Kebiasaan Sederhana Ini Bisa Cegah Anda Dari Pilek

Musim dan cuaca yang berganti tak menentu sering berimbas pada kondisi badan. Ditambah kesibukan yang padat tanpa istirahat atau telat makan, tak heran kalau pilek datang mendera. Pola makan yang tidak sehat, didukung dengan pikiran yang semrawut, berpotensi mengganggu metabolisme tubuh.

Seperti ungkapan, ‘kita adalah apa yang kita makan’, kesehatan fisik yang kita dapatkan sangat berpengaruh dengan penerapan pola makan dan gaya hidup sehari-hari. Meski penyakit bisa menghampiri kapan pun, konsumsi makanan bernutrisi dan menjalani gaya hidup sehat tetap merupakan kunci. Konsumsi obat seperti obat pilek resep dokter sebagai bentuk pengobatan memang bukan hal asing.

Tidak sedikit yang berpikir, tidak apa menerapkan pola makan dan gaya hidup kurang baik sehingga rentan terserang penyakit contohnya flu/pilek sebab masih ada dokter yang siapa bantu mengobati. Padahal gangguan kesehatan seperti terserang penyakit flu akibat daya tahan tubuh rendah bisa memicu gangguan kesehatan yang lebih parah lagi.

Gambar dari thehealthy dotcom

Mulai Dari Bangun Tidur, Hingga Memasuki Waktu Tidur

Dalam mencegah terserang penyakit seperti flu, ada kebiasaan atau rutinitas sederhana yang bisa Anda terapkan, berupa:

1 – Bangun di Pagi Hari dan Tidur Tidak Terlalu Larut

Awali dengan belajar bangun lebih pagi dan tidur di waktu yang tidak teralu larut. Idealnya bagi orang dewasa, bangun maksimal jam 6 pagi, kemudian tidur malam di jam 10. Kebiasaan baik ini akan membuat sistem kerja organ-organ di tubuh Anda lebih teratur dan sesuai jam kerjanya.

2 – Tidak Lewatkan Sarapan

Selanjutnya, biasanya untuk selalu sarapan atau makan pagi 30 menit hingga 1 jam setelah Anda bangun. Waktu sarapan yang disarankan ialah berkisar pukul 6 hingga 9 pagi. Lebih dari itu tidak termasuk sarapan dan tidak disarankan karena mengganggu jadwal kerja organ pencernaan.

3 – Olahraga Ringan Secara Rutin

Setelah bangun lebih pagi dan sarapan dengan menu sehat yang ringan tapi memberi banyak energi, lanjut dengan rutin berolahraga dalam tingkatan yang ringan. Ringan di sini maksudnya, lakukan gerakan-gerakan olahraga yang mudah dilakukan di rumah, tetapi fungsinya tetap sempurna bagi tubuh.

4 – Aktif Beraktivitas

Jalani berbagai aktivitas dan kegiatan sehari-hari secara aktif, namun tetap bukan berarti Anda boleh memaksakan tubuh Anda. Bila merasa tubuh tidak fit atau mengalami gejala penyakit tertentu seperti pilek, segera beli obat flu atau pilek di apotek online sebagai tindakan awal paling tepat.

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s