Penuhi Vitamin Penting Untuk Ibu Hamil Agar Kehamilan Sehat dan Lancar

Sewaktu kehamilan anak pertama dulu, istri saya bawa periksakan secara rutin di dokter kandungan. Meskipun tempat praktiknya jauh di kota sementara kami tinggal di desa, kami selalu bersemangat melakukannya demi mewujudkan kehamilan yang lancar dan kelahiran anak yang sehat. Pesan dokter kami turuti, termasuk memenuhi kebutuhan akan vitamin penting yang bagus untuk ibu hamil guna menunjang kecerdasan otak si kecil dalam kandungan.

Namun pada kehamilan kedua, kebiasaan itu tak lagi kami kerjakan. Selain karena faktor biaya, kami putuskan untuk beralih ke bahan-bahan alami yang bisa kami jangkau ketersediaannya tanpa membebani anggaran keluarga. Bukan apa-apa, mengingat saat istri mengandung anak kedua, kami sepenuhnya jadi freelancer dibanding saat anak pertama ketika istri masih bekerja kantoran dan saya masih banyak orderan.

Begitu memasuki trimester ketiga, perhatian dan fokus kami tentu beralih ke persiapan melahirkan. Selain menyiapkan pilihan nama, kami mulai memilih rumah sakit tempat bersalin juga membeli baju-baju yang akan dibutuhkan bayi nanti. Yang taka kalah penting, selama trimester ketiga ini kami optimalkan vitamin untuk istri karena berat badan si kecil terus naik secara drastis maka harus didukung dengan asupan gizi yang seimbang.

Ibu hamil butuh asupan vitamin seimbang agar janin dan dirinya sehat. (Foto: freepik.com)

Sumber vitamin penting untuk ibu hamil

1 | Vitamin A

Vitamin A mudah larut dalam lemak dan berperan penting dalam perkembangan organ janin, meliputi jantung, paru-paru, ginjal, mata, tulang, sistem peredaran darah, pernapasan, dan saraf pusat. Setiap ibu hamil membutuhkan asupan vitamin A yang berbeda, ditentukan oleh usia. Takaran standar vitamin A biasanya berkisar 750-770 mikrogram RAE per hari.

Untuk pemenuhan, sumber vitamin A yang alami bisa didapatkan dari buah-buahan dan sayuran yang berwarna hijau atau oranye yang kaya kandungan beta-karoten. Buah wortel, labu parang, bayam, kangkung, dan brokoli bisa dilirik sebagai pilihan.

Jika ingin ditambah susu dan sereal dengan fortifikasi vitamin A, itu akan sangat menunjang kebutuhan ibu hamil. Susu sapi murni dan sereal gandum juga sangat berguna pada tahap ini. Kandungan vitamin A yang tinggi juga bisa ditemukan pada hati sapi dan ayam.

2 | Vitamin B6

Asupan vitamin B6 untuk ibu hamil juga tidak kalah penting untuk diperhatikan. Hal ini karena vitamin B6 bagus buat perkembangan otak dan fungsi imunitas si Kecil. Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa vitamin B6 ternyata mampu meredakan rasa mual dan muntah selama kehamilan.

Sumber makanan kaya vitamin B6 untuk ibu hamil yang bisa dipilih meliputi alpukat, daging ayam, ikan salmon, bayam, pisang, hazelnut, umbi-umbian, beras merah, dan jus sayuran. Pasokan bahan-abahan alami seperti sangat produktif mendukung kesehatan ibu dan calon bayi.

 3 | Vitamin D

Pengetahuan umum yang beredar tentang sumber vitamin D adalah sinar matahari. Sayangnya, terpapar pada sinar matahari terlalu lama justru bisa berbahaya bagi ibu hamil mengingat kulit mereka kadang terlalu sensitif dibanding kondisi normal. Nah, kebutuhan vitamin D selama kehamilan bisa tercukupi lewat konsumsi ikan lele, salmon, tuna, makarel, telur, daging sapi, dan minyak hati ikan.

Tinggal disesuaikan dengan ketersediaan yang mudah dijangkau. Begitu penting vitamin D ini sebab dibutuhkan untuk perkembangan dan kesehatan tulang bayi, juga mengurangi risiko komplikasi selama hamil. Vitamin D juga menurunkan risiko bayi terlahir dengan berat badan rendah dan mengurangi risiko alergi ketika bayi lahir nanti. Bukankah pencegahan lebih bagus daripada pengobatan?

4 | Omega 3 dan kolin

Omega 3 menjadi bahan yang lazim dibahas atau digemari orang, terutama untuk bayi atau anak mereka. Pada trimester ketiga, asupan omega 3 memang sangat krusial untuk mendukung perkembangan bayi, terutama untuk kesehatan otak, mata, kulit, dan sistem sarafnya.

Ikan salmon sangat bagus untuk menyuplai Omega 3. (Gambar: freepik dotcom)

Omega 3 berguna untuk mencegah risiko persalinan prematur dan memastikan agar bayi terlahir dengan berat badan ideal. Nutrisi ini bisa didapatkan dari makanan seperti ikan salmon, sarden, makarel, udang, lobster, telur, minyak kanola, alpukat, dan bayam. Cukup mudah kan memperolehnya?

ASI booster tepercaya

Banyak sekali ternyata nutrisi dan vitamin untuk ibu hamil yang wajib dipenuhi selama trimester ketiga. Selain makanan, BBC-Mania bisa memanfaatkan kehamilan trimester ketiga dengan mengonsumsi Herba ASIMOR. Bukan hanya berbahan alami dengan kandungan daun torbangun, daun katuk, dan ikan gabus yang sangat dibutuhkan selama kehamilan, tetapi juga alasan kepraktisan meraup nutrisi demi memproduksi ASI berlimpah dan sehat bagi si kecil terkasih.

Dengan konsumsi bahan makanan bergizi ditambah Herba ASIMOR, ibu hamil bisa lebih optimal dalam mempersiapkan jalinan mengASIhi buah hati secara utuh. Memilih produk yang tepat adalah bagian dari langkah cerdas untuk mewujudkan kehamilan sehat dan persalinan yang lancar sesuai harapan. Akan sangat membantu jika kita bergabung dalam komunitas Teman Bumil dan mengakses newsletter-nya yang berharga.

Memilih asupan vitamin yang tepat dan gizi seimbang bagi ibu hamil adalah solusi cerdas untuk menjaga kehamilan agar lancar hingga persalinan sambil memastikan bayi lahir sesuai harapan. Bayi sehat dan terawat menjadi kebahagiaan istimewa sekaligus kebanggaan tersendri bagi orangtua karena telah memilihkan asupan terbaik untuk buah hati tercinta tanpa kompromi.

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s