Taman Mini Indonesia Indah, Tempat Wisata Budaya Terlengkap di Indonesia

SOBAT BBC tentu sudah tidak asing lagi bukan dengan Taman Mini Indonesia Indah atau yang lebih dikenal dengan TMII? Hehe, pertanyaan retoris nih. Ya jelaslah sudah pada akrab. Kalaupun belum pernah ke sana, minimal sudaha pernah baca di buku atau berita.

TMII ini merupakan tempat wisata pertama di Indonesia yang bertemakan budaya. Taman ini dibangun di atas lahan seluas 150 hektar di Jakarta dan terletak di jantung kota Jakarta. Berbeda dengan tempat wisata lainnya, di TMII disajikan berbagai kebudayaan Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Taman yang dibangun pada era Presiden Soeharto ini menjadi salah satu wisata kebudayaan terlengkap di Indonesia. Apa saja yang ada di sana?

Wahana Wisata di Taman Mini Indonesia Indah

Jika Anda berkunjung ke Taman Mini Indonesia Indah maka Anda akan menemukan berbagai wahana yang menggambarkan kebudayaan di Indonesia. Berikut ini wahana menarik yang ada di TMII.

indonesiatraveler
Gambar dari http://www.indonesiatravelers.com

1. Anjungan Daerah

Wahana utama yang pertama di TMII tentu saja anjungan daerah. Anjungan daerah ini merupakan wahana yang menampilkan seluruh kebudayaan yang ada di Indonesia. Kebudayaan dari seluruh provinsi di Indonesia disajikan dalam anjungan daerah ini. Di sini kita bisa melihat miniatur Kepulauan Indonesia dan melihat bangunan adat di setiap provinsi yang ada di Indonesia. Selain itu, di setiap anjungan daerah ini juga terdapat busana dan berbagai artefak yang menjadi ciri khas setiap daerah tersebut.

2. Bangunan Keagamaan

Di Taman Mini Indonesia Indah juga terdapat miniatur atau tiruan bangunan keagamaan yang ada di Indonesia. Wahana ini menggambarkan bahwa keberagaman agama yang ada di Indonesia menjadi salah satu hal yang bisa mempersatukan Indonesia. Ada beberapa bangunan keagamaan yang ada di TMII antara lain Masjid Pangeran Diponegoro, gereja, Santa Catharina, Gereja Haleluya, Pura Karthabumi, Kuil Kong Miao, wihara, Arya Dwipa, dan masih banyak lagi.

3. Sarana Rekreasi

Selain mengenalkan berbagai kebudayaan yang ada di Indonesia, TMII juga asyik loh karena menyediakan berbagai sarana rekreasi yang menyenangkan. Untuk anak-anak di TMII ini bisa mencoba wahana istana anak-anak atau lebih dikenal dengan istana boneka. Yang tak kalah seru adalah kereta gantung dan desa wisata yang siap memberikan hiburan bagi para pengunjung. Di TMII juga terdapat snow boy yang merupakan kolam renang dengan berbagai wahana air yang menyenangkan.

4. Taman

Dalam Taman Mini Indonesia Indah ini juga terdapat taman yang dihuni berbagai fauna dan flora khas Indonesia. Salah satu taman yang cukup terkenal adalah taman anggrek dan taman melati. Dua taman ini merupakan taman khusus yang digunakan untuk konservasi berbagai jenis anggrek dan melati yang ada di Indonesia. Selain terhibur, kita bisa juga tambah ilmu kan?

5. Museum

Taman Mini Indonesia Indah juga menyediakan wahana berupa museum yang bisa menambah pengetahuan kita mengenai sejarah di Indonesia. Perlu sobat BBC ketahui bahwa di TMII ada sekitar 16 museum yang tersebar di beberapa kompleks. Museum-museum yang ada di TMII ini menyimpan berbagai jenis koleksi yang sangat berharga. Misalnya saja Museum Asmat yang menyimpan berbagai benda bersejarah dari suku Asmat Papua.

6. Teater

Bagi Anda yang suka menonton film, jangan khawatir, sebab di TMII kita juga bisa menonton film di teater yang sudah disediakan. Teater TMII ini biasanya memutar film yang berhubungan dengan kebudayaan dan lingkungan Indonesia.

Benar-benar tidak lengkap rasanya jika datang ke Jakarta tapi tidak mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah. Oleh karena itu, bagi Anda yang berlibur ke Jakarta wajib untuk mengunjungi taman budaya terbesar yang ada di Indonesia ini. Nah, untuk memudahkan Anda mengunjungi TMII, maka sangat disarankan untuk menggunakan mobil pribadi.

Jika tak punya mobil sendiri, kita bisa menyewa mobil untuk mengunjungi TMII di Docar. Tak perlu khawatir, tempat sewa mobil ini menyediakan berbagai jenis mobil sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu, kita juga bisa pesan secara online terlebih dahulu di https://docar.co.id/sewa-mobil-jakarta. Mudah banget kan? Asyiknya lagi, Docar juga tersedia di Lombok dan Bali, bukan hanya di ibu kota.

Dengan berbagai wahana menarik di Taman Mini Indonesia Indah, jangan sampai lewatkan berkunjung ke TMII sebagai tempat wisata budaya terbesar di Indonesia yang menyajikan wahana yang berhubungan dengan kebudayaan yang ada di Indonesia. Kapan lagi bisa melihat budaya dan suku dari seluruh Indonesia di satu tempat saja. Yuk ke TMII!

Advertisements

11 thoughts on “Taman Mini Indonesia Indah, Tempat Wisata Budaya Terlengkap di Indonesia

  1. oh pasti! Saya malah pasti ke TMII kalau ada teman Jepang yang berkunjung ke Jakarta dan saya juga pas ada di Jakarta. Suami saya mengunjungi TMII DUA HARI berturut-turut dan masih mau pergi lagi hahaha. Katanya, “Terlalu luas untuk dinikmati hanya satu hari!”.

    Like

  2. Mudah-mudahan bisa kesini..aamiin..
    Dan aku rasa selengkap ini tidak bisa dijelajahi satu hari ya..hehe

    Like

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s