Booking Hotel Murah dan Kunjungi 4 Wisata Air Terjun Terindah di Kuningan, Jawa Barat

curug kuningan

Akhir pekan cocok banget nih ngomongin soal wisata. Salah satunya air terjun sebagai salah satu keindahan alam yang dimiliki negara kita Indonesia. Negeri kita punya begitu banyak air terjun yang menjadi spot wisata bagi para pelancong. Wisata air yang satu ini umumnya memiliki daya tarik pemandangan air terjun indah dengan panorama segar yang akan semakin menambah semarak liburan Anda.

Mungkin sebagian BBC Mania masih cukup asing dengan tempat wisata air terjun yang ada di Kuningan, Jawa Barat. Padahal wisata air terjun di sini ternyata tidak kalah dengan tempat wisata populer lain yang ada di Indonesia, seperti Bali dan Lombok misalnya. Enggak percaya? Berikut saya rangkum empat air terjun terindah yang bisa sobat kunjungi saat liburan di seputaran Kuningan, Jawa Barat.

1 – Curug Sabuk

curug_sabuk

Foto dari sumedangtandang.com

Rekomendasi wisata air terjun pertama yang dapat Anda kunjungi di Kuningan adalah Curug Sabuk. Dengan ketinggian kurang dari 20 meter, curug ini berlokasi di Lembah Cingkareng–lembah yang terletak di kawasan Taman Nasional Gunung Cirema. Karena letaknya yang berada di kawasan wisata inilah maka pelancong tidak akan menyia-nyiakan kesempatan untuk sekaligus berkunjung ke wisata air terjun Curug Sabuk.

Uniknya, jika sobat datang pagi-pagi sekali ke air terjun ini, Anda akan melihat pelangi indah yang membingkai tempat wisata cantik ini. Selain itu, di lokasi sekitar curug ini yaitu lembah Cingkareng terdapat habitat hewan-hewan langka yang masih terpelihara.

Hasil penelitian Yayasan Visita Kuningan menemukan binatang Kijang (Mantiacus muncak), Elang Jawa/Elang Garuda (Spizeatus bartelsi), macan tutul, macan kumbang (Panthera pardus), Surili (presbites aygula), lutung, dan kera. Jika sobat ingin segera berkunjung ke spot wisata air terjun yang satu ini, segera cek tiket lion air lewat Reservasi.com dan jangan ketinggalan cek pula hotel murah yang sesuai dengan budget liburan Anda.

2 – Curug Bangkong

curug bangkong

Foto dari indonesiakaya.com

Salah satu wisata air terjun lain yang dapat Anda kunjungi di Kuningan adalah Curug Bangkong. Curug ini berlokasi Desa Kertawirama, Kecamatan Nusaherang, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Dari segi namanya, Bangkong berarti katak besar. Hal ini didasarkan pada mitos yang menyebutkan bahwa dahulu ada pengembara yang bertapa di gua belakang curug ini lalu menghilang dan berubah menjadi katak.

Curug ini memiliki ketinggian 23 meter dan lebar sekitar 3 meter. Curug Bangkong paling baik dikunjungi saat musim hujan karena Anda bakal melihat fenomena debit air terjun yang makin membesar dan membelah air terjun menjadi dua. Unik, bukan? sementara di bagian depan curug terdapat kolam yang cukup luas sebagai tempat berendam maupun berenang.

3 – Curug Sidomba

Curug sidomba

Foto dari dianrentalmobilcirebon.com

Curug unik ini berlokasi di kaki Gunung Ciremai, Kuningan. Curug Sidomba bisa dikatakan sebagai wisata air terjun primadona di Kuningan. Selain panorama alamnya yang sudah pasti memukau, curug ini juga cukup mudah ditempuh karena letaknya yang strategis dan akses jalannya yang baik. Dari Kota Kuningan, hanya dibutuhkan waktu satu jam untuk sampai ke wisata air terjun ini.

Anda dapat mencapai tempat ini dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Jika Anda penasaran dengan spot wisata air terjun yang satu ini, segera cek persiapan akomodasi dan penginapan seperti hotel murah pilihan Anda sebagai persiapan awal liburan sobat semua.

Meski ketinggiannya hanya mencapai 3 meter, namun pemandangan alam curug ini tak kalah memesona. Di sekitar air terjun terdapat taman kecil buatan yang terawat dengan baik dan kolam ikan. Selain itu, tempat wisata yang satu ini juga dilengkapi saung, tempat bermain anak, dan camping ground yang banyak digunakan pelajar untuk berdarmawisata.

4 – Curug Putri

Curug_Putri1

Foto dari hajasaputra.com

Rekomendasi wisata air terjun berikutnya di Kuningan adalah Curug Putri. Wisata air terjun ini berlokasi di kawasan  bumi perkemahan Palutungan di Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan. Curug Putri yang memiliki ketinggian 20 meter ini dikelilingi oleh tebing yang terjal dan panorama pepohonan rimbun. Di sebelah kirinya terdapat pohon beringin yang besar dan teduh. Wah, membayangkannya saja sudah bikin sejuk kan guys?

Sayangnya, Anda tidak dapat berenang dengan bebas di sini karena curug ini dalamnya hanya sepinggang orang dewasa. Tapi jangan khawatir, pemandangan alamnya dijamin sangat memanjakan mata. Kamu bisa sekadar menyegarkan diri dengan pemandangan yang sangat menyejukkan mata. Selain itu, saat hujan gerimis dan matahari bersinar, Anda bisa melihat pelangi! Keren sekali kan?

Nah, apakah sobat BBC Mania masih merasa asing dengan nama-nama wisata air terjun di atas? Wisata air terjun di Kuningan mungkin terbilang belum banyak terjamah wisatawan seperti tempat-tempat wisata populer lain di Indonesia. Justru itu bakal menjanjikan petualangan mengasyikkan kan?

Yang tak kalah asyik, suasana alam yang ditawarkan di empat kawasan itu masih sangat alami dan asri, sehingga dijamin tidak akan membuat kalian menyesal saat berwisata ke lokasi air terjun tersebut. Jika sudah berencana berkunjung ke tempat-tempat wisata air di Kuningan ini, segera deh cek tiket lion air hanya lewat Reservasi.com dan cek pula penginapan atau hotel murah dan kunjungi spot wisata tersebut. Selamat berlibur! Happy weekend, guys!

Advertisements

2 thoughts on “Booking Hotel Murah dan Kunjungi 4 Wisata Air Terjun Terindah di Kuningan, Jawa Barat

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s