Untuk Apa Mengelola 5 Blog Sekaligus?

SAYA SELALU terkagum-kagum pada bloger yang mampu mengampu sejumlah blog sekaligus, apalagi jika blog-blog itu bisa diisi secara rutin dengan konten yang bermanfaat. Memiliki beberapa blog sebenarnya bukan tren baru. Konon para pemburu AdSense pun sudah terbiasa dengan pemeliharaan beberapa blog sekaligus agar saling mendukung demi menunjang kiner blog yang ingin dimonetisasi. Maka istilah ternak blog pun kemudian dikenal luas.

Banyak PR menanti

Saya pribadi masih merasa sebagai bloger junior yang perlu banyak pembaruan dan peningkatan di sana-sini. Boro-boro monetisasi blog kayak bloger hits yang berhasil mengantarkan mereka meraup puluhan bahkan ratusan juta setiap bulan, merawat blog dengan konten yang rutin dan punya manfaat pun masih jadi PR besar. Belum lagi peningkatan mutu tulisan, optimasi SEO, digital marketing, dan sebagainya. Namun itu tak menghalangi saya untuk memiliki beberapa blog untuk dikelola.

Ada lima blog yang kini saya nikmati pengisiannya. Tak semuanya sengaja saya buat, kebanyakan teretus begitu saja tanpa rencana matang. Walaupun saya bilang nikmat, belum tentu saya konsisten mengisinya. Bukan hanya problem tema konten untuk diunggah, tetapi kendala bahasa juga mesti saya taklukkan. Ya, kelima blog itu memang tampil dalam bahasa yang berbeda. Tiga berbahasa Indonesia, dua berbahasa Inggris. Lalu bagaimana perkembangan lima blog tersebut sejauh ini?

Blog Belalang Cerewet (BBC)

Apakah masih cerewet sesuai namanya?

Ini blog paling lama yang saya kelola. Seingat saya BBC saya buat medio 2011 saat saya meninggalkan Multiply dan Blogspot. Atas ajakan teman yang kini sudah tak aktif ngeblog, saya lantas menjajal platform WordPress dotcom yang ternyata bikin betah sampai sekarang. Tak ada niche khusus, BBC berbicara tentang apa saja, mulai dari keluarga, hobi, teknologi, wisata, hingga kesehatan. Ada tawaran job apa pun, asalkan tak bertentangan dengan prinsip, saya cenderung ambil.

Selain bercerita apa saja, BBC juga ajek saya manfaatkan untuk ikut lomba blog. Sejak 2013 saya mulai aktif ikut giveaway yang dihelat sesama bloger atau lomba yang diselenggarakan oleh brand besar dengan hadiah yang besar pula. Seperti bisa dilihat di page Keranjang Hadiah, beberapa kali saya pernah menang, tetapi lebih sering keok alias kalah telak. Kalah menang, BBC tetaplah favorit di hati karena berkat blog inilah saya mengenal banyak bloger dan belajar banyak tentang blogging.

Di bawah naungan  Wordpress, BBC memang bikin betah, apalagi dengan kenyataan bahwa ia menjadi semacam ‘mesin uang’ untuk mengisi pundi-pundi rezeki untuk saya dan keluarga, lebih-lebih ketika kami pindah ke daerah dan saya tak bisa bekerja kantoran. Saking seringnya ikut lomba, sampai-sampai saya nekat biki tulisan tentang Tips Menang Lomba Blog meskipun baru sedikit yang saya menangkan.

Blog Cuap-Cuap (BCC)

Obrolin apa saja, dari puisi sampai curhatan

Kalau tadi BBC, nah blog kedua bertajuk BCC yang merupakan singkatan dari Blog Cua-Cuap. Saya lupa kapan dibuat, sepertinya cukup lama sekitar tahun 2016 sebagai alternatif dari BBC karena saya buat menggunakan akun yang sama di WordPress. Berbeda dengan BBC, sesuai namanya BCC lebih santai, cair, atau mungkin sedikit bocor hehe. Blog post ditulis pendek-pendek, bercerita apa saja—hingga hal-hal trivial atau terkesan remeh—tapi belum punya banyak konten.

Menurut histori, BCC sempat saya update tahun 2017 lalu vakum hingga sekarang. Gonta-ganti theme sampai ketemu yang paling cocok saat ini. Posting terakhir saya unggah kemarin tentang cerita yang mungkin tidak penting buat Anda, orang berutang yang mengejar orang yang berpiutang. Sungguh tidak bermutu ya! Begitulah, memang hal-hal sepele yang pengin saya tulis dengan lepas tanpa beban. Siapa tahu blog ini sesekali bisa dipakai untuk ikut lomba, haha… #modus

English Tactic

Blog berikutnya bernama English Tactic (ET) dengan tagline berbunyi, “making words tack to tick.” Blog ini berbahasa Inggris dan saya maksudkan untuk berbagi idiom-idiom dalam bahasa Inggris buat pembaca umum. Saya dulu kuliah bahasa Inggris, walaupun sastra, tetapi saya pengin membagikan sedikit yang saya peroleh lewat blog ini. Bukan hanya berbagi, tapi saya sekaligus bisa berlatih menulis dalam bahasa Inggris lewat setiap posting di sana. Sayangnya saya belum teratur mengisi kontennya. PR lagi!

Mister Blangkon

Blog keempat saya namakan Mister Blangkon (MB). Awal mula pendirian blog ini adalah menyusul hasil suatu lomba blog. Saya mendapat hadiah berupa domain gratis yang akhirnya saya klaim untuk membuat blog baru. Walaupun namanya menyiratkan elemen Jawa, tapi blognya saya tulis dalam bahasa Inggris. Ini lantaran blognya saya niatkan untuk mengulas pelajaran bahasa Jawa untuk pembelajar asing alias non-Indonesia.

Saya menyadari bahasa daerah atau bahasa pribumi kian tergerus oleh kemajuan zaman, apalagi di abad teknologi. Setidaknya ada 6.000 bahasa lokal yang terancam punah di dunia, menurut sebuah sumber. Indonesia sendiri mencatatkan 3000 bahasa daerah yang harus dirawat atau dilestarikan. Lewat Mister Blangkon saya bermimpi bisa membagikan khazanah Jawa, baik elemen bahasa maupun kekayaan pekertinya, kepada lebih banyak pembaca atau penutur asing.

Sekalian sebagai upaya pelestarian bahasa Jawa, saya berencana mendaftarkan blog ini untuk monetizing lewat Adsense. Dulu sih pernah daftar untuk blog lain tapi ditolak. Siapa tahu nanti beruntung. Namun, slow aja, alon-alon sing penting kelakon. Hehe….

Biografi Seorang Pelupa

Blog kelima yang saya kelola adalah Biografi Seorang Pelupa (BSP). Sama seperti ET dan BCC, blog terakhir ini masih menumpang pada platform utama alias gratisan. Walau baru BBC dan MB yang berdomain TLD, tapi tak menyurutkan saya untuk mengisi BSP. Biografi Seorang Pelupa saya ambil dari judul buku puisi yang saya targetkan terbit kemarin tetapi sepertinya mundur dan tampil dengan judul lain.

Jika MB usianya sudah dua tahun, maka BSP belum genap satu semester karena saya buat pada bulan November 2019. Awalnya saya buat sebagai contoh blog saat Saung Literasi dan Bloger Megilan Lamongan mengadakan pelatihan blog untuk bloger pemula. Saya pun turut membuat blog baru dan malah asyik mengisinya. Dari 13 blog post, dua di antaranya adalah artikel untuk lomba yang salah satunya sudah diganjar kemenangan di mana pengumumannya dilakukan hari ini. Alhamdulillaah….

Untuk konten, BSP juga sebenarnya saya niatkan untuk diisi dengan catatan-catatan penting di dunia misalnya seputar orang terpandai, kejadian langka, atau hal-hal unik yang terlewat agar bisa diabadikan di blog ini. Lumayan buat koleksi pengetahuan umum. Bukan begitu. Seperti postingan berikut salah satunya.

Akhirnya, sebagaimana blogpost terakhir yang saya tulis tentang kerpihatinan mutu komentar akibat tren blogwalking (BW) terjadwal dalam gru-grup WA, saya pun tak boleh melewatkan kunjungan balik atau berinisiatif BW terlebih dahulu walau tak ikut list BW misalnya. Sekali lagi Bukan BW-nya yang salah, tetapi cara bloger dalam menanggapi tekslah yang mesti diperbaiki. Salah satu butir aturan menyebutkan bahwa komentator diminta bertahan pada layar setidaknya selama 3 menit untuk mengurangi bounce rate blog. Setelah saya pikir, tindakan itu juga bagus untuk memberi kesempatan agar pembacaan berjalan santai sambil mencerna isi tulisan.

34 Comments

  1. Mantap, Mas. Saya sebenarnya juga pingin mengelola beberapa blog. Tapi, baru mengelola 2 blog saja, yang satu jarang diupdate sampai-sampai lupa passwordnya. Sekarang malah lupa juga tidak diperpanjang domainnya.

    Semoga kelima blognya sukses, Mas. Bermanfaat bagi masyarakat dan bisa mendulang pundi-pundi rupiah..

    Liked by 1 person

    1. Wajarlah Kang Masroer kan punya kesibukan utama yang cukup menyita waktu. Belum lagi ikut lomba yang hampir selalu menang. Terima kasih sudah mampir dan atas dukungannya. Salam hangat dari Lamongan!

      Like

  2. Cukup menyita waktu juga, tapi kalo didasari hoby. Minimal harus ada 1 artikel yang lahir di salah satu blog.
    menginspirasi, Kang.

    Siap menyusul….

    Like

  3. Wow mantep nih punya lima blog klo bisa konsisten. Aku sempet kepikiran bikin blog yg isinya tetang buku gitu tapi takut gak bisa konsisten ngisi di blognya. Ternyata mas ini lulusan sasing to? Dulu aku pengen masuk jurusan ini tapi gak jadi karena disuruh ambil FKIP sama ibu hehe

    Like

    1. PR-nya memang konsistensi. Kadang gebrakan awal begitu semangat, pas update berikutnya jadi melempem. Betul saya jurusan sasing dulu. FKIP juga oke asalkan dijalani dengan hepi! 🙂

      Like

  4. Uwah, daku baru kelola dua blog, yang ngisi kontennyaaa tergantung arah angin. Pas anginnya enak tak tulis pas anginnya bikin ngantuk tak tinggal tidur mas. Masalahnya angin sering bikin ngantuk 😅 *alesan mulu thri 😆

    Like

    1. Hehe, wajar kok kalau dilanda kemalasan. Caranya dengan bikin agenda atau skedul apa yang akan diunggah untuk tiap blog. Bisa dibikin di blocknote atau catatan hape, lalu siapkan blogpost-nya. Semoga pas puasa tambah semangat! Bukan semangat tidur ya hehe….

      Like

  5. 5 blog dan semuanya kece2. Keren. Tetap semangat Bang. InsyaAllah aku juga mau nambah 1 blog, demi memperkecil bahasan di blog utama yg udh makin gado-gado aja. Hehe. Doakan yak. Matur nuwuuunnn

    Like

  6. Senang sekali membaca dan merasakan gerakan energi yang sangat besar dari orang yang memelihara 5 blog aktif! Saya sendiri rutin mengisi satu blog utama. Rutin versi saya itu sudah bagus banget kalau bisa posting sebulan sekali, hiks. Lalu ada blog khusus resensi yang saya isi tahun lalu (2019) tapi sekarang lupa password…oh usia haha. Lalu ada blog angan-angan yang masih sebatas judul doang…rencananya untuk cerita-cerita mengenai kerjaan formal saya. Tapi belum ada waktu ngisinya. Dan banyak blog lama yang terbengkalai karena saya lupa passwordnya. Bagaimana ya menghapus permanen blog2 lawas yang passwordnya kita sudah lupa? Mungkin nggak sih?

    Like

    1. Yang sebulan sekali isi, coba ditambah lagi minimal seminggu sekali, Mbak. Atau 2 minggu sekali untuk awalan. Blog resensi buku potensial tuh, coba dihidupkan lagi karena bisa kerja sama dengan penerbit kalau pembaca banyak. Kalau password lupa, bukannya bisa dipulihkan dari email kan? Coba ganti paswed email yang kelupaan.

      Like

  7. Keren tu mas bisa ngelola lima blog. Saya dulu punya 3 blog aja cuma kuat ngelola 2, yang 1 terbengkalai. Akhirnya 1 blog yg udah ada trafik dan pernah dapat job saya kasih ke teman. Saya fokus ke 2 sisanya, bahkan yang terbengkalai itu baru bulan ini mulai saya seriusin.

    Like

  8. Wuih, ternyata ternak blog juga nih. Kemarin belum lama chat WA sama salah satu rekan blogger yang kasih job, kami juga ngobrolin tentang ternak blog. Pasalnya dia sebut ada salah satu blogger yang dia ajak kerja sama, setorin 20 blog. Walau fee nggak seberapa, dikali 20 ya jadinya lumayan juga tuh.

    Saya ngelola satu aja masih maju-mundur nih, belum nemu menu yang pas sebagai konten utama. Terlebih blog pribadi udah kadung campur-campur. Kesimpulannya, Mas Rudi keren nih bisa kelola 5 blog.

    Like

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s