Jangan Remehkan Kesehatan Gigi, Bisa Berujung Kematian

Kita mungkin belum lupa sekitar setahun lalu ada status yang viral di Twitter yang sekarang disebut X. Seorang penulis dan traveler, Trinity, membagikan kabar menyedihkan tentang temannya yang meninggal akibat gigi berlubang yang dibiarkan. Sepintas berita ini mungkin terdengar berlebihan, tetapi nyatanya benar-benar terjadi bahkan divalidasi secara medis.

Semua berawal gigi berlubang pada bagian geraham tapi tidak dilakukan penangana. Konon, lantaran teman tersebut takut menemui dokter gigi. Sebagai alternatif, dia hanya mengonsumsi obat pereda nyeri diseertai obat kumur.

Sakit gigi berujung kematian

Di luar dugaan, masalah memuncak. Perlahan-lahan, pipinya membengkak bahkan sampai leher. Begitu diperiksa, dokter memvonisnya menderita descending necrotizing mediastinitis  atau yang cukup dikenal dengan DNM. Nahasnya, perawatan selama 28 hari di ruang ICU tidak membuatnya sembuh, justru berpulang – semua akibat ketidaktahuan atau pengabaian.

Meremehkan sakit gigi bisa berujung kematian. (Engin Akyurt/Pexels.com)

Menurut Paulus Januar, dokter gigi yang juga anggota Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), DNM adalah infeksi yang dipicu oleh bakteri, khususnya bakteri Streptokokus dan Staphilokokus. Infeksi ini bisa menjalar hingga daerah mediastinum, yakni ruang antara dua paru manusia.

Kendati jarang, DNM yang berujung kematian akibat gigi berlubang tetap potensial terjadi. Kuncinya adalah, jika kita mengalami sakit gigi dan mulut, maka segeralalah mengubungi dokter terkait guna mendapatkan perawatan medis sesuai kebutuhan. Demikian sebagaimana diberitakan kompas.tv.

Cara menjaga kesehatan gigi

Tanpa disadari, kesehatan gigi kadang terlupakan – seolah dianggap remeh dibanding penyakit lain yang lebih mengkhawatirkan. Nyeri sedikit cukup ditahan tanpa perlu diobati. Kalau sakit berlanjut, baru diobati ala kadarnya padahal sudah saatnya mendapat bantuan dokter gigi.

Kasus tragis yang menimpa teman Trinity Traveler mestinya membuat kita tersadar bahwa perawatan mulut, terutama kesehatan gigi, sangat krusial sebagai kunci dalam mewujudkan kesehatan keseluruhan. Coba bayangkan betapa repotnya saat sakit gigi mendera padahal kita tengah dikejar tenggat kerja?

Itulah pentingnya tahu dan menerapkan perawatan gigi yang mumpuni sebelum musibah terjadi. Beberapa kiat berikut bisa dicoba sebagai ikhtiar yang efektif.

1. Sikat gigi teratur

Jangan lupa menyikat gigi dua kali dalam sehari, saat pagi dan malam hari sebelum tidur. Gunakan pasta gigi berfluoride dan sikat yang lembut untuk membersihkan gigi secara merata hingga ke sela-sela tersembunyi. Fluoride dapat mencegah gigi berlubang dan membantu melawan kerusakan gigi. Sesuaikan porsi pasta untuk anak dan dewasa.

2. Batasi Minuman Asam

Mungkin terasa nikmat, tapi coba batasi atau kurangi minuman yang asam karena biasanya menyebabkan rasa tak nyaman atau pengikisan pada enamel gigi. Batasi juga konsumsi soft drink, kopi, minuman beralkohol, dan jus buah. Bukan berarti tak boleh meminumnya, tapi membatasi sangat perlu.

3. Kurangi makanan manis

Mousse, nikmat tapi manis berlebihan bahaya bagi gigi (Nikolaos Dimou/Pexels.com)

Hidangan penutup biasanya punya rasa manis yang dominan. Namun ingat, kudapan seperti puding, pie, es krim, dan mousse dapat menyebabkan gigi rusak karena makanan manis mengeluarkan asam yang merusak enamel dan berkontribusi terhadap kerusakan gigi. Jika tetap ingin menikmati kudapan manis, makanlah sekalian pada saat makan siang atau makan malam. Ketika makan makanan lengkap, mulut kita memproduksi lebih banyak air liur yang mampu memecah asam serta membersihkan sisa makanan di mulut.

4. Gunakan gigi untuk mengunyah

Kesalahan kecil yang kerap terjadi dalam kehidupan sehari-hari adalah menggunakan gigi untuk membuka bungkusan atau kemasan produk tertentu. Alasannya, sebab tak ada gunting sehingga gigi jadi solusi pembuka yang cepat. Perlu diingat bahwa fungsi gigi adalah untuk mengunyah dan memecah makanan. Kalau dipaksa melakukan hal lain, waspadalah untuk cedera atau melukai gigi.

5. Lakukan flossing

Flossing atau membersihkan gigi dengan benang sekali sehari sangat penting untuk mencegah gigi berlubang dan penyakit gusi. Selainkan menghilangkan plak (penyebab gigi berlubang), flossing juga membantu kita mengenyahkan partikel makanan yang tertinggal dan tidak terjangkau oleh sikat gigi.

6. Hindari merokok

Merokok membahayakan jiwa, juga merusak gigi. (Aphiwat chuangchoem/Pexels.com

Selain dikenal sebagai penyebab kanker paru-paru, rokok berlebihan juga bisa mengarah pada penyakit gusi dan kerusakan gigi. Kanker mulut pun bisa terjadi sebab kandungan nikotin dan tar dalam rokok dapat merusak lapisan jaringan gigi. Kandungan tersebut juga mengurangi produksi saliva, sehingga mulut pun terasa kering lalu bakteri lebih mudah berkembang biak.

7. Ganti sikat gigi

Lakukan penggantian sikat gigi secara teratur, minimal setiap 3-4 bulan sekali. Kalau bulu-bulu sikat terlihat usang atau tak halus lagi, segera beralih ke sikat gigi yang baru karena sikat lama sudah tak efektif membersihkan gigi kita. Alih-alih bersih, gigi malah bisa cedera akibat sikat lama.

8. Periksa gigi secara teratur

Mengunjungi dokter gigi setiap enam bulan sekali wajib dimasukkan sebagai agenda semester. Berarti minimal dua kali dalam setahun. Tujuannya demi menjaga kesehatan mulut agar senantiasa dalam kondisi prima. Dalam kunjungan rutin ini, dokter gigi akan membersihkan gigi, mengecek apakah ada gigi yang berlubang, mengajukan saran perawatan terbaik mulut (misalnya flossing yang benar), serta mendeteksi kalau ada kelainan yang perlu ditangani.

Namun jangan menunggu enam bulan kalau ada gejala abnormal pada gigi. Intinya, dokter gigi akan memberikan penanganan segera dan terbaik sesuai masalah yang kita hadapi. Jadi, masalah-masalah seperti gigi nyeri, gigi sensitif, atau gusi berdarah bisa ditangani sesuai keahlian sehingga aman dan menenangkan termasuk jika harus melakukan .

Salah satu rumah sakit terbaik untuk menangani  gigi adalah rsodonto.com. Sebagai pusat kesehatan gigi terkemuka, RSOdonto menawarkan layanan terbaik demi menjaga kondisi gigi kita tetap sehat dan prima. Memilih rumah sakit khusus gigi adalah tindakan solutif karena akan ditangani para ahli sehingga tak perlu khawatir soal komplikasi atau efek yang menyertai.

Drg di RSOdonto punya kualifikasi dan jam terbang mumpuni.

RSOdonto menghimpun tenaga medis untuk dental care yang lengkap dan mumpuni. Dokter gigi yang ada di rumah sakit ini memiliki pengalaman yang luas dan tepercaya dengan komitmen serius untuk memberikan perawatan terbaik bagi setiap pasien. Harganya pun kompetitif. Bayangkan jika kita berobat sendiri ke tempat yang kurang kredibel, mungkin uang malah akan habis karena berkali-kali pindah berobat ke sana kemari.

Layanan terbaik RSOdonto

1. Teeth Whitening

Sesuai namanya, ini adalah layanan untuk mencerahkan warna gigi kita. Kalau gigi lebih cerah dan bersih, niscaya senyum akan mengembang lebar dan itu menjadi modal kita dalam menjalin relasi atau membangun networking yang berbuah peluang hingga cuan.

2. Teeth Checkup

Kalau ingin kesehatan dan kondisi gigi kita dicek secara rutin, RSOdonto adalah tempat terjamin yang solutif. Di sini kita akan dibantu soal masalah gigi dan diberitahu bagaimana cara menjaga kebersihan mulut secara optimal.

3. Teeth Implants

Implan gigi menawarkan layanan berupa penggantian gigi yang hilang dengan implan buatan. Tenang, RSOdonto menyediakan implan serupa gigi asli yang bagus secara fungsional maupun estetis. Tak ada lagi alasan malu bertemu orang karena ompong, setuju?

4. Orthodontics

Layanan ortodontik ditawarkan untuk klien yang ingin memperbaiki susunan gigi dan rahang yang tidak rata. Dalam hal ini, dokter gigi akan memasang kawat gigi atau alat ortodontik lain sesuai kondisi pasien. Pilih rumah sakit terbaik ini agar gigi rata dan senyum semakin indah.

5. Dental Crown

Adapun dental crown merupakan layanan untuk memperbaiki gigi yang rusak atau lemah dengan menutupi dan melindungi gigi menggunakan mahkota buatan yang kuat dan tahan lama. Dental crown bukan hanya melindungi gigi dari kerusakan, tetapi juga mengembalikan bentuk, ukuran dan kekuatan, serta memperbaiki tampilan agar kita semakin percaya diri.

Senyum mengembang dengan gigi sehat di rsodonto (Pexels.com)

Nah, sobat BBC-Mania. Sekarang paham kan mengapa menjaga kesehatan gigi itu sangat penting? Nyeri gigi jangan dianggap sepele, siapa tahu ada penyebab yang lebih serius. Segera periksakan ke dokter gigi, misalnya di RSOdonto rumah sakit gigi terbaik yang menawarkan perawatan gigi berkualitas tinggi.

Selain itu, kita akan dimanjakan dengan pengalaman perawatan yang ramah, komprehensif, dan personal untuk menjamin kepuasan personal dan terwujudnya kebahagiaan esensial. Semua berawal dari gigi, yang tidak bisa diremehkan.

Tinggalkan jejak