Inilah Manfaat dan Dampak Mandi Malam dengan Air Hangat!

Mandi air hangat pada malam hari dengan pemanas air Ariston bikin tidur nyenyak.

Mandi malam pada malam hari sebenarnya tidak bahaya dan tidak akan berakibat buruk yang bisa mengakibatkan penyakit tertentu atau juga penyakit rematik berdasarkan pendapat beberapa orang. Tetapi, pada penderita rematik, mandi pada malam hari sebaiknya dihindari apalagi jika menggunakan air bersuhu dingin. Sebab, mandi dengan air dingin dapat membuat lebih parah pengidap rematik yang dialami ketika sedang kambuh.

Oleh sebab itu, jika kamu tidak mempunyai penyakit rematik maka boleh-boleh saja mandi malam hari dengan air hangat. Tidak masalah jika kamu sering mandi air hangat di malam hari selama kamu nyaman untuk melakukan rutinitas tersebut.

Bolehkah Mandi Air Hangat di Malam Hari?

Istilah hydrotherapy yang biasa digunakan atau biasa disebut merendam tubuh di dalam air hangat. Suhu air mempunyai peran yang penting dalam hydrotherapy. Sebab, suhu air yang berbeda bisa mempengaruhi tubuh dengan berbeda juga. Tetapi, baik air hangat ataupun air dingin, masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan, terlebih jika saat mandi di malam hari.

Manfaat mandi di malam hari bisa membuat tidur lebih nyenyak dan mudah untuk tidur. Setelah mandi dengan air hangat, tubuh bisa membantu menurunkan suhu tubuh basal hingga menjadikan kamu lebih mudah untuk tidur. Mandi dengan air hangat sebelum tidur juga dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks, jadi kamu dapat mudah terlelap.

Jika kamu tidak memiliki riwayat penyakit rematik, maka boleh-boleh saja mandi malam hari dengan air hangat. Tidak masalah jika kamu sering mandi air hangat di malam hari selama kamu nyaman untuk melakukan rutinitas tersebut. Namun, untuk menghindari tubuh yang menggigil, disarankan untuk melakukan mandi air hangat di malam hari, hal ini juga bermanfaat untuk memperlancar peredaran darah, mengatasi ketegangan otot dan membuat tubuh jadi lebih rileks,dan  meredakan stres.

Jadi itulah penjelasan mengenai boleh atau tidak mandi air hangat di malam hari. Jika kamu tidak mempunyai riwayat penyakit rematik, maka boleh mandi dengan air hangat. Kalian juga perlu mengetahui manfaat apa saja mandi menggunakan air hangat di malam hari, mari simak penjelasan berikut.

Manfaat Mandi Air Hangat di Malam Hari

Rasakan manfaat mandi air hangat pada malam hari.

Manfaat mandi malam bisa dipengaruhi oleh suhu air yang digunakan. Berikut adalah manfaat dan penjelasannya :

1. Tidur menjadi lebih nyenyak

Mandi menggunakan air hangat yang bersuhu antara 40-42 oC selama 10 menit dalam rentang waktu 1-2 jam sebelum tidur bisa membuat tidur lebih nyenyak, sekalipun saat cuaca sedang panas. Manfaat ini bisa didapat karena air hangat bisa membuat otot-otot jadi lebih rileks jadi bisa membuat kamu lebih mudah untuk mendapat tidur yang lebih berkualitas.

Agar memperoleh suhu air yang presisi, gunakanlah pemanas air Ariston. Sebab, water heater Ariston memiliki kontrol suhu air yang bisa diatur sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pengguna. Dengan demikian, kamu tidak perlu mengira-ngira untuk mendapatkan suhu yang pas.

2. Tidur menjadi lebih cepat

Mandi air hangat di malam hari bisa membuat tidur lebih cepat. Penelitian terhadap orang tua memperlihatkan bahwa mereka yang mandi air hangat sebelum tidur lebih sering mudah tertidur daripada mereka yang tidak mandi dengan air hangat sebelum tidur.

3. Menjaga kebersihan dan kesehatan kulit

Mandi menggunakan air hangat di malam hari bisa membuat pori-pori terbuka, membersihkan kotoran di wajah dan minyak berlebihan secara maksimal. Dengan menjadikan rutinitas mandi air hangat sebelum tidur, hal ini bisa menjaga kebersihan dan kesehatan kulit.

4. Mengatasi batuk dan pilek

Jika kamu sedang terkena batuk dan pilek, disarankan untuk mandi malam dengan air hangat lebih baik dan lebih disukai dibandingkan menggunakan air dingin. Sebab, panas dan uap dari air hangat bisa membuat saluran pernafasan menjadi terbuka.

Selain itu juga, mandi menggunakan air hangat bisa membantu membersihkan saluran hidung dan mencairkan dahak sehingga bisa mengatasi gejala batuk dan juga pilek.

5. Mengurangi tekanan darah

Sebuah penelitian telah menunjukan bahwa berendam di air yang hangat selama 11-15 menit sebelum tidur ampuh untuk menurunkan tekanan darah. Tekanan darah yang turun setelah mandi malam dengan menggunakan air hangat bisa mencapai 16 mmHG.

Itulah manfaat mandi air hangat di malam hari. Memang, manfaat mandi air hangat di malam hari sangat beragam, namun batasi juga waktunya. Kamu tidak disarankan untuk mandi malam lebih dari 20 menit karena mandi menggunakan air hangat dalam waktu yang lama dapat membuat kulit jadi kering dan gampang mengalami iritasi.

Apakah terlalu sering mandi air hangat di malam hari ada dampaknya? Setelah membaca manfaat kamu juga harus tahu dampak mandi air hangat di malam hari. Agar kalian lebih tau yuk simak penjelasan dibawah.

Dampak Terlalu Sering Mandi Air Hangat di Malam Hari

Pilih pemanas air Ariston untuk menyempurnakan mandi malam yang hangat.

Diketahui, ada bahaya mandi di malam hari menurut informasi yang beredar. Aktivitas ini dipercaya dapat memicu gangguan kesehatan dan berdampak negatif pada tubuh. Apakah benar hal tersebut bisa terjadi? Apakah bahaya sering mandi air hangat di malam hari? Mari simak penjelasan berikut.

Banyak yang meyakini bahwa mandi di malam hari dapat membahayakan kesehatan. Tetapi, hal itu belum sepenuhnya terkonfirmasi. Masih banyak penelitian yang belum yang membuktikan akibat bahaya mandi di malam hari. Meski demikian, bukan berarti hal ini dapat dijadikan rutinitas dan dilakukan setiap hari. Sering melakukan mandi di malam hari dikhawatirkan dapat mengganggu kondisi tubuh, jadi lebih mudah terkena penyakit.

Risiko Mandi di Malam Hari

Risiko mandi malam sering dikaitkan dengan meningkatnya kemungkinan serangan rematik. Namun, hal tersebut ternyata hanya mitos. Mandi malam bukanlah penyebab penyakit rematik. Justru, mandi malam dengan air hangat secara teratur disebut bisa mengurangi gejala rematik. Selain memakai air hangat, kamu juga direkomendasikan untuk sesekali mandi dengan air biasa guna mengurangi nyeri otot setelah aktivitas seharian.

Akan tetapi, ini hanya berlaku untuk orang dewasa. Mandi malam sebenarnya tidak disarankan untuk bayi sama sekali. Memandikan bayi pada malam hari dianggap dapat meningkatkan kemungkinan terjadi hipotermia pada si kecil. Hal ini terjadi ketika suhu tubuh mengalami penurunan drastis, bahkan turun dibawah 35oC. Kondisi ini lebih berisiko karena bayi umumnya bayi lebih sensitif terhadap perubahan suhu dalam tiga bulan pertama kehidupannya.

Bayi lebih rentan mengalami hipotermia karena kemampuan tubuhnya yang belum sepenuhnya berkembang dalam mengontrol suhu. Jika bayi menunjukan gejala seperti napas yang lebih cepat dari biasanya, kulit yang pucat, gemetar, serta perubahan suhu tubuh menjadi dingin, segera waspadai. Jika hal ini terjadi pada si kecil, segera cari bantuan medis untuk penanganan lebih lanjut, terutama jika gejalanya muncul setelah mandi atau terkena air dingin.

Nah, jadi itulah dampak terlalu sering mandi air hangat di malam hari. Mandi di malam hari dapat membahayakan kesehatan dan berdampak negatif pada tubuh. Hal itu jika jadi rutinitas dan dilakukan setiap hari.

Kesimpulan

Kesimpulan artikel ini adalah mandi malam tidak akan berakibat buruk yang mengakibatkan penyakit tertentu atau rematik berdasarkan pendapat beberapa orang. Mandi di malam hari sebaiknya dihindari apalagi jika menggunakan air bersuhu dingin, karena dapat membuat lebih parah pengidap rematik yang dialami ketika sedang kambuh.menjelaskan manfaat mandi air hangat seperti tidur menjadi lebih nyenyak, cepat, menjaga kebersihan dan kesehatan kulit, mengatasi batuk dan pilek, mengurangi tekanan darah, dan mengurangi tekanan yang bersama, dan mandi mandi air hangat di malam hari dipengaruhi oleh suhu air yang digunakan.

Agar memudahkan kamu mandi menggunakan air hangat, kini sudah ada pemanas air hangat dari Ariston. Pemanas air hangat bukan hanya alat praktis dirumah, tapi juga memberikan kenyamanan dan kenikmatan setiap saat. Mari, pakai water heater dari Ariston untuk solusi efisien untuk rutinitas harian kita. Hubungi sekarang dan dapatkan penawaran menarik dari Distributor Ariston terlengkap dan terpercaya.

2 Comments

Tinggalkan jejak