Tips Memilih Popok Bayi Baru Lahir Yang Tepat dan Nyaman

Saat ini berbagai macam jenis popok ditawarkan, mulai dari jenis popok celana dan perekat hingga popok yang memiliki beragam kelebihan lainnya. Harga popok bayi baru lahir juga beragam ada yang murah dan ada yang sangat mahal. Lalu bagaimana ya cara memilih popok yang tepat dengan kebutuhan bayi baru lahir? Berikut ini panduannya.

Bayi yang terlahir sehat dan tumbuh ceria adalah dambaan setiap orangtua. (Gambar: freepik.com)

1. Respons Si Kecil

Bayi baru lahir memiliki kulit sensitif, tetapi beberapa lebih sensitif daripada yang lain. Popok mengandung bahan kimia yang dapat menyebabkan berbagai masalah seperti reaksi alergi dan ruam popok. Moms harus memperhatikan jika Si Kecil mulai mengalami benjolan atau ruam karena popok dan melihat merek lain yang lebih aman. Popok sekali pakai sangat rentan terhadap masalah karena bahan kimia yang digunakan. Jika bayi tampaknya tidak cocok dengan berbagai popok, sebaiknya Moms segera hubungi dokter.

2. Sesuaikan dengan kebutuhan

Kebutuhan Moms dan Si Kecil terkait popok tentunya berbeda. Moms mungkin mempertimbangkan seberapa besar daya serap popok agar tak terlalu sering diganti, harga, serta kemudahan untuk mendapatkannya. Sedangkan Si Kecil tentunya lebih butuh popok yang nyaman, sesuai ukuran, dan tidak mudah lepas. Entah itu popok sekali pakai atau popok kain, tentunya perlu disesuaikan dengan kebutuhan baik Moms atau Si Kecil. Pertimbangkan pula seberapa praktis popok itu dilepas dan dipakaikan kembali. Carilah popok yang bisa memenuhi aspek-aspek penting itu.

3. Ramah lingkungan

Jangan lupa, apa yang Moms gunakan pada akhirnya berdampak pula pada lingkungan. Termasuk popok yang Moms pilih untuk Si Kecil, apalagi jika Moms hendak memilih popok sekali pakai. Jika Moms ingin lebih ramah lingkungan dan tetap praktis, Moms bisa memilih popok biodegradable, atau popok dengan bahan lebih mudah diurai. Harganya tentu lebih mahal, dan jika Moms merasa keberatan tetapi tak ingin mengabaikan dampak pada lingkungan, pilihlah popok kain.

4. Dana

Tak bisa dipungkiri, jenis popok yang Moms pilih pun bergantung pada keuangan keluarga. Ketahui seberapa besar anggaran yang bisa Moms keluarkan untuk popok sebelum berbelanja, jangan sampai Moms membeli sesuatu terlalu murah dengan kualitas meragukan, atau malah membeli popok yang terlalu mahal.

Agar lebih hemat, Moms bisa menggunakan popok kain yang dapat dipakai berulang kali, walau butuh tenaga lebih. Jika Moms ingin menggunakan popok sekali pakai, carilah merek yang sesuai dengan anggaran tetapi tak mengabaikan kualitas dan kenyamanan Si Kecil.

5. Ukuran

Bayi jelas akan membutuhkan popok yang lebih besar saat mereka tumbuh. Namun tidak perlu segera menaikkan ukuran popok selama tanda-tanda pertama bahwa bayi semakin besar. Ini penting, karena harga popok naik dan jumlah popok di setiap paket berkurang karena ukurannya semakin besar. Bagi bayi baru lahir, Moms jangan buru-buru membeli popok dengan ukuran besar lebih banyak karena ingin berhemat. Popok terlalu besar tak nyaman digunakan, juga dapat membuat bayi lebih rentan terhadap masalah seperti ruam popok, serta kebocoran.

Salah satu brand yang menawarkan popok bayi baru lahir dengan kualitas terjamin dan harga cukup terjangkau adalah popok Merries. Memiliki berbagai kelebihan seperti lapisan penyerap dan bersirkulasi udara baik, hingga permukaan yang lembut, dan berbagai kelebihan lainnya. Popok Merries akan membuat kulit bayi terasa nyaman sehingga si kecil akan ceria sepanjang hari. Seperti namanya, popok Merries akan membantu si Kecil menemukan keceriaan setiap hari.

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s