Memahami Usia Kehamilan

Usia kehamilan sering kali menjadi pertanyaan bagi ibu hamil. Sebab dengan mengetahui usia kehamilan ini maka ibu hamil bisa lebih fokus dalam menjaga kehamilannya. Selain itu, ibu hamil juga bisa mengetahui perkiraan tanggak lahir buah hatinya. Pada dasarnya usia kehamilan sendiri dibagi menjadi tiga tahapan. Ketiga jenis tahapan ini tentu saja memiliki ciri yang masing-masing berbeda.

Maka persiapan yang dilakukan oleh ibu hamil di ketiga tahap usia kehamilan bisa berlangsung semaksimal mungkin. Untuk itu ibu hamil perlu mengetahui dan mengenal ketiga tahapan yang akan dialami selama berlangsungnya kehamilan.

Pahami usia kehamilan demi kesehatan ibu dan calon bayi. (Gambar: freepik dotcom)

1 | Usia kehamilan trisemester pertama

Masa trisemester pertama pada dasarnya merupakan masa yang cukup rawan bagi perkembangan janin. Pada fase awal kehamilan ini biasanya ibu tidaksadar bahwa dirinya tengah mengandung. padahal di masa ini terjadi banyak perubahan pada kondisi tubuh ibu. Perubahan tidak hanya terjadi pada kondisi tubuh ibu saja tetapi perubahan juga terjadi pada emosional ibu. Maka di tahap ini biasanya ibu hamil mulai merasakan sakit pada beberapa bagian tubuhnya. Selain itu mood ibu menjadi tidakstabil dan bahkan ibu bisa saja sangat suka ataupun sangat benci pada beberapa jenis makanan. Berat badan juga bisa menurun di masa ini.

2 | Usia kehamilan trisemester kedua

Saat memasuki usia kehamilan bulan keempat maka berarti perkembangan janin telah memasuki tahap trisemester kedua. Kehamilan di tahap ini tampaknya lebih mudah untuk dijalani jika dibandingkan dengan masakehamilan di fase awal. Di tahap kehamilan trisemester kedua tentunya rasa mualdan muntah yang biasa dialamiibu di awal kehamilan rupanya menjadi semakin berkurang. Di masa ini pula janin dalam perut ibu berkembang dengan semakin pesat. Bahkan janin juga sudah mulai bergerak. Terkadang ibu bisa saja merasakan gerakan janin. Hal ini akan membuat ibu hamil menjadi cepat lelah dan juga merasakan sakit di sekujur tubuhnya. Karena itu di masa ini tentu saja ibu perlu beristirahat lebih lagi.

3 | Usia kehamilan trisemester ketiga

Tahap terakhir di masa kehamilan adalah tahap trisemester ketiga. Di tahapini tentunya perut ibu akan semakin membesar sehingga kehamilan akan sangat tampak. Bisa juga ibu mengalami pembengkakan di beberapa bagian tubuh. Namun pembesaran tubuh ini sebaiknya selalu dijaga dan diusahakan selalu agar tidak sampai melebihi batas normal. Mungkin ibu bisa mengatur pola makan agar tubuh ibu tidak sampai membengkak. Sebab di masa ini pula ibu akan mengalami sesaknapas terutama menjelang kelahiran bayi. Selain itu ibu hamil juga bisa saja mengalami kontraksi yang akan membuat ibu sedikit merasa sakit. Di  masa ini pula biasanya ibu mulai semakin bersiap menyambut kelahiran bayi.

Usia kehamilan yang terbagi ke dalam tiga tahapan tentu akan menimbulkan keluhan pada ibu hamil. Seringkali keluhan yang dialami oleh ibu hamil di masing-masing tahap adalah berbeda. Namun bisa saja ibu hamil mengalami gejala yang sama mulai dari tahap trisemester pertama hingga trisemester ketiga. Hanya saja biasanya di tahap trisemester selanjutnya tentunya gejala atau keluhan yang dialamioleh ibu hamil semakin bertambah. Maka sebaiknya di tiap usia kehamilan yang dialaminya tentunya ibu hamil perlu bersabar. Tidak hanya ibu hamil saja tetapi sebaiknya ayah juga selalu menemani dan mendukung ibu. Dengan demikian maka kehamilan ibu akan selalu sehat dan terjaga hingga akhirnya buah hati yang ditunggu-tunggu muncul ke dunia. Adapun jika butuh informasi lebih lanjut, sebaiknya cobalah melihat ke situs Klikdokter.com dan dapatkan berbagai macam informasi tentang kehamilan secara lengkap.


Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s