi dengan teman yang lebih ahli mengenai kamera agar bisa mendapatkan pandangan profesional terutama seputar spesifikasi dan harganya.

4. Cari promo di e-commerce

Langkah berikutnya adalah membandingkan promosi yang ditawarkan oleh toko online atau marketplace di Internet. Merek barang yang sudah kita kantongi akan menjadi panduan utama saat menemukannya di antara para penyedia barang tersebut selama harbolnas nanti. Lihat kredibilitas tokonya melalui komentar pembeli atau ulasan yang mudah kita temukan di Internet. Bisa pula dengan bertukar pandangan bersama teman atau kerabat yang pernah puas menggunakan jasa mereka.

5. Tabung agar untung

Merek sudah dapat, harga sudah pas, tempat beli  sudah oke, maka jangan lupakan menyisihkan sebagian pendapatan. Bagi saya yang pekerja freelance, sangat penting untuk menabung karena penghasilan tidak menentu. Pemasukan bulan lalu sangat mungkin bisa lebih besar dibanding bulan ini, maka menabung harus diutamakan. Kalau tidak, penghasilan yang seolah besar itu bisa terhambur pada keinginan belaka sementara kebutuhan primer justru terabaikan.

6. Temukan manfaat berlipat

Dalam memilih marketplace atau toko online yang menjual produk yang kita incar, jangan cuma tergiur promosi harga murah saja. Diskon tentu saja layak dikejar, tetapi akan lebih baik jika kita berusaha menemukan manfaat ganda. Misalnya selain membeli produk dengan harga miring, ada pula tawaran berupa token yang akan diganjar dengan peluang mendapat barang lain yang lebih wah.

Seperti Blibli.com yang menawarkan harga SYOK pada harbolnas nanti. Untuk setiap pembelian dengan minimal Rp100.000 (tidak berlaku kelipatan) dan melakukan sejumlah aktivitas yang direkomendasi oleh Blibli.com, kita akan diganjar dengan 1 token selama periode Oktober hingga Desember 2019. 

Token bisa kita gunakan untuk bermain game capit pada aplikasi Blibli.com yang akan memberikan kita kesempatan mendapatkan barang-barang (secara acak) dengan harga SYOK! Ingat, waktunya hanya selama 24 jam loh untuk menebus produk yang sudah kita dapat. 

Belum lagi nanti pas tanggal 10 Oktober, 11 November dan puncaknya 12 Desember yang kabarnya bakal ada program SUPER SYOK! So, mulai berhemat dari sekarang biar kita untung banyak pada harbolnas nanti. Belanja bijak di Blibli.com agar bisa mengumpulkan token sebanyak-banyaknya sebagai bekal menebus benda-benda keren dengan harga bikin mupeng.

Advertisements

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s