Gejala Demam Berdarah dan Mencegah Demam Berdarah

Demam Berdarah Dengue atau yang sering kita sebut DBD merupakan penyakit infeksi yang dapat mengenai semua orang baik anak-anak maupun orang dewasa. Penyakit demam berdarah ini disebabkan oleh virus yang dibawa dan ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes eagypti. Nah penyakit ini sering sekali di temui di negara Indonesia karena faktor cuaca dan iklim tropis yang cocok sekali untuk nyamuk ini berkembang biak. Saya sendiri pernah mengalami gejala ini sewaktu kuliah dulu.

Waspada DBD (Gambar: freepik dotcom)

Biasanya nyamuk ini berkembang biak di penampungan air atau barang-barang yang memungkinkan air tergenang. Nah, biasanya nyamuk ini mengigit area kulit dan menghisap darah menggunakan mulutnya seperti suntikan, sedangkan virusnya berada dalam cairan yang dikeluarkan oleh mulut nyamuk tersebut. Jika BBC Mania ingin mengetahui gejala dan cara mencegah DBD, simak tulisan ini sampai selesai ya.

Ada beberapa gejala yang biasanya ditimbulkan jika kalian terkena demam berdarah di ataranya sebagai berikut.

1 | Demam tinggi

Salah satu awal terjadinya DBD biasanya ditandai dengan demam tinggi. Jika seseorang mengalami DBD, biasanya gejala yang menyertai adalah demam tinggi karena hal itu merupakan indikasi masuknya virus ke dalam tubuh seseorang.

Demam itu merupakan salah satu mekanisme pertahanan atau kekebalan tubuh seseorang sedang melakukakn perlawanan terhadap infeksi patogen. Bisa dipastikan reaksi tubuh akan secara otomatis meningkat untuk membunuh bakteri atau virus patogen yang masuk dalam tubuh. Selain itu, jika mengalami demam berdarah akan mengalami beberapa fase seperti naik turun demamnya.

2 | Sakit Kepala

Biasanya setelah mengalami demam yang tinggi, penderita juga akan mengalami sakit kepala disertai rasa pusing. Hal ini adalah gejala yang sering terjadi pada orang yang terkena penyakit DBD; selain sakit kepala juga biasanya mengalami sakit di bagian mata dan sulit melakukkan aktivitas seperti biasa.

3 | Mual dan muntah

Gejala senjutnya adalah gangguan pencernaan yang menjadi salah satu gejala demam berdarah dengan ditandai rasa mual dan muntah lalu dibarengi dengan nyeri pada bagian sendi atau otot dan badan akan terasa mengigil hingga berkeringat secara berlebihan.

Cara mencegah DBD

Nah, agar BBC Mania terhindar dari penyakit demam berdarah dengue, ada beberapa cara untuk mencegahnya yaitu kalian harus melakukan:

1 | Menguras bak mandi secara rutin

Genangan air merupakan tempat yang disenangi oleh nyamuk Aedes aegypti dan menjadi tempat berkembang biaknya. Biasanya nyamuk betina akan bertelur di dinding bak yng terisi air. Setelah itu telur akan menjadi larva nyamuk yang menetas dari telur kemudian akan mendapatkan makanan dari mikroorganisme di sekitar bak mandi.

2 | Memberi penerangan di areA gelap

Pada dasarnya nyamuk memang menyukai tempat yang lembap dan gelap. Itu sebabnya kalian harus memberikan penerangan di sekitar rumah kalian. Bisa menggunakan cahaya lampu atau menggunakan sinar matahari untuk menerangi seluruh sudut ruangan. Ada juga cara yang efektif yaitu kalian bisa memasang jaring- jaring di bagian jendela agar nyamuk yang berada di luar rumah tidak bisa masuk ke dalam rumah.

Menjaga kesehatan

Dengan istirahat yang cukup dan memperbanyak memakan buah dan sayuran, makan makanan yang baik dan rutin olahraga, potensi terkena virus DBD bisa dikurangi. Itu semua juga menjadi salah satu untuk mencegah penyakit DBD sebab dengan melakukan hal-hal tersebut kalian sedang membangun kekebalan tubuh yang kuat.

Itulah sepintas tentang gejala dan cara mencegah penyakit DBD. Semoga Anda sehat dan jangan lupa bergembira di bulan Agustus saat kita merayakan kemerdekaan ke-75 Indonesia tercinta mungkin dengan membaca pantun yang bermakna.

2 Comments

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s