6 Kiat Hidup Sehat Agar Rezeki Tak Minggat

Hidup sehat menjadi dambaan setiap orang. Badan yang bugar dan pikiran yang segar menjadi modal untuk meraup rezeki sesuai bidang yang kita geluti. Berbekal keterampilan yang memadai, badan yang sehat dan pikiran yang cermat akan mengantar pada banyak peluang dan potensi kesuksesan.

Sayangnya, kiat hidup sehat sering kali menjadi slogan belaka alih-alih diikuti sebagai praktik nyata. Berikut ini beberapa jurus atau kiat untuk mengingatkan kita kembali betapa kesehatan sangat penting sehingga sejumlah kiat itu wajib kita wujudkan sebagai pola kebiasaan.

Gizi serimbang

Nutrisi seimbang menjadi kunci yang tak boleh terlupakan. Makanan bergizi seperti buah dan sayur harus kita konsumsi dengan takaran yang pas. Harap diingat bahwa asupan karbohidrat, vitamin, dan mineral harus tercukupi guna mendukung aneka aktivitas. Apalagi manusia modern yang kerap menjalani berbagai peran. Kekurangan atau ketidakseimbangan gizi dapat menghamat pertumbuhan (stunting) pada anak, juga obesitas, kecerdasan menurun, dan mudah terserang penyakit.

Olahraga teratur

Olah fisik menjadi syarat mutlak berikutnya agar hidup bisa sehat. Kesehatan badan atau raga bisa diraih dengan konsisten berolahraga. Masyarakat modern yang hidupnya serbaterkoneksi melalui teknologi digital cenderung menimbulkan pola hidup yang sedentary alias terlalu banyak duduk. Kemudahan berinteraksi melalui media sosial sangat mungkin malah menjadi jebakan atau bumerang yang justru menghancurkana kesehatan fisik.

Olahraga sesederhana berjalan kaki atau bersepeda pun bisa sangat bermanfaat karena turut menggerakkan otot-otot penting guna menghindari penumpukan glukosa dalam darah. Yang paling penting, apa pun bentuk olahraga yang kita pilih, pastikan ia kita kerjakan secara rutin sehingga manfaatnya terasa.

Kendalikan stres

Stres bisa menyerang siapa pun dan terjadi di mana pun, baik yang tinggal di kota ataupun di desa seperti kami. Memang tak mudah mempertahankan hormon kortisol pada level yang stabil untuk mendorong kita bekerja dengan penuh semangat. Jangan sampai level hormon pemicu stres itu melewati ambang batas yang akan berdampak negatif pada tubuh seperti stres dan munculnya penyakit.

Atur jadwal kegiatan sehari-hari dengan rinci dan sediakan waktu refreshing seperti liburan meskipun tak harus jauh ke tempat wisata yang mahal. Sebagai umat beragama, teruslah berupaya mendekatkan diri kepada Tuhan lewat ibadah yang menjernihkan pikiran dan memantapkan hati.  

Asupan air minum

Konsumsi air putih tampak hal sepele yang begitu mudah kita abaikan. Padahal minum air putih punya segudang manfaat bagi kesehatan. Selain mencegah dehidrasi yang berbahaya bagi tubuh, air putih juga mampu meningkatkan daya konsentrasi serta menghindarkan kita dari penyakit berbahaya akibat kekurangan air minum. Tubuh kita terdiri lebih dari 70% cairan yang menunjukkan bahwa kebutuhan akan cairan sangat tinggi.

Air mineral punya dampak yang sangat krusial.

Salah satu air mineral yang baik untuk kita konsumsi adalah air minum Le Minerale. Karena didapatkan dan diolah dari sumber mata air pegunungan terpilih, Le Minerale yang diproduksi oleh PT Mayora memiliki kandungan mineral alami yang dibutuhkan oleh tubuh sehari-hari. Kesegarannya khas, ditandai dengan sedikit rasa manis yang berasal dari seimbangnya jumlah kandungan mineral alami di dalam kemasan.

Dengan kandungan mineral alami seperi kalsium, magnesium, sodium, potassium, nitrate, bikarbonat, sulfat, dan klorida, mengonsumsi Le Minerale akan mempercepat pemulihan kapasitas aerobik juga mengembalikan kekuatan otot tungkai guna meningkatkan kapasitas jantung.

Higienitas air mineral ini juga terjamin. Air minum Le Minerale diproses dan dibotolkan langsung dari sumber mata air Le Minerale menggunakan teknologi mineral protection system, yang bertujuan melindungi kandungan air mineral alami agar tidak keluar. Dengan pembungkus tutup botol (seal cap) antipemalsuan, mineralnya akan terjaga hingga sampai ke tangan konsumen di tanah air.

Istirahat yang cukup

Asupan air minum yang cukup harus dibarengi dengan istirahat yang berkualitas. Agendakan dengan cermat waktu istirahat atau jeda dari rutinitas sehari-hari. Jangan anggap remeh istirahat hanya lantaran kita merasa kuat dan pekerjaan seolah sayang ditinggalkan. Ingat, pekerjaan memang tak ada habisnya sehingga kitalah yang harus bijak menciptakan jeda dalam bentuk istirahat. Selain menyegarkan pikiran, istirahat yang cukup juga akan mengembalikan energi yang telah hilang.

Aktivitas sosial

Agar pikiran sehat dan badan bugar, terlibat dalam kegiatan sosial perlu dipertimbangkan. Berpartisipasi dalam aneka aktivitas amal, baik sebagai donatur ataupun relawan, akan memberi pengertian tentang betapa beruntungnya kita sehingga hati semakin lapang dan kian semangat menjalani kesibukan.

Sebungkus nasi sungguh sangat berarti.

Banyak orang yang kurang beruntung dibanding kita di luar sana, baik secara ekonomi maupun kesehatan. Mengikuti kegiatan sosial akan membuat kita semakin bersyukur dan bisa berempati dalam setiap langkah yang kita ambil. Rasa syukur akan semakin menguatkan kepribadian kita sebagai manusia dan mewujudkan kesehatan jiwa raga tanpa kesulitan.

Itulah resep atau kiat hidup sehat ala Blog Belalang Cerewet. Harapannya, beberapa hal itu akan menjadi pola terstruktur sehingga menjaga agar rezeki tidak minggat alias tetap kita dapatkan. Bagaimana, BBC Mania sudah siap berakhi pekan? Jangan lupa berolahraga dan minum air putih ya. Happy weekend!

2 Comments

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s