4 Cara Atasi Imun Tubuh Menurun Bagi Guru Olahraga

Imun tubuh menurun dapat berisiko membuat kita terserang berbagai penyakit. Sistem imunitas atau daya tahan tubuh merupakan sistem kerja tubuh yang bertugas melawan penyakit. Namun, bagaimana jika sebagai guru olahraga imun tubuh menurun? Simak cara mengatasinya berikut ini.

1 | Lakukan Olahraga secara Teratur

Ketahanan tubuh merupakan kunci melindungi diri dari kuman maupun serangan organisme yang dapat mengakibatkan penyakit. Pada dasarnya, sistem kekebalan tubuh dapat bekerja amat efisien menghadapi musuh tersebut secara normal.

Berbagai penelitian menjelaskan jika olahraga terbukti efektif dalam meningkatkan imunitas tubuh. Ternyata olahraga yang dilakukan selama 30 menit tiap hari bisa meningkatkan kadar leukosit. Sel darah putih ini berfungsi untuk:

  • Meningkatkan kekebalan tubuh
  • Meningkatkan respon antibodi serta T Cell
  • Membinasakan bakteri yang masuk ke dalam tubuh

Dianjurkan Anda berolahraga di bawah sinar matahari pagi sembari menghirup udara segar. Namun, Anda juga dapat melakukan olahraga di dalam rumah. Misalnya zumba, yoga, maupun aktivitas lainnya. Agar makin semangat, Anda dapat mengikuti kelas olahraga secara online. Ini akan membuat waktu olahraga Anda dapat lebih efektif. Karena terdapat instruktur yang membantu memberi panduan. Manfaat zumba maupun olahraga jenis lainnya dapat membuat tubuh jadi terasa lebih bugar. Pastikan pula untuk senantiasa melakukan pemanasan sebelum melakukan olahraga, ya.

2 | Berjemur di Pagi Hari

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, berjemur ternyata memiliki manfaat bagi kekebalan tubuh. Namun, jika dilakukan secara tepat. Paparan ringan sinar matahari khususnya di jam antara 08.00-09.00 WIB maupun pukul 11.00-13.00 WIB dapat meningkatkan produksi vitamin D. Vitamin D juga bermanfaat menguatkan kekebalan tubuh. Cukup berjemur selama 10-15 menit. Dilakukan selama 2-3 kali dalam seminggu. Cara ini dapat dilakukan untuk menghasilkan vitamin D yang cukup. Langsung saja coba cara mengatasi imun tubuh menurun dengan cepat ini. Terutama bagi Anda yang tergolong jarang terpapar sinar matahari.

3 | Pastikan Istirahat serta Waktu Tidur yang Cukup

Cara mengatasi imun tubuh menurun yakni memastikan waktu istirahat serta tidur cukup. Pasalnya tidur mempunyai kaitan erat dengan ketahanan tubuh. Kualitas tidur yang tak memadai dapat berakibat pada kerentanan yang lebih tinggi pada penyakit.

Idealnya, orang dewasa membutuhkan 7 jam bahkan lebih tidur tiap malam. Anda dapat membatasi screen time selama 1 jam sebelum tidur jika merasa sulit tidur. Hal ini disebabkan, cahaya biru yang dipancarkan dari ponsel, televisi, serta komputer dapat mengganggu ritme sirkadian. Ritme ini merupakan siklus bangun-tidur alami di tubuh Anda.

Kiat tidur lainnya yakni tidur di ruangan yang benar-benar gelap. Anda juga bisa menggunakan masker tidur. Pastikan untuk tidur di waktu yang sama setiap malam. Ditambah berolahraga teratur untuk membantu meningkatkan imunitas.

4 | Mengonsumsi Makanan Kaya Vitamin serta Mineral

Cara meningkatkan kekebalan tubuh selanjutnya dengan memenuhi asupan makanan sehat kaya vitamin serta mineral. Pasalnya kekebalan tubuh secara menyeluruh juga tergantung asupan vitamin dan mineral secara optimal.

Untuk memperoleh asupan tersebut Anda dapat mengonsumsi karbohidrat, daging, sayur, buah, dan sebagainya. Langkah mudah untuk mengatasi imun tubuh menurun adalah dengan mengonsumsi rhea health tone. Jika sudah mencoba cara-cara di atas, kekebalan tubuh Anda akan lebih kuat. Anda pun dapat terhindar dari berbagai penyakit. Gunakan Rhea Health Tone untuk memaksimalkan imunitas Anda.

1 Comment

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s