Deretan AI Gaming Laptop Pilihan Arek-Arek Suroboyo: dari ASUS ROG Zephyrus G14 dan G16 hingga TUF Gaming A15

asus rog gaming laptop zephyrus tuf

“Kalau saya sih nyaranin pilih Zephyrus G16 karena layarnya udah pakai OLED. Apalagi buat animasi, sekalian bisa buat desain. Karena saya sendiri graphic designer, lulusan DKV,” ujar Nadia Sefia suatu sore yang sejuk. “Ini udah pake Intel® Core™ Ultra juga loh!” imbuhnya mantap sembari tersenyum.

Saya puas mendapatkan jawaban tentang jenis laptop apa yang cocok untuk dua kebutuhan sekaligus. Saya bilang kepadanya bahwa selama 10 tahun terakhir saya menikmati dunia graphic designing meskipun belum profesional. Di sisi lain, si bungsu punya hobi menggambar—baik manual maupun digital—yang bisa ditunjang dengan sebuah laptop powerful. Saya pengin punya laptop yang serbaguna, kuat diajak ngapain aja tanpa kompromi.

Maka kehadiran saya Minggu 17 Maret 2024 kemarin sangat saya syukuri. Bukan hanya bisa kongko bareng dengan teman-teman bloger Surabaya demi mempererat silaturahmi, tetapi juga mendapatkan informasi berharga tentang laptop gaming yang ternyata unggul untuk pekerjaan multitasking yang berat seperti pembuatan animasi, render video, dan pengerjaan desain grafis dengan kualitas mumpuni.

Mengenal ASUS ROG Gaming Laptop

Bersama puluhan bloger Surabaya lainnya, saya berkesempatan menghadiri #ROGGatheringSBY di Hotel Sheraton yang berada di kompleks Tunjungan Plaza Mall, Jalan Embong Malang. Sejak pukul 3 sore hingga selepas magrib kami bercengkerama untuk mengenal deretan ASUS ROG gaming laptop yang memang memesona.

Benar-benar momen ngabuburit yang bermakna. Acara berjalan santai dan menyenangkan. Apalagi diselingi dengan sesi kuis Kahoot! yan seru karena banyak hadiah. Semakin seru karena peserta gathering yang belum beruntung masih bisa meraup hadiah jutaan rupiah dari Reels Competition yang diumumkan di akhir acara. Belum lagi hidangan berbuka dengan menu buffet yang menggoyang lidah. Definisi silaturahmi pembawa berkah!

Muhammad Firman, head of PR ASUS Indonesia, menjelaskan revolusi ROG (Dok. pri)

Muhammad Firman, yang merupakan Head of Public Relations ASUS Indonesia, membuka presentasi dengan sejarah singkat Republic of Gamers (ROG) sebagai sub-merek ASUS yang khusus memproduksi perangkat lunak dan perangkat keras gaming terbaik di dunia. Menurut Firman, ROG dibentuk tahun 2006 dengan dirilisnya motherboard gaming pertama dengan nama Crosshair. Pada tahun berikutnya barulah diluncurkan laptop dalam jajaran ROG, yakni ASUS ROG G1/G2 Series.

Sejak saat itu muncullah milis fanatik Republic of Gamers dan sejumlah komunitas gaming di Indonesia yang kian memperkuat posisi ASUS sebagai pabrikan Taiwan yang melahirkan produk-produk inovatif yang dikenal karena performa dan kualitasnya yang mumpuni. Bukan cuma laptop, tapi juga kartu grafis, komponen sistem, dan tentu saja motherboard.

ROG makin berkibar karena sering mensponsori acara-acara gaming bertaraf internasional. Perangkat gaming ROG pun merebut hati para gamers pro di seluruh dunia baik untuk gaming harian maupun mencetak ratusan rekor sehingga menjadi pilihan ideal sampai saat ini. ASUS ROG terus berkomitmen untuk memproduksi perangkat keras andal untuk para hardcore gamers dengan performa PC inovatif yang memberikan pengalaman istimewa sebagai pelanggan setia.

Pilihan ASUS ROG gaming laptop Berteknologi AI

Makin sore makin gayeng. Dalam presentasi berikutnya, Nadia Sefira memaparkan satu per satu laptop gaming yang dibawa ke Surabaya dan bisa kami jajal hari itu. secara umum dia menuturkan bahwa semua gaming laptop dalam seri ROG ini sudah ditenagai oleh hardware generasi baru, dari CPU Intel® Core™ Ultra Series dan AMD Ryzen™ 8000 Series, juga GPU NVIDIA GeForce RTX™ 40 Series yang akan menjamin gaming antingelag atau tanpa stuttering.

Nadi Sefia memaparkan keunggulan Zephyrus series dan TUF Gaming laptop

Yang tak kalah pnting, Nadia memastikan bahwa CPU generasi terbaru pada deretan laptop ini telah dirancang khusus untuk mendukung pemrosesan Artificial Intelligence (AI) dengan hadirnya Neural Processing Unit (NPU) sebagai bagian dari CPU package. Yang paling menonjol berdasarkan pengamatan saya adalah desain fisik, ketipisan, dan bobot laptop-laptop tersebut.

Selain teknologi AI yang membuat kinerja kian optimal, di antara laptop-laptop yang diboyong ke Surabaya sore itu ada yang telah dilengkapi dengan layar OLED berteknologi VRR yang menghadirkan presisi warna tertinggi guna memproduksi konten, gaming, atau desain grafis—dan bahkan ada laptop entry level yang punya durabilitas tinggi berstandar US Military Grade.

ROG Zephyrus G16

Seri yang langsung bikin baper tentu saja Zephyrus, sebagaimana yang Nadia Sefira usulkan saat saya ajukan pertanyaan. Berkat presentasi PR ASUS ROG yang lincah tersebut, saya jadi tahu bahwa ROG Zephyrus G16 (GU605) laptop gaming paling ramping, sangat ringan, dan sangat powerful di dunia.

ASUS ROG Zephyrus G16, laptop gaming paling tipis dan paling ringan di dunia

Dengan bobot cuma 1,85 kg dan ketebalan sekitar 1,49 cm, bisa dibayangkan betapa nyaman dan asyiknya kalau kita bekerja dengan mobilitas tinggi tapi butuh laptop yang andal dengan teknologi AI. Yup, betul banget. Laptop ini diotaki oleh Intel® Core™ Ultra Series yang dilengkapi dengan NPU Intel® AI Boost, sengaja dirancang untuk meningkatkan kecepatan pemrosesan AI. Inilah laptop gamer sejati yang tipis dan enteng tanpa mengorbankan performa.

Mengapa saya naksir ROG Zephyrus G16? Sesuai namanya bentang layarnya luas yakni menggunakan screen 16 inci. Dengan kondisi begini, saya bisa nyaman saat menyunting naskah, me-layout buku, hingga merancang cover design. Layar yang lega tak akan membuat mata memicing, apalagi GU605 ini merupakan AI gaming laptop yang mengusung layar ROG Nebula Display dengan panel OLED.

Itu pun OLED-nya bukan yang biasa, melainkan mengadopsi teknologi variable refresh rate (VRR) besutan NVIDIA G-SYNC. Kalau sudah begini, bukan cuma gaming yang mulus tanpa tearing atau stuttering, tapi juga kepuasan menyusun sampul buku dengan warna-warna riil setajam aslinya sehingga presisi saat dicetak.

ROG Zephyrus G16 termasuk jajaran AI gaming laptop besutan ASUS yang dijalankan pada Windows 11, yang kita tahu merupakan sistem operasi terbaik untuk mendukung aktivitas gaming dan content creation saat ini. Setiap pembelian laptop tipe ini, kita bakal mendapat akses langganan gratis pada XBOX PC Game Pass selama tiga bulan. Mau dong main ratusan judul gim AAA terbaik kayak Starfield, Forza Horizon, juga Microsoft Flight Simulator tanpa perlu bayar lagi?

Modern dan berkelas

Sebagai laptop gaming paling tipis dan paling ringan,ROG Zephyrus G16 punya nuansa modern yang sangat berkelas. Hadir dalam CNC-machined chassis yang lebih ringan dan kokoh dibanding generasi sebelumnya, Zephyrus tipe ini jadi punya layout ekstra untuk keyboard dan sistem audio yang lebih baik. Dengan desain edge-to-edge keyboard, tombolnya jadi lebih besar dan jarak antartombol lebih rapat guna meningkatkan kenyamanan kita sebagai pengguna. Termasuk touchpad yang jauh lebih besar untuk mendukung navigasi dan kontrol yang lebih leluasa.

Bagaimana dengan mutu audio? Saya langsung memutar cuplikan film dan podcast di Youtube untuk mendengarkan kejernihan suaranya. Berkat teknologi audio dari Dolby Atmos dan speaker yang 25% lebih besar, kualitas audio pada ROG Zephyrus G16 (GU605) sangat memuaskan, yakni suaranya 40% lebih kencang—sangat pas buat ngegame biar menggelegar. Pokoknya siap diadu dengan sisi audio gaming laptop 16-inci di kelasnya.

Perhatikan jernihnya suara saat podcast diputar pada Zephyrus G14 berikut ini. Nah, tata suara pada G16 sama dahsyatnya apalagi untuk menjalankan game gahar untuk menciptakan nuansa kuat segingga pengalaman lebih imersif.

Kejutan lain pada ROG Zephyrus G16 adalah fitur Slash Lighting, yaitu lampu LED indikator eksklusif yang terletak di balik layar laptop. Waktu diangkat atau divideo, akan terlihat jelas lampu LED yang berjalan, sangat cantik dan stylish. Uniknya, Slash Lighting ini bisa dikustomasi sehingga pola tertentu akan terlihat dengan menggunakan aplikasi Armoury Crate yang juga sudah terpasang di tipe tersebut.

Dilengkapi AI, bukan sembarang gaming laptop

Yang paling eksklusif tentu saja kehadiran ROG Zephyrus G16 sebagai salah satu laptop gaming pertama di Indonesia dengan otak prosesor Intel® Core™ Ultra Series yang telah dibekali oleh Ryzen AI. Fitur ini mengkombinasikan CPU, GPU, dan NPU untuk mengakselerasi performa pemrosesan AI.

Keunggulan inilah yang menjadikan ROG Zephyrus G16 (GU605) sebagai AI gaming laptop. Intel® Core™ Ultra Series menyulap ROG Zephyrus G16 menjadi laptop dengan performa yang lebih superior dibanding pendahulunya, dan pada saat yang sama lebih optimal serta efisien dalam pemrosesan AI.

“Yang membedakan prosesor Intel® Core™ Ultra Series dengan Intel Core i sebelumnya adalah Intel Core Ultar ini sudah dilengkapi dengan teknologi AI,” ujar Firman menambahkan di sesi tanya jawab.

Tipis dan ringan, Zephyrus G16 tampil optimal dengan dukungan AI.

Jadi jangan heran kalau ROG Zephyrus G16 bisa berfungsi sebagai mesin gaming yang powerful dan andal meskipun desainnya sangat ramping dan bobotnya ringan. Seperti kata Nadia, fitur dan jeroan Zephyrus G16, terutama GPU dan NVIDIA GeForce RTX 4080 membuat tipe laptop ini bisa dipakai untuk beragam kebutuhan, terutama grafis di dalam game, juga mengakselerasi pemrosesan encoding dan rendering pada aplikasi kreatif seperti desain grafis dan animasi dengan dukungan teknologi AI.

Karena gaming dan designing biasanya dikerjakan dalam waktu lama, maka isu pemanasan sangat penting ditangani. ROG Zephyrus G16 sudah dibekali dengan sistem pendingin ROG Intelligent Cooling dengan dukungan tri-fan technology dan liquid metal yang berfungsi sebagai thermal compound pada CPU dan GPU-nya. Bahkan ASUS telah membenamkan sistem pendingin berbasis vapor chamber demi pendinginan yang lebih optimal pada varian yang menggunakan GPU NVIDIA GeForce RTX 4080.

World’s 1st OLED Gaming Laptop with VRR

Finnaly, keunggulan utama ROG Zephyrus G16 yang enggak mungkin bisa dilewatkan adalah teknologi layar yang mengadopsi ROG Nebula Display. Zephyrus G16 hadir dengan panel OLED yang sudah dibekali teknologi variable refresh rate (VRR) melalui NVIDIA G-SYNC. Bekal layar OLED dengan VRR akan menjamin pengalaman gaming tanpa tearing atau stuttering karena warna jelas dan tidak silau.

Penggunaan layar OLED memastikan tingkat reproduksi warna yang lebih tinggi dan akurat dengan color gamut 100% DCI-P3 serta delta-E < 1. Bukan cuma itu, layar OLED di ROG Zephyrus G16 (GU605) dihadirkan dengan rasio kontras sangat tinggi, terbukti dari keberhasilan menyabet sejumlah sertifikasi standar industri, yang mendukung teknologi HDR. Puncaknya, response time cuma 0.2 ms yang jauh lebih cepat dibanding layar laptop gaming pada umumnya. Libas habis!

Specs lengkap dan harga Zephyrus G14



Main Spec.
ROG Zephyrus G16 (GU605)
CPUIntel® Core™ Ultra 9 Processor 185H 2.3 GHz (24MB Cache, up to 5.1 GHz, 16 cores, 22 Threads) Intel® Core™ Ultra 7 Processor 155H 1.4 GHz (24MB Cache, up to 4.8 GHz, 16 cores, 22 Threads)
Operating SystemWindows 11 Home
Memory2x16GB LPDDR5X 7467 2x8GB LPDDR5X 7467
Storage1TB PCIe® 4.0 NVMe™ M.2 SSD
Display16-inch ROG Nebula Display, OLED, 2.5K (2560 x 1600) 16:10, 240Hz, 0.2ms, 100% DCI-P3, Delta-E < 1, PANTONE Validated, 500nits, VESA CERTIFIED Display HDR True Black 500, Low Blue Light, Anti-Flicker, G-SYNC
NPUIntel® AI Boost
GraphicsNVIDIA® GeForce RTX™ 4080 NVIDIA® GeForce RTX™ 4070 NVIDIA® GeForce RTX™ 4060 NVIDIA® GeForce RTX™ 4050
Input/Output1x Thunderbolt™ 4 support DisplayPort™ / power delivery, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C support DisplayPort™ / power delivery, 2x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 1x card reader (SD) (UHS-II, 312MB/s), 1x HDMI 2.1 FRL, 1x 3.5mm Combo Audio Jack
ConnectivityWi-Fi 6E(802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth® 5.3
CameraFHD camera with IR, support Windows Hello
Audio4-speaker (dual force woofer) system, 2 Tweeters, AI noise-canceling technology, Dolby Atmos, Hi-Res certification, Smart Amp Technology
Battery90WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion
Dimension35.4 x 24.6 x 1.49 ~ 1.64 cm
Weight1.85 Kg
ColorEclipse Gray
PriceRp32.999.000 (Core Ultra 7 / RTX 4050 / 16GB / 1TB) Rp36.999.000 (Core Ultra 9 / RTX 4060 / 16GB / 1TB) Rp41.999.000 (Core Ultra 9 / RTX 4070 / 32GB / 1TB) Rp53.999.000 (Core Ultra 9 / RTX 4080 / 32GB / 1TB)
Warranty2 Tahun Garansi Global dan 1 Tahun ASUS VIP Perfect Warranty

ROG Zephyrus G14

Kalau sobat BBC-Mania ingin laptop gaming dengan layar lebih kecil, silakan pertimbangkan ROG Zephyrus G14. Sesuai namanya, laptop ini berlayar 14 inci dan juga termasuk laptop gaming dengan dukungan teknologi AI yang performanya gegas, powerful, dan andal dengan desain tak kalah chic, sangat tipis, dan bobot yang ringan.

ROG Zephyrus G14, tipis dan menawan sebagai AI gaming laptop

Zephyrus G14 adalah AI Gaming Laptop dengan bobot hanya 1,5 kg, ketebalan 1,59 cm, dan hadir dengan layar OLED berteknologi VRR sebagaimanya kakaknya G16. Prosesor yang digunakan adalah AMD Ryzen™ 8040 Series dengan Ryzen™ AI, siap diajak begadang bikin desain, animasi, maupun gaming!

ROG Zephyrus G14 menjamin pemrosesan AI yang lebih optimal dengan bekal layar ROG Nebula Display dan prosesor mumpuni. Kapan lagi bisa menggunakan panel OLED, didukung teknologi G-SYNC® untuk kualitas visual dan pengalaman gaming terbaik.

Specs lengkap dan harga Zephyrus G14



Main Spec.
ROG Zephyrus G14 (GA403)
CPUAMD Ryzen™ 9 8945HS Processor 4GHz (24MB Cache, up to 5.2 GHz, 8 cores, 16 Threads) AMD Ryzen™ 7 8845HS Processor 3.8GHz (24MB Cache, up to 5.1 GHz, 8 cores, 16 Threads)
Operating SystemWindows 11 Home
Memory2x8GB LPDDR5X 6400
Storage1TB PCIe® 4.0 NVMe™ M.2 SSD
Display14-inch ROG Nebula Display, OLED, 3K (2880 x 1800) 16:10, 120Hz, 0.2ms, 100% DCI-P3, Delta-E < 1, PANTONE Validated, 500nits, VESA CERTIFIED Display HDR True Black 500, Low Blue Light, Anti-Flicker, G-SYNC
NPUAMD Ryzen™ AI up to 39 TOPs
GraphicsNVIDIA® GeForce RTX™ 4060 NVIDIA® GeForce RTX™ 4050
Input/Output1x Type C USB 4 support DisplayPort™ / power delivery, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C support DisplayPort™, 2x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 1x card reader (microSD) (UHS-II), 1x HDMI 2.1 FRL, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, 1x HDMI 2.1 FRL, 1x 3.5mm Combo Audio Jack
ConnectivityWi-Fi 6E(802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth® 5.3
CameraFHD camera with IR, support Windows Hello
Audio4-speaker (dual force woofer) system, 2 Tweeters, AI noise-canceling technology, Dolby Atmos, Hi-Res certification, Smart Amp Technology
Battery73WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion
Dimension31.1 x 22.0 x 1.59 ~ 1.63 cm
Weight1.5 Kg
ColorEclipse Gray, Platinum White
PriceRp29.999.000 (Ryzen 7 / RTX 4050 / 16GB / 1TB) Rp34.999.000 (Ryzen 9 / RTX 4060 / 16GB / 1TB)
Warranty2 Tahun Garansi Global dan 1 Tahun ASUS VIP Perfect Warranty

TUF Gaming A15

“Wah, masih belum ramah di kantongku Mas kalau melirik Zephyrus G14 dan G16. Ada enggak yang lebih terjangkau buat gamers?” Tenang, ASUS juga meluncurkan TUF Gaming A15 (FA507U) sebagai AI-powered gaming laptop paling terjangkau di Indonesia.  

TUF Gaming A15 menggunakan prosesor AMD Ryzen™ 8040 Series yang telah dibekali oleh Ryzen AI, fitur yang mengombinasikan CPU, GPU, dan NPU untuk mengakselerasi performa pemrosesan AI. Kehadiran prosesor AMD Ryzen™ 8040 Series membuat TUF Gaming A15 (FA507U) tampil dengan performa lebih superior dibanding pendahulunya, sekaligus lebih optimal serta efisien dalam pemrosesan AI.

TUF Gaming A15, AI gaming laptop termurah dari ASUS

Selain itu, TUF Gaming A15 (FA507U) makin keren dengan dukungan GPU modern untuk mengakselerasi performa grafis dan AI lebih jauh lagi. Memakai GPU hingga NVIDIA GeForce RTX 4070, TUF Gaming A15 menjamin kemampuan menjalankan semua game AAA modern terbaru. Bukan cuma itu, kebutuhan eksperimen AI seperti aplikasi content generation secara offline atau bahkan melakukan training AI pun bisa terpenuhi dengan laptop gaming termurah ini.

Untuk menjaga agar gaming nyaman dengan mesin dingin, ASUS membekali TUF Gaming A15 dengan sistem pendinginan canggih menggunakan dua kipas untuk menangani berbagai beban kerja. Jadi, mau gaming, content creation, sampai ekperimen AI semua akan lancar jaya. Apalagi disematkannya MUX Switch guna memaksimalkan performa GPU dan memungkinkan fleksibilitas lebih bagi para pengguna, TUF Gaming A15 adalah solusi sejati.

Superawet dengan US Military Grade durability

Dalam membuat laptop gaming, ASUS tak pernah berkompromi dengan kualitas. Termasuk TUF Gaming A15 ini yang dirancang untuk mampu memberikan performa gaming terbaik dengan durabilitas atau daya tahan mumpuni.

Walaupun termasuk laptop entry-level untuk gaming, TUF Gaming A15 sudah mengantongi sertifikasi lolos uji ketahanan berstandar militer AS (US Military Grade MIL-STD-810H). tak banyak laptop di dunia yang mendapatkannya. Bahannya solid dan desain bodinya lebih tanggguh dibanding kompetitornya sehingga cocok dibawa untuk gaming di mana saja tanpa takut rusak karena mobilitas tinggi.

Performa tanpa jeda

TUF Gaming A15 solid! Dok. anggraenisepti dot com

TUF Gaming A15 layak dipinang sebagai mesin gaming andal bukan hanya karena harganya yang terjangkau, tetapi lantaran dukungan otak berupa prosesor AMD Ryzen™ 9 8945H yang dilengkapi dengan konfigurasi 8 core dan 16 thread dengan clock speed hingga 5,2GHz. Dengan memori DDR5 5600 berkapasitas 16GB dan penyimpananan PCIe Gen4 SSD berkapasitas 1TB, Ai laptop gaming ini adalah pilihan solutif untuk gaming asyik tanpa merogoh kocek terlalu dalam. Apalagi memori dan penyimpanan TUF Gaming A15 ini bisa ditingkatkan untuk menciptakan gaming atau content creating lebih leluasa dengan ruang lebih lega.

Asyiknya lagi TUF Gaming A15 (FA507U) ditawarkan dalam dua varian. Pertama, tipe dengan GPU NVIDIA GeForce RTX 4060 dan RTX 4070. Dikombinasikan dengan prosesor, memori, dan penyimpanan yang bermutu, AI gaming laptop ini akan berjalan dengan powerful cukup dengan mahar mulai Rp23.999.000.

Kalau masih ngebet punya ASUS gaming laptop berbasis AI, tenang kawan. Dengan dana terbatas, kita bisa memboyong TUF Gaming A15 (FA506N) untuk kalangan mendang-mending. Seri FA506N ini diotaki AMD Ryzen™ 5 7535HS dengan konfigurasi 6 core dan 12 thread dengan clock speed hingga 4,55GHz. Selisihnya tipis tapi kinerja bakal manis. Adapun pilihan GPU-nya ada NVIDIA GeForce RTX 2050 atau RTX 3050. Tipe terjangkau ini bisa dibeli dengan harga mulai Rp12.049.000. Mau dong?



Main Spec.
TUF Gaming A15 (FA507U)
CPUAMD Ryzen™ 9 8945H Processor 4GHz (24MB Cache, up to 5.2 GHz, 8 cores, 16 Threads)
Operating SystemWindows 11 Home
Memory16GB DDR5 5600
Storage1TB PCIe® 4.0 NVMe™ M.2 SSD
Display15.6-inch FHD (1920 x 1080) 16:9, 144Hz, 3ms, 100% sRGB, G-Sync, 250 nits, IPS-Level
GraphicsNVIDIA® GeForce RTX™ 4070 NVIDIA® GeForce RTX™ 4060
NPUAMD Ryzen™ AI up to 39 TOPs
Input/Output1x RJ45 LAN port, 1x Type C USB 4 support DisplayPort™, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C support DisplayPort™ / power delivery / G-SYNC, 2x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1x HDMI 2.1 FRL, 1x 3.5mm Combo Audio Jack
ConnectivityWi-Fi 6(802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth® 5.3
Camera720p HD Camera
AudioAI noise-canceling technology, Dolby Atmos, Hi-Res certification
Battery90WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion
Dimension25.1 x 35.4 x 2.24 ~ 2.49 cm
Weight2.2 Kg
ColorMecha Grey
PriceRp23.999.000 (Ryzen 9 / RTX 4060 / 16GB / 1TB) Rp26.999.000 (Ryzen 9 / RTX 4070 / 16GB / 1TB)
Warranty2 Tahun Garansi Global dan 1 Tahun ASUS Perfect Warranty

Gathering Ramadan penuh berkah

ROG Gathering Surabaya ditutup dengan berbuka puasa yang sangat istimewa. Menu-menu tersaji, mulai dari appetizer, main course, sampai dessert semuanya enak. Saya tentu saja memungut kurma sebagai pembuka. Lalu ada es cendol yang nangkanya nagih banget. Apalagi jamu khas Nusantara yang kaya rempah, oh sedapnya. Untuk lauk lainnya, maaf tak sempat diabadikan dalam kamera, hehe.

Sambil menikmati aneka kudapan, Bang Firman dan Nadia mengumumkan para pemenang kuis Kahoot! dan Reels Competition. Mereka yang beruntung diundang ke depan untuk berpose bersama. Lumayan semringah wajah mereka karena saldo e-wallet akan segera terisi, haha.

Pemenang Reels competition berhadiah jutaan rupiah
Para pemenang kuis Kahoot!

Memang Tuhan Mahaadil, semua pemenang adalah wanita. Hadiah bisa dimanfaatkan untuk belanja sembako atau pesan makanan lewat aplikasi karena saat ini bahan pangan sedang mahal. Dan bukan ASUS namanya kalau enggak kasih izin buat peserta bungkus sisa lauk/sajian yang ada. Petugas Sheraton sigap mengambilkan thinwall container atau boks untuk mengemas makanan.

“Lumayan buat sahur nanti,” kata Fiona yang duduk tempat di belakangku.

Alhamdulillah, semua bahagia. Berkah Ramadan untuk para bloger Surabaya. Terima kasih kepada ASUS yang mengumpulkan kami di bulan bahagia, semoga next time bisa kumpul lagi–masing-masing bawa laptop gaming yang dipresentasikan. Minimal TUF Gaming A15. Yeay!

1 Comment

Tinggalkan jejak