Weekly Photo Challenge: Merge

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), beberapa arti kata merger adalah sebagai berikut.

1 penyatuan usaha sehingga tercapai pemilikan dan/atau pengawasan bersama; penggabungan:
2 penggabungan dua atau lebih perusahaan di bawah satu pemilikan; dan
3 pengambilalihan seluruh aktiva dan pasiva yg dimiliki suatu perusahaan untuk digabungkan dng perusahaan yg mengambil alih atau perusahaan yg baru;

Ketiga pengertian itu hanya mencakup dimensi ekonomi atau bisnis semata. Sedangkan menurut kamus Oxford Advanced Learner’s Dictionary (OALD) edisi kedelapan, kata merge yang merupakan asal kata merger juga meliputi makna “persatuan dua benda/hal sehingga perbedaan antara dua hal itu pun lambat laun memudar dan hilang sampai-sampai tak mungkin lagi dipisahkan.” Contoh yang disajikan adalah:

Perbukitan itu menyatu dengan langit gelap yang ada di belakangnya.


Kata merge sendiri berasal dari bahasa Latin mergere yang berarti ‘mencelupkan’. Intinya, ketika dua hal atau benda melakukan merger, maka keduanya berpadu dan saling bergantung serta menguatkan. Keduanya membutuhkan satu sama lain. Tidak ada yang lebih kuat dan tidak ada yang dianggap lebih lemah. Dan inilah tafsiran saya mengenai kata merge, yang hadir dalam jepretan foto sederhana!

Terikat ke pagar

Dari gambar ini jelaslah bahwa kedua benda itu sama-sama memerlukan kegiatan merger. Si sepeda membutuhkan pagar untuk menjaga dirinya, sedangkan si pagar butuh si sepeda agar ia layak disebut pagar yang berfungsi menjaga barang/benda yang disandarkan padanya.

Saya mengikatkan sepeda ini erat pada pagar karena khawatir hilang. Walau harga sepeda ini tidak mencapai angka fantastis, namun saya sangat memerlukannya untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Dan oleh karena itu, saya perlu memastikan ia terjaga dengan aman berkat kehadiran si pagar yang berdiri kokoh. Foto ini diambil sehari sebelum malam takbiran, tepatnya pada momen shalat Jumat di kompleks tempat saya tinggal. Saat-saat menjelang lebaran adalah waktu yang berbahaya. Orang cenderung lapar mata dan membawa lari apa saja yang mudah diuangkan dengan cepat. Si ‘Pinky’ ini tentu masuk hitungan 🙂

Ini merger yang pertama: antara sepeda dan pagar.

Tiga hari setelah istri saya melahirkan anak kami yang kedua, sepeda motor kesayangan kami dicuri orang. Dan selayaknya orang yang kehilangan ‘kaki tangan’, saya pun segera berpaling ke sepeda kayuh sebagai gantinya. Sepeda yang awalnya saya beli untuk istri. Sejatinya, sepeda ini belum pernah dipakai. Hanya terparkir di ruang belakang.

Kini sepeda ini adalah kawan baru saya. Saya membutuhkannya sebagai fasilitas dan ia memerlukan saya agar ia berfungsi sebagai sepeda yang membantu manusia. Ia layak disebut sepeda tatkala ia sudah dikayuh dan meringankan beban berat penggunanya menjadi ringan.

Ini merger yang kedua: antara sepeda dan saya.

Banyak hal dalam hidup yang melibatkan makna merger. Namanya bisa beragam: pernikahan, persahabatan, pekerjaan, dan sebagainya.

Bagaimana dengan Anda?

Advertisements

3 thoughts on “Weekly Photo Challenge: Merge

  1. Saya datang disini juga ikut membawa misi merger
    saya akan bisa mendapat bahan untuk dibaca bila ada tulisan ini begitu pula tulisan ini akan ada fungsinya sebagai tulisan apabila ada yang baca…

    wahahahaha… maksa.com

    Like

    1. Betul Mas. Setuju. Tulisan tanpa kehadiran pembaca yang mau membaca hanya akan menjadi deretan kata-kata sunyi yang tidak punya makna dan manfaat. Ketika ada yang sudi memaknai suatu tulisan, terjadilah simbiosis mutualisme antara keduanya; yang satu butuh bacaan, yang lain butuh dibaca. Suatu teks jadi punya arti kalau ada yang memberi makna…Ini ngomongin apaan sih. Bahas sepeda aja jadi ngelantur gini haha..

      Gimana kalo Ngagel dimerger sama Biliton Mas? 😀

      Like

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s