Keseruan #Collabonation Youtube FanFest 2019 Surabaya: Ketika Kolaborasi Tak Ada Batasan Lagi

Senang dan semringah, itulah perasaan saya ketika menerima email dari Indosat Ooredoo sebagai salah satu pemenang Meet & Greet sejumlah Youtuber keren Indonesia dalam acara Youtube FanFest (YTFF) Showcase 2019 di Grand City Convex Sabtu 5 Oktober lalu. Bukan hanya Jang Hansol orang Korea yang medok Jawa itu yang akan tampil dalam YTFF kali ini, Youtuber lokal seperti Cak Dave Londokampung dan Budiono sukses pun turut meramaikan perhelatan akbar para kreator konten kreatif ini.

Surabaya menjadi kota ketiga yang disambangi YTFF setelah sukses dihelat di Bandung dan Yogyakarta. Sebagaimana nama yang disandang, YTFF adalah ajang bertemunya para penikmat kanal Youtube dengan para seleb Youtube yang mereka idolakan. Acara yang digagas oleh IM3 Ooredoo ini bukan sembarang ajang kopi darat pegiat digital.

Kolaborasi adalah solusi

Mengusung tagline Collabonation – Freedom To Collaborate”, IM3 Oooredoo bermaksud membuka peluang sebesar-besarnya bagi para kreator dari berbagai platform guna menghasilkan konten yang kreatif dan bermanfaat. Inilah spirit kolaborasi sesungguhnya, yaitu melibatkan seluruh elemen masyarakat yang akrab dengan dunia digital untuk saling bekerja sama tanpa memandang asal daerah karena bersifat nasional.

Saya jadi teringat bahwa era saat ini merupakan era di mana 4C sangat krusial dan perlu digalakkan, yaitu Critical thinking, Creativity, Communication, dan Collaboration. Bukan rahasia lagi kini hoaks dan kabar bohong beredar begitu masif di negara kita—terutama seputar politik yang sangat merugikan rakyat. Para aktivis digital mesti punya pemikiran kritis agar tidak mudah terbawa arus kebohongan kabar apalagi turut menyebarkannya.

Seorang Youtuber harus memproduksi konten yang positif dengan pijakan kreativitas. Persaingan di era Industri 4.0 sungguh sangat ketat, maka kreativitas menjadi basis untuk memudahkan meraih perhatian publik. Tapi tentu bertindak kreatif tidak lantas mengorbankan konten murahan dan asal laku saja. Harus ada tujuan positif yang bisa dikomunikasikan kepada publik sehingga lewat kampanye #collabonation IM3 Ooredoo mengajak siapa saja untuk berkolaborasi dan saling menginspirasi—dengan siapa pun tanpa memandang jumlah subscriber bahkan dengan kerabat atau teman dekat.

Begitu memasuki venue acara, Youtube FanFest showcase di Surabaya ini memang menguarkan vibe yang positif dan penuh semangat. Anak-anak muda berdatangan menit demi menit dengan wajah sangat antusias. Pendar semangat itu seolah menegaskan bahwa perjumpaan dengan idola mereka bukan hanya menggembirakan hati, tetapi mereka juga yakin bahwa kolaborasi menjadi jawaban bagi anak muda agar dapat mengekspresikan kreativitas tanpa batas karena hanya lewat kolaborasilah proses belajar akan berjalan menarik sehingga cepat berkembang.

Hansol dan ASMR

Dimulai pukul 12 siang, YTFF Showcase Surabaya pun pecah begitu Jang Hansol mendapat giliran pertama naik ke panggung. Pengunjung yang memadati ruangan tak bisa menyembunyikan kegirangan mereka saat Hansol menyapa dalam bahasa Indonesia dan sesekali bahkan dalam bahasa Jawa yang medok. Sambil memantau kemeriahan acara dari jauh, saya pun merapat ke booth IM3 Ooredoo untuk menjajal ASMR Challenge yang bikin penasaran itu.

ASMR adalah singkatan dari Autonomous Sensory Meridian Response yaitu suara-suara lembut atau lirih yang dihasilkan oleh bunyi gesekan dedaunan, kertas diremas, kunyahan saat makan, atau suara lain yang desibelnya ditentukan. Ternyata lucu juga hasilnya sebagaimana BBC Mania bisa saksikan di akun Instagram saya berikut ini.

Karena sanggup menaklukkan tantangan ini, saya yang berkolaborasi dengan Mbak Hani berhak mendapat hadiah berupa voucher belanja dan kartu perdana IM3 New Freedom—berisi kolaborasi antara kuota dan paket nelepon. Yeay!

Siap belanja, siap bekerja!

Sebagai pelanggan IM3 selama 10 tahunan, saya merasakan keandalan Indosat Ooredoo bahkan hingga kami pindah di kampung halaman setelah meninggalkan Bogor dua tahun lalu. Pilihan paket data yang terjangkau dan bahkan kuota sering tidak habis hingga akhir bulan sungguh mendukung aktivitas saya sebagai bloger aktif dan desainer grafis yang banyak mencari sumber inspirasi atau bahan melalui Internet.

Hansol bersama pengunjung yang beruntung mendapat hadiah khas Korea.

Pengunjung kian gerr ketika Hansol menghadiahkan paket serum yang ia bawa dari Korea kepada 5 pengunjung beruntung yang naik ke panggung dan belajar bahasa Korea secara instan. Bahkan saat Hansol turun pun, pengunjung YTFF tak juga beranjak.

Mereka betah menikmati sajian collab stage performance dari BATS Channel dan didukung oleh kemunculan Cak Dave Youtuber Surabaya asal Australia yang terkenal dengan hobinya nge-prank orang.

Cak Dave menjadi bintang tamu yang akan collab dengan BATS Channel

Lewat adegan kocak khas BATS Channel yang diucapkan dalam ekspresi boso Jowoan khas Surabaya, Cak Dave sepakat akan menampilkan aksi kolaborasi dalam bentuk nyanyian bersama pada YTFF hari kedua. Kebayang dong serunya mereka tampil bareng kayak apa.

Sambil berkeliling ke booth-booth lain sekaligus mengambil foto, suara manis Ghea Indrawari makin membuat suasana meriah. Pengunjung pun larut dan ikut menyanyi bersama Ghea yang tampak luwes dan ramah menghibur pengunjung YTFF.

Kira-kira pukul 4 sore pengunjung tetap bertahan meskipun sebagian mulai berpencar untuk menghampiri booth IM3 Ooredoo agar bisa mencoba ASMR challenge yang bertabur hadiah. Mereka mupeng sama voucher yang saya dapat kali ya hehe… Bukan cuma itu, ternyata setiap video hasil rekaman ASMR yang berhasil diunggah di akun IG kita akan diundi untuk mendapatkan sebuah kamera keren. Nah, siapa tahu saya beruntung meskipun sudah senang banget dapat voucher dan kartu perdana gratis.

Youtube FanFest 2019 yang mengusung tema #Collabonation adalah usaha kreatif untuk menyatukan elemen bangsa agar saling mendukung dalam produksi konten yang bermanfaat. Sudah saatnya setiap orang punya kesempatan untuk berkolaborasi tanpa batasan lagi, baik kendala jarak maupun jangkauan profil. Semoga IM3 Ooredoo terus mendukung acara serupa pada tahun-tahun mendatang sehingga generasi muda atau siapa pun yang jadi kreator konten bakal dimudahkan dan tak henti berkarya.

Advertisements

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s