Pengen Jago Nulis Fiksi? Gabung di Kampung Fiksi!

Halo manteman, Belalang Cerewet (BC) abis wawancara kru Kampung Fiksi (KF) nih.

BC: Bagaimana latar belakang terbentuknya KF?
KF : Dibentuk oleh 8 perempuan yang sama-sama suka menulis fiksi. Awalnya Kampung Fiksi dimaksudkan sebagai blog untuk menampung tulisan fiksi 8 pendirinya ini. Lalu followers ternyata terus bertambah. Akhirnya kami sepakat untuk menjadikan Kampung Fiksi sebagai tempat belajar menulis fiksi.


BC : Kapan KF resmi dibentuk?
KF : Tanggal pastinya tidak jelas juga. Yang pasti akhir tahun 2009. Resminya disesuaikan dengan tanggal posting perdana di blog KF, 1 Februari 2010.

BC : Mengapa mengambil nama Kampung Fiksi?
KF : Kampung mengesankan keakraban, karena kami semua memang berawal dari pertemanan yang akrab.

BC : Apa saja kegiatan Kampung Fiksi, baik yang online maupun offline?
KF : Kegiatan online mulai dari update blog KF yang berisi banyak tema: wawancara penulis terkenal, artikel tips menulis, kuis dan lomba menulis, review buku, dll. Selain itu kami beberapa kali mengadakan kegiatan menulis bersama dan menerbitkan buku, antara lain Tribute to Whitney, Senarai Kisah dari Kampung Fiksi, Banyak Nama untuk Satu Cinta, dan Kotak Pandora. Setiap bulan Januari ada kegiatan menulis novel selama satu bulan bersama (J50K). Ada Book Traveling Campaign, yaitu kegiatan membaca buku secara berantai. Dan banyak lagi, kamu bisa cek sendiri di blog KF, lengkap. Kegiatan offline: Workshop Menulis, partisipan Social Media Festival 2012, partner launching buku Peri-peri Bersayap Pelangi.

BC : Selain kegiatan rutin, apakah KF menyediakan jasa penulisan-penerbitan?
KF : Kami memberikan tawaran untuk membantu editing naskah dan juga pengurusan NPWP.

BC : Bagaimana keanggotaan di KF? Siapa saja yang bisa bergabung?
KF : Bebas. Tidak ada keharusan untuk mendaftar, yang mau join, silakan follow kami di salah satu akun socmed kami atau semuanya.

BC : Manfaat apa saja yang bisa didapatkan anggota KF atau pengunjung blog KF?
KF : Kami berharap followers bisa belajar bersama kami dalam menulis fiksi, bisa menunjukkan kecintaannya pada karya-karya fiksi.

BC : Berapa orang pengelola KF? Boleh sebutkan satu per satu?
KF : Saat ini ada 8 pengurus yakni Winda Krisnadefa, Ge Siahaya, Ria Tumimomor, Deasy Maria, Meliana Indie, Nastiti Denny, Ajen Angelina, dan Hadi Samsul.

BC : KF membentuk Grup bernama J50K, dan aktivitas kelompok ini cukup terkenal di dunia maya. Bisa dijelaskan mendetail tentang kegiatan ini?
KF : Kegiatan ini mengadaptasi kegiatan Nanowrimo di luar negeri. Kami menentukan bulan Januari sebagai bulan “ngebut nulis” 50.000 kata dalam bentuk novel/kumcer. Diharapkan dengan target, kita bisa terlatih untuk rutin menulis. Hanya menulis ya, bukan menghasilkan cerita yang bagus.

BC : Nah, KF mengusung moto yang unik, “Do the WRITE things, WRITE away!” Bisa dijelaskan maksud/makna semboyan ini?
KF : Intinya sebagai penyemangat untuk tetap menulis, karena dengan rutin menulis maka tulisan akan menjadi lebih baik.

BC : Terakhir, memasuki tahun ketiga, bagaimana misi atau cita-cita KF ke depan?
KF : Kami akan terus berbagi seperti biasa. Berharap semoga ke depannya akan makin banyak kreativitas untuk mengembangkan komunitas ini.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk gabung! 😀

Buat KF, selamat ultah yang ketiga ya. Masih belia, semoga sukses mewadahi para pencinta fiksi.

“Ikut memeriahkan ultah Kampung Fiksi yang ke-3 bersama Smartfren, Mizan, Bentang Pustaka, Stiletto Book dan Loveable.”

42 Comments

  1. iya ni pengen belajar nulis fiksi… aku suka baca fiksi tapi kalo nulis rata-rata non fiksi kalo disuruh nulius fiksi imajinasinya gak nyampe hehehe

    Like

  2. Waah ide-nya keren Pak belalang… simpel tapi kena.
    saya jujur pengen banget ikutan niih, (bukan mau menang krn mmg belum se PedE itu..) tapi lebih mengasah menulis aja tapi gak nemu-nemu ide-nya hahaha… padahal secara pribadi punya ketertarikan sm menulis fiksi (mau belajar)…
    jadi yaa, mengikuti dari timeline ajaah.
    suskes GAnya

    Like

    1. Saya juga asal ikut aja Mbak Ophi buat ramein hajatan KF aja. Untuk menang ya apalagi, tak terbayang bisa masuk tiga besar atau sekadar pemenang hiburan.

      Ayo Mbak, kalau punya keinginan dan ketertarikan, tinggal follow-up aja. Dengan bergabung dalam komunitas, banyak peluang dan saling mengisi juga menguatkan. Saya pribadi suka postingan tentang wawancara bersama pengarang.

      Salam sukses untuk Mbak 😀

      Like

    1. Kira-kira demikian, Mbak. Saya belum pernah ikutan nulis ngebut itu, jd belum gagal hehe. Tapi ikut kontesnya baru dua kali dan gatot semua hehe. Cemungud, terus nulis Mbak!

      Like

Tinggalkan jejak