5 Fakta tentang Faisol Abrori, Lifestyle Blogger asal Jember yang Kekinian

Perawakannya kecil, cenderung kurus, suaranya ringan dengan nada bahasa yang kadang terdengar sedikit canggung. Wajahnya semringah dan tak jarang tersenyum saat berbicara. Penampilannya sederhana tapi ternyata wawasannya lumayan juga. Dialah Faisol Abrori, bloger muda asal Jember yang kukenal lewat sebuah acara.

Kami bertemu tahun 2017 di perhelatan APNE (Amazing Petung National Explore) di Pekalongan, Jawa Tengah setelah sebelumnya saling berinteraksi di dunia maya. Saat itu Faisol menjadi peserta termuda di antara bloger, jurnalis, dan pilot drone yang hadir dari seluruh Indonesia karena ia masih duduk di bangku SMA.

Kenali kebih dekat

Faisol berangkat bersama Prita dan suaminya yang merupakan bloger senior di kota mereka.  Perjalanan terjauh Faisol dari kota kelahiran rupanya meninggalkan kesan mendalam. Terbukti dari terus bertambahnya konten di blognya yang berdampak pada meningkatnya jaringan pertemanan dan aliran rezeki.

Berikut 5 fakta tentang Faisol yang perlu BBC Mania ketahui. Siapa tahu temuan ini bisa melecut semangat Anda agar blogging semakin menyenangkan dan menghasilkan keuntungan lewat tulisan.

1 – Ngeblog sejak SMP

Faisol mengaku mulai menulis di blog sejak kelas 2 SMP tahun 2014 silam. Semua bermula dari workshop (lokakarya) seputar blogging yang diadakan di sekolahnya. Sehari setelah lokakarya berakhir, Faisol langsung berburu buku mengenai blogging. Lambat laun tulisan demi tulisan ia lahirkan dari tangannya yang kemudian diunggah di blog pribadinya.

Sejak saat itulah ia makin menikmati aktivitas mengeblog seiring dengan terus bertambahnya pembaca dan meningkatnya trafik yang berujung pada potensi ekonomi atau blog monetizing yang tentu saja bikin dia happy

2 – Ngeblog pakai HP

Sewaktu mengikuti petualangan selama 2 hari di Pekalongan dulu, Faisol menulis blogpost yang dilombakan menggunakan ponsel alias HP alias smartphone. Iya, hape dengan layar mungil itu sering ia manfaatkan untuk mengeblog bahkan hingga kini. Saat itu kalau tak salah laptopnya sedang rusak sehingga tak dibawa sementara para peserta lain memboyong laptop masing-masing karena entri lomba harus dituntaskan sebelum peserta meninggalkan lokasi acara.

Ada bloger lain asal Jakarta yang juga menulis di blog menggunakan ponsel setelah laptopnya hilang belum lama ini. Maka tak ada alasan untuk tidak meng-update konten blog hanya karena tak ada komputer. Peranti mobile lain seperti tablet dan ponsel pintar bisa kita pakai untuk menelurkan ide dan mengunggahnya di blog. Faisol telah membuktikannya!

3 – Sering menang lomba

Walau terbilang muda, Faisol yang kini berstatus sebagai mahasiswa tingkat awal di sebuah PTN di Jember telah beberapa kali menyabet prestasi dalam sejumlah perlombaan menulis. Dua lomba yang ia menangi membuatnya diganjar dua smartphone merek Honor besutan Huawei. Lalu ada lomba yang dihelat oleh Unair Surabaya yang mengantarnya sebagai juara kelima dengan hadiah uang 1,5 juta rupiah. Belum lagi lomba lain dengan hadiah beragam. Cek saja blognya untuk tahu lebih lanjut.

4 – Kreatif dan antusias belajar

Yang patut dicontoh dari Faisol Abrori adalah semangatnya dalam belajar hal baru, terutama blogging. Ia juga terlihat antusias mempelajari bahasa Inggris juga infografik. Tak heran jika blogpost yang tampil kini selalu dihiasi dengan gambar atau foto yang didesain sedemikian rupa sehingga tampak cantik dan enak dilihat. Membuat mata tak lelah saat membaca teks belaka. Kreativitas inilah yang mengantarnya jadi juara dalam beberapa lomba—tentu selain gaya tutur yang mengalir dan renyah.

5 – Blog ramai dan produktif

Trafik memang bukan segalanya, tetapi trafik menjadi penting untuk meraup pendapatan melalui blog. Karena rutin memperbarui isi blognya dengan konten yang kreatif, Faisol kerap mendapat job menulis baik dalam bentuk content placement maupun sponsored post.

Tak jarang saya dapati ia meng-capture status job yang baru saja ia kerjakan atau ia terima dari sebuah website. Sering tebersit bahwa saya mengiri untuk bisa seperti dia yang berkali-kali dipercaya memasang post di blognya yang selama ini terbukti ramai dan telah menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Atas fakta ini, blog Faisol saya perkenalkan kepada seorang murid SMA di Lamongan yang ingin menekuni blogging dari awal. Faisol Abrori adalah bukti bahwa seorang pemuda bisa memanfaatkan waktu luang untuk belajar dan berkarya. Bermain tidak dilarang, tapi jangan lupa diimbangi dengan semangat menggali hal baru demi menyiapkan masa depan. Sudah kenal Faisol?

12 Comments

  1. Aku kenal Faisol saat ikut kempen XL….waktu dia masih SMA….salut….pengen suatu saat bisa kopdar sama anak sekreatif Isol hehehe….

    Like

  2. Faisol emang keren, bisa eksis diantara blogger2 yg ga seumuran. Ini juga mesti aku ceritain ke temen blogger lain yg baru belajar udh ngeluh. Btw, bukan blogger senior aku di kotaku, wkwk. Yg senior, yg di Kalisat 😄

    Like

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s