Harbokir Bikin Order UKM Mengalir

Pandemi telah memasuki tahun yang kedua dan menjadi salah satu periode paling menantang bagi kehidupan manusia modern. Bukan hanya segi kesehatan yang dipertaruhkan, tetapi juga faktor ekonomi, energi, dan bahkan isu sosial yang semakin perlu mendapat perhatian. Yang tak bisa dimungkiri adalah geliat ekonomi yang cenderung lesu terutama pada awal pandemi terjadi yaitu tahun 2020.

Meskipun ekonomi mengalami penurunan cukup signifikan di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia, tapi geliat usaha menengah kecil dan mikro justru mengalami peningkatan di luar dugaan. Hal ini bisa dibuktikan dengan bermunculannya banyak usaha baru yang tumbuh dan bersemi selama pandemi. Salah satu contohnya Sarung Tentrem sebuah merek sarung batik khas Pekalongan yang dirintis justru ketika pandemi Covid-19 terjadi.

Adalah M. Eddy Firdaus atau akrab disapa Edo yang menggagas usaha ini dengan tekad memajukan usaha batik khas Pekalongan sekaligus memberdayakan banyaknya pengrajin batik cap yang kehilangan pekerjaan di daerah tempatnya tinggal akibat pandemi. Edo mengakui bahwa penjualan Sarung Tentrem mendapat respons yang sangat positif dari para penikmat batik khususnya produk berbentuk sarung. Penjualan produknya tidak hanya diminati oleh para pembeli dari Jawa Tengah tetapi juga kota-kota lain di Indonesia dan bahkan mencapai mancanegara dua di antaranya Malaysia dan Singapura.

Rahasia sukses UKM dan UMKM

Jika ditilik lebih jauh, kesuksesan yang diraup oleh Edo bersama Sarung Tentrem khas Pekalongan adalah berkat beberapa faktor yang membuatnya unggul dan mampu bersaing di tengah ekonomi yang tampak lesu.

1 | Produk bermutu

Pertama, produknya memiliki kualitas yang bagus. Sarung Tentrem dibuat dengan kain bermutu premium dengan desain yang sangat berbeda dari sarung-sarung yang selama ini beredar di pasar terutama sarung batik. Hal ini menjadi penentu mengapa banyak orang tertarik untuk membeli produk sarung batik yang diproduksi oleh Edo.

2 | Inovasi

Faktor kedua adalah kreativitas atau inovasi. Sarung batik buatan Edo mencerminkan kreativitas dan desain yang inovatif dengan menghilangkan pola sorot atau garis tengah yang biasanya kita temukan pada sarung batik pada umumnya. Dengan adanya desain baru yang inovatif ini maka Sarung Tentrem tampil begitu segar dengan warna dan pattern yang memukau, yang sebelumnya tidak kita temukan pada produk serupa di pasaran, termasuk para pesaingnya.

3 | Harga bersaing

Faktor berikutnya adalah harga yang bersaing. Memang harga yang murah tidak menjamin sebuah produk akan laku keras di pasar. Akan tetapi harga selama ini menjadi sisi yang sensitif bagi beberapa konsumen di Indonesia sehingga sebelum melakukan atau mengambil keputusan pembelian mereka cenderung memilih dan memilah berdasarkan harga terlebih dahulu baru melihat kualitas barang.

Harga bersaing di sini bukan berarti harganya harus murah tetapi harganya masih masuk akal jika dibandingkan dengan kualitas atau mutu barang yang ditawarkan. Dari situlah sisi kompetitif bisa dimunculkan sebagai modal dalam persaingan dengan brand lain yang bermunculan.

4 | Mudah didapatkan

Produk yang bagus akan bisa diserap oleh pasar dengan baik jika produk tersebut mudah didapatkan oleh konsumen. Dalam hal ini UKM dan UMKM mulai memanfaatkan pemasaran secara digital atau menggunakan digital marketing melalui berbagai kanal media sosial untuk mengoptimalkan promosi dan penjualan. Sarung Tentrem tahu betul bahwa masyarakat modern terutama generasi millennial dan zillennial sangat akrab dengan teknologi digital yang setiap hari mereka akses melalui gawai baik smartphone maupun tablet.

Dari situlah pemasaran sarung batik tersebut digencarkan melalui sejumlah kanal digital yang mungkin ditempuh misalnya Instagram, website resmi, dan bahkan loka pasar atau marketplace seperti Tokopedia yang sudah memiliki basis konsumen yang kuat. Dipilihnya jalur digital ini merupakan keputusan yang efektif bukan hanya untuk memangkas biaya promosi tetapi juga untuk menjangkau pasar lebih luas bukan hanya di wilayah sekitar seperti Jawa Tengah tetapi skala nasional dan bahkan global.

5 | Gratis ongkir

Agar produk sampai ke tangan konsumen, produk harus dikirimkan melalui jasa ekspedisi yang disepakati bersama. Nah di sinilah pentingnya memilih delivery courier yang memastikan bahwa barang pesanan konsumen sampai ke alamat mereka sesuai harapan dengan aman dan terjamin mutunya.

Dalam banyak kasus pilihan ekspedisi yang digunakan dalam transaksi tidak jarang berbeda dengan preferensi pembeli, bukan hanya dari segi keterandalan pengiriman tetapi juga biaya pengiriman yang dirasa memberatkan pembeli sementara produk yang dipesan harganya sudah cukup mahal atau mungkin harga barang tidak terlalu mahal tetapi ongkos kirimnya malah lebih besar.

JNE sebagai salah satu perusahaan ekspedisi terkemuka di Indonesia hadir dengan solusi terbaik untuk pembeli dan penjual, agar konsumen dan produsen sama-sama mendapatkan kepuasan. JNE menawarkan Harbokir atau Hari Bebas Ongkir untuk menyambut ulang tahunnya yang ke-31 tahun ini. Bertajuk “Maju Indonesia”, perayaan HUT Ke-31 JNE akan memberikan Harbokir selama dua hari, yaitu pada 26 – 27 November 2021.

Hayo jangan sampai ketinggalan, rugi banget kalau kesempatan kirim barang gratis tak dimanfaatkan. Tapi ingat Harbokir ini hanya berlaku bagi pelanggan yang sudah tergabung sebagai member JLC (JNE Loyalty Card) di seluruh Indonesia. Kalau saya sih sudah jadi member JLC sejak tahun 2015 dan sudah beberapa kali dapat benefit berupa voucher belanja, hehe. Untuk volume pengiriman ditentukan maksimum 2 kg per resi. Pastikan BBC-Mania memilih layanan Reguler dengan tujuan pengiriman dalam kota yang sama atau antarkota dalam satu provinsi agar bisa menikmati layanan asyik ini.

Bukan hanya Harbokir, JNE juga memberikan promo khusus untuk pelanggan setia yang telah bergabung menjadi member JLC. Ssst, istri saya pun belum lama ini gabung sebagai member JLC loh, kamau kapan? Hihi…. Bagaimana enggak tergiur karena 31 member terpilih akan diganjar subsidi ongkir sebagai dukungan untuk sociocommerce, double point untuk seluruh member selama dua hari yakni tanggal 26 – 30 November 2021.

Buku “Bahagia Bersama”, inspirasi kesuksesan usaha dari JNE yang melegenda.

Karena saya belum banyak poin untuk ditukar dalam JLC Lucky Draw demi mendapatkan satu unit motor, maka saya pun aktif ikut lomba pantun sebagai bentuk testimoni atas layanan JNE di website jlc.jne.co.id. Siapa tahu beruntung dapat paket bingkisan keren dari JNE, ya enggak? Nah, kalau kalian masih punya banyak poin, cepat tukarkan dengan buku “Bahagia Bersama” dan voucher ongkir yang dimulai sejak 11 November 2021 (selama stok tersedia), atau flash sale berupa penukaran 31 poin dengan voucher ongkir senilai Rp 30.000 dan penukaran poin dengan harga khusus untuk produk Modem Orbit yang akan dimulai pada 26 November 2021 nanti. Ingat, periode terbatas jadi stok juga tidak selalu ada.

Selama ini Harbokir telah menjadi peak season bagi JNE seperti halnya saat Harbolnas, Lebaran, Hari Natal, dan tahun baru ketika jumlah pengiriman yang di-handle JNE meningkat hingga sekitar 30% atau bahkan lebih dibanding hari-hari biasa tanpa momen istimewa. Harbokir adalah komitmen JNE untuk menggairahkan ekonomi nasional dengan mendukung para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) agar tetap berinovasi dan meningkatkan penjualan secara digital tanpa terbebani ongkir.

Secara tak langsung Harbokir 2021 akan menggugah minat orang untuk kembali berbelanja online. Baik online seller maupun pembeli sama-sama bisa menikmati keuntungan selama periode promo berlangsung. Beberapa keuntungan yang bisa dipetik antara lain sebagai berikut.

Manfaat Harbokir

Bagi penjual online, pesanan akan meningkat karena pelanggan atau pembeli baru merasa hemat meskipun berbelanja banyak barang di beberapa toko berbeda karena diuntungkan dengan harbokir yang diberikan oleh JNE. Pelanggan atau calon pembeli bisa segera mengeksekusi barang-barang yang selama ini disimpan dalam keranjang di loka pasar untuk dibayar dan dikirimkan ke rumah mereka tanpa harus direpotkan dengan biaya ongkir yang dirasa mahal.

Keuntungan kedua bagi pelaku UKM atau usaha apa pun yang bergerak dengan penjualan online adalah bisa meningkatkan branding sebagai usaha yang terus uptodate dan menunjukkan kepedulian terhadap kepentingan konsumen dengan menyediakan layanan bebas ongkos kirim yang ditawarkan oleh JNE dalam ulang tahunnya yang ke-31.

Selain itu seller yang memanfaatkan Harbokir akan meraup potensi peningkatan poin JLC yang bisa ditukar dengan berbagai hadiah menarik, mulai dari voucher belanja Alfamart, Transmart, Electronic City, Sodexo gift pass, voucher MAP, dan bahkan satu set pisau dapur Oxone yang keren itu. Kapan lagi ada kesempatan berjualan sambil menikmati benefit berlipat yang menyenangkan.

Yuk ajak teman, kerabat, dan pasangan untuk berbelanja online dan memilih JNE sebagai jasa kurirnya selama periode Harbokir. Kalau BBC-Mania sudah jadi member JLC dan mau kirim hadiah buat saya, tentulah saya enggak bakal menolak. Kopi, buku, biji tanaman, atau pensil grafit yang belakangan saya gemari — semua saya terima dengan ikhlas. Seperti personalized notebook yang saya terima awal bulan lalu: buku catatan yang unik karena bersampul foto saya, dan tentu saja dikirim lewat JNE.

3 Comments

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s