LJR Logistics, Solusi Cerdas Lejitkan Usaha Tanpa Batas

Seorang teman semasa kuliah asal Jepara, sebut saja Amelia, pernah menceritakan pengalamannya bekerja di pabrik mebel di kotanya. Bukan rahasia lagi Jepara memang dikenal sebagai kota ukir di Indonesia, jadi produksi mebel berskala rumahan menjamur di sana. Selain eksotisme desain dan corak, kerajinan Jepara juga turut mendongkrak ekonomi lokal yang berarti memberdayakan masyarakat setempat.

Barang terlambat datang

Di antara kenangan yang Amelia ingat adalah beberapa pengiriman produk yang terlambat akibat jasa logistik yang kurang bisa diandalkan. Jika terus berjalan seperti itu, bisnis bisa terganggu yang berdampak pada keuangan yang lesu. Betapa tidak, apalagi dalam konteks kekinian, masyarakat modern menghendaki segalanya berjalan serbacepat. Jika kita sebagai penjual atau produsen menjanjikan waktu kepada pembeli, maka ketepatan tiba adalah bagian dari kendali kepuasan konsumen.

Lebih-lebih di era IoT (Internet of Things) saat ini, pemesanan barang dan pengiriman harus bisa dilakukan secara praktis tanpa memusingkan keterlambatan atau kekhawatiran barang rusak begitu sampai ke tangan konsumen. Apalagi jika barangnya berukuran besar seperti mebel yang sangat rentan terhadap gesekan selama proses delivery jika tidak di-handle dengan hati-hati. Harus ada mekanisme pemantauan secara virtual selama pengiriman untuk menciptakan ketenangan.

PINDAHAN YANG SEMRAWUT, SUNGGUH PENGALAMAN YANG TAK MENGENAKKAN.

Kendala pindahan

Bukan hanya di ranah bisnis, bahkan urusan pribadi pun membutuhkan jasa logistics terpercaya pasti aman dan efisien. Ini saya alami langsung ketika kami memutuskan pindah dari Bogor ke Lamongan awal 2017 silam. Selama beberapa minggu saya kelimpungan mencari ekspedisi murah yang bisa diandalkan membawa perabotan rumah tangga cukup banyak, termasuk dua unit motor.

Sempat mengecek sebuah jasa khusus pindahan, tapi hanya fokus melayani ekspedisi Jabodetabek yang membuat saya gamang menggunakannya. Bukan hanya biayanya yang cukup besar karena barang saya banyak, tetapi juga keterandalan yang belum saya kenal. Waktu itu saya tak mungkin ikut bersama truk, jadi saya harus mendapatkan jaminan keamanan walau tanpa keterlibatan langsung.

Dibantu Kakak, saya akhirnya mendapat truk pengangkut buah yang bergerak balik ke Jawa dari Jakarta tanpa muatan. Daya tampungnya lumayan dan biayanya mungkin bisa dikompromi, tapi yang jadi kendala uatama adalah proses handling saat loading ke atas truk. Lantaran bukan truk dengan tim yang ahli soal pindahan, kami harus merelakan banyak mug dan gelas pecah, padahal itu benda kesayangan istri yang ia warisi dari mendiang ibu mertua. Belum lagi lecet-lecet pada perangkat elektronik atau motor.

Dan yang paling bikin senewen adalah saya sempat kehilangan jejak si sopir yang hanya ditemani seorang kernet. Waktu itu sopir hanya bisa dijangkau lewat sms dan telepon. Maka saat seharian penuh ia tak bisa saya kontak, saya jadi sport jantung. Tak bisa dimungkiri saya didera waswas luar biasa mengingat semua barang di rumah (termasuk dua motor) ada dalam truk itu. Syukurlah truk dan barang akhirnya tiba dengan selamat dan disambut para kerabat meskipun kedatangannya cukup terlambat.

Kalau boleh jujur, sebenarnya langkah saya agak kurang taktis. Mestinya dua motor (yang satu masih baru) saya kirim secara terpisah untuk menjamin keamanan. Saya sudah sempat menyurvei biaya pengiriman motor. Sayangnya kala itu belum ada logistics Indonesia di Bogor yang benar-benar mengklaim bisa mengirimkan motor dengan aman. Kebanyakan adalah jasa transportasi yang fokus ke penumpang. Kalaupun ada, lagi-lagi harganya belum bersahabat padahal saya akan mengirimkan dua unit sekaligus.

Bisnis beras dan kopi

PINDAHAN BERJALAN LANCAR DENGAN JASA LOGISTIK YANG ANDAL. (GAMBAR: @KAMINCORP)

Belajar dari kasus keterlambatan barang ke tangan konsumen yang dialami perusahaan tempat Amelia bekerja, juga berkaca pada pengalaman pribadi saat pindahan penuh drama empat tahun lalu, saya kini merancang strategi yang lebih rapi untuk mengolah potensi lokal menjadi bisnis yang potensial. Selama Ramadan ini saya dan istri membantu adik ipar yang merintis tempat penggilingan gabah. Dengan harga terjangkau, saya bisa mendapatkan stok beras bermutu tanpa harus setor dana dulu.

Untuk tahap pertama kemarin kami berhasil menjual sekitar 50 paket beras @3kg untuk zakat fitrah yang memang menemukan momentum yang tepat selama Ramadan. Sampel beras berukuran lebih besar (5 kg) pun sudah kami miliki untuk ditawarkan kepada pembeli di mana pun. Semula kami hanya membidik pasar dekat sini, tetapi itu justru membatasi potensi penjualan yang profitable.

Saya dan istri berencana menawarkan beras super ini kepada teman-teman di Jabodetabek yang masih kami kenal. Pasar di sana tentu bisa menyerap produk lebih besar sehingga potensi pengembangan usaha bisa semakin lancar. Kendala yang segera terasa setidaknya ada dua. Pertama, masalah pengiriman karena jika kami menggunakan jasa ekspedisi Indonesia yang biasa, niscaya beban ongkos kirim akan sangat besar. Maka wajib hukumnya kami memilih jas logistik yang tepercaya dan profesional dengan portofolio yang sudah terjamin seperti LJR Logistics.

Masalah kedua adalah tentang ruang simpan yang belum kami miliki. Hal ini bisa kami atasi dengan sewa gudang Jabodetabek guna memudahkan pendistribusian barang ketika ada pesanan. Akan sangat merepotkan dan memakan waktu lama jika barang dikirim dari Jawa Timur saat ada pesanan yang masuk. Kecepatan dan ketepatan layanan adalah kunci untuk memenangkan hati pelanggan, jadi menyiagakan barang di warehouse Jakarta layak jadi pilihan yang produktif.

Layanan lengkap LJR Logistics

LJR Logistics menyediakan layanan logistik pergudangan yang memberikan saya kebebasan untuk memperoleh benefit berupa kecepatan, efisiensi, dan fleksibilitas yang lebih besar untuk mendukung rantai pasokan bisnis yang saya kelola. Tidak main-main, LJR memiliki gudang seluas 4000 m2 yang menjanjikan pergudangan dengan layanan dan fasilitas penyimpanan yang komprehensif untuk barang apa saja.

Kombinasi penyimpanan dan pengiriman yang ditawarkan LJR tidak hanya mampu mengangkut barang kita secara efisien, cepat, dan aman, tetapi juga menekan anggaran sebab tentu lebih terjangkau jika dua layanan kita peroleh dari satu penyedia dibanding kita harus menyewa pihak lain. Jaringan distribusi kita jadi semakin kuat dan sigap dalam menyapa konsumen. Dengan demikian kelancaran transisi kargo bisa terjamin dan siklus transportasi turut mendongkrak akselerasi bisnis tanpa batas.

Produk beras dan kopi bisa berjalan beriringan, sama-sama disiagakan di lokasi strategis seperti Jakarta dan sekitarnya karena roda ekonomi nasional berporos di sana. Jika beras saya dapatkan dari adik ipar, maka kopi lokal yang saya jual berasal dari petani di Wonosalam Jombang yang punya citarasa fruity atau sensasi rasa buah di ujung penyecapan. Kopi Ekselsa ini bukan menjanikan potensi ekonomi untuk saya pribadi, tapi sekaligus memberdayakan warga lokal yang tak punya akses pada pasar yang lebih besar–dalam hal ini pasar digital.

Kopi Ekselsa Wonosalam, citarasa buahnya selalu diburu oleh penyuka kopi yang ketagihan. (Foto: dok. pri)

Nah, warehousing atau sewa gudang hanya salah satu layanan yang disediakan oleh LJR Logistics. Masih ada beberapa layanan unggul lainnya, antara lain:

  • Air freight service: layanan angkutan udara terbaik dengan jadwal keberangkatan setiap hari akan memastikan setiap kebutuhan kita terpenuhi terutama kiriman mendesak sebagai ikhtiar bersaing di tengah maraknya bisnis yang kian kompetitif saat ini. Makin cepat barang sampai, makin puas konsumen kita.
  • Sea freight service: jika waktu pengiriman bukan prioritas utama, kita bisa mengandalkan layanan angkutan laut dari LJR Logistics. LJR hadir dengan harga yang bersaing karena didukung banyak rekanan pengangkutan yang berangkat setiap pekan dengan kapasitas sesuai kebutuhan kita.
  • Land freight service: layanan pengiriman darat ini tentu standar dimiliki setiap ekspedisi Indonesia; LJR Logistics beroperasi dengan aset milik LJR sendiri, mulai dari pergudangan hingga unit-unit armada pedistribusian barang. Dengan dukungan 18 cabang di seluruh Indonesia dan 230 lebih unit armada berbagai jenis dan kapasitas, LJR adalah solusi berbagai kebutuhan ekspedisi kita, apalagi armada telah dilengkapi teknologi GPS termutakhir sebagai alat pemantauan.
Ingin melacak barang yang kita kirimkan? Tinggal masukkan nomor resi dan temukan progresnya.

Jika ingin lebih nyaman, silakan menginstal LJR Tracking di smartphone berbasis Android. Kita bisa dengan mudah memantau proses pengiriman agar tak waswas seperti saat saya pindahan dulu sehingga waktu yang ada bisa kita manfaatkan untuk aktivitas yang lebih produktif.

Lebih praktis, lebih dinamis dengan aplikasi mobile di genggaman.
  • Special handling service: layanan ini cocok untuk pengiriman barang khusus yang butuh penangan istimewa, misalnya vaksin yang sensitif dan oleh karena itu mesti didukung dengan tenaga dan sistem yang kompleks dalam proses pengiriman hingga pengantaran ke tujuan. LJR berpengalaman bertahun-tahun dalam distribusi benda-benda penting seerti ini sebab LJR punya cold chain system tepercaya dengan special handling yang mumpuni.
  • Packing and moving: nah ini layanan yang saya singgung di awal, betapa pindahan kadang sangat menantang. Oleh karena itu andalkan LJR karena mereka memiliki layanan packing and moving khusus untuk membantu kita pindahan rumah/kantor/gudang/tempat usaha dari tempat terakhir ke lokasi yang baru. Bisa antarkota dan bahkan antarprovinsi di seluruh Indonesia, dengan pengecekan dan pengawalan barang dari kru yang bertugas mengepak di lokasi semula.
Jangkauan luas membuat konsumen selalu puas.

Pasti, aman, efisien

Dengan banyak keunggulan dan dukungan tim support yang bisa diandalkan, LJR Logistics adalah pilihan cerdas untuk membantu kita mewujudkan akselerasi usaha di bidang apa pun dan melejitkan potensi secara penuh tanpa kompromi atau batas yang mengekang.

Inilah saatnya meraih sukses usaha, dengan memberdayakan produk-produk lokal, berkat kemajuan teknologi digital bersama LJR Logistics yang mengerti dan siap menemani perjalanan kita dengan pengiriman yang pasti, aman, dan selalu efisien. Hemat biaya, untung berlipat ganda. Siap merintis usaha dan berjaya?

4 Comments

  1. Masya Allah terjual 50 paket beras luar biasa tuh bang, smg makin lancar bang. Aamiin. Btw baca cerita tentang 2 motor yg diangkut dr bogor saja aku ikut jantungannnn bang, untung selamat ya bang heheheh

    Liked by 1 person

  2. aku salfok dgn gambarnya, baguss
    btw ljr ini bisa diandalkan ya mas, sangat mendukung usaha online yg butuh pengiriman

    Like

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s