Keluhan yang Sering Muncul Pasca Operasi dan Penyebabnya

Seorang sahabat bloger yang sering berkompetisi dalam lomba blog mendadak tak terdengar kiprahnya. Rupanya dia baru saja menjalani operasi ringan. Kendati ringan, ia sempat bertanya-tanya tentang sebuah gejala karena khawatir itu dampak dari operasi yang pernah ia lewati.

Menjalani operasi memang salah satu proses yang cukup menegangkan bagi kebanyakan orang. Ketika akan menjalani operasi, mereka umumnya akan fokus pada keberhasilan prosedur operasi tersebut. Memang tidak ada yang salah, hanya saja pascaoperasi juga sangat perlu untuk dipersiapkan dengan baik. Seperti risiko apa yang akan dilalui setelah itu, efek samping yang bisa timbul, dan beberapa keluhan lainnya. Nah, jika BBC Mania kurang paham akan hal tersebut, silakan menyimak ulasan berikut ini.

Gambar dari the doctorweighsin.com

Banyak sekali hal-hal yang bisa muncul akibat efek samping setelah operasi, seperti:

1 – Susah buang air kecil

Kesulitan untuk membuat air kecil sering sekali dikeluhkan oleh masyarakat setelah melalui operasi. Misalnya saja karena air kencing keluar sedikit, terasa perih dan masih banyak lagi kemungkinan lainnya.

2 – Demam

Mungkin banyak orang berfikir orang yang setelah melakukan operasi itu apakah sudah kembali lagi dalam kondisi normal atau justru sebaliknya. Bisa saja mengalami normal, tetapi tidak menutup kemungkinan mengalami demam sebagai masalah mendasar.

3 – Mual dan muntah

Tidak sedikit orang yang mengalami mual muntah setelah operasi secara terus menerus. Ini sebenarnya wajar saja, tetapi tetap membahayakan jika tidak ditangani dengan segera, makanya perlu untuk tetap melakukan konsultasi dengan dokter yang lebih ahli.

4 – Sakit tenggorokan

Selain beberapa gangguan seperti di atas, sakit yang terjadi pada tenggorokan juga bisa dirasakan oleh beberapa orang. Meskipun operasi yang dilakukan pada bagian dada, perut, pinggul, dan lainnya.

Melakukan operasi itu bisa sebagai akibat berbagai jenis penyakit, misalnya saja hidung tersumbat pada anak. Jika tidak segera diberikan obat hidung tersumbat yang aman untuk anak, akan berbahaya dan mengharuskan untuk operasi akibat gangguan pernapasan yang lebih parah.

Pada intinya, semua jenis operasi itu bisa membawa efek buruk ataupun baik. Jadi bagi yang akan melakukan, ada baiknya untuk selalu waspada dengan apa yang menjadi prosedur keberhasilan serta efek setelahnya. Semoga sedikit informasi ini bermanfaat dan yang paling penting hidup sehatlah dengan makan teratur dan berolahraga!

Advertisements

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s