Akhirnya Harmoni Lahir [Proyek Buku Puisi yang Tertunda]

Alhamdulillah, akhirnya proyek WB nulis berhasil menelurkan satu buku antologi alias buku keroyokan. Buku yang mengusung HARMONI sebagai judul sementara ini berisi himpunan 32 penulis yang menjadi anggota Warung Blogger.

Harmoni tampil dalam lima keping yang dipisahkan oleh lima tema besar: religi, ibu, lingkungan, sosial, dan cinta tanah air. Seperti bisa diduga, puisi bertema religi sangat mendominasi kiriman peserta. Sedangkan puisi bertema cinta tanah air berada di urutan terbawah dalam hal jumlah peminat. Mungkinkah ini pertanda bahwa warga WB tidak atau kurang cinta tanah air mereka? Tentu terlalu pagi untuk menyimpulkannya. Yang jelas, mereka prihatin menyoroti berbagai peristiwa di tanah air yang jelas masih mereka cintai setengah sepenuh hati.

Harmoni?
Mengapa Harmoni? Harmoni berarti selaras dan serasi. Manusia hidup harus seimbang dalam berbagai hal, baik yang fisik, mental dan spiritual. Selain mencintai Tuhan, mereka juga wajib mencintai manusia lain dalam batas-batas yang telah ditentukan. Sebagai blogger, para penulis juga merupakan individu yang hidup di alam nyata dan memiliki peran beragam. Semuanya harus harmonis dan seimbang.

Saya selaku PJ puisi memohon maaf bila waktu pengerjaan berjalan begitu lama. Mungkin hampir setahun, sejak Mei 2013 hingga awal Januari 2014. Harap maklum, mengingat ini merupakan proyek nirlaba dan dikerjakan di sela ke(sok)sibukan saya, maka Harmoni baru bisa hadir sebulan ke depan. Menghimpun ratusan puisi dan memecah-mecahnya ke dalam lima tema besar serta me-layout-nya cukup memeras cucian keringat.

Berikut adalah 32 nama (tersusun alfabetis) yang menghiasi HARMONI: antologi puisi warung blogger. [judul dan desain sampul bersifat tentatif menurut kesepakatn para kontributor]

Terima kasih kepada Pakdhe Cholik yang mengizinkan karya cucunya Bella Matindas untuk dijadikan sebagai latar sampul sehingga tampil menawan dan sublim layaknya kumpulan puisi betulan (emang main-main?)
cover puisi

Abdul Cholik
Achmad Edi Goenawan
Achmad Rifaldi
Akhmad Muhaimin Azzet
Bunda Lily
Dewi Fatma
Ea Lisnawati
Harmadi Halil
Hikmat Firmansyah
Kevinevans
Lea
Lianny Hendrawati
Mechta Deera
Menara Larasati
Mugniar
N. Kirana
Noorma Fitriani
Nova Violita
Nur Aini Iswati
Nurudin Abi Sabila
Palupi Jatuasri (Phie)
R. Zabriansyah Hakim
Sang Shafa
Shofie Akmala Luthfie
Sukadi Brotoadmojo
Sunardi
Syahrijati Rahmat
Tita Kurniawan
Tiwwi Widyawati
Vera Astanti
Zuhanna Anibuddin Zuhro
Zulfa Nurul

Hingga tenggat penyerahan puisi ternyata beberapa peserta belum menyertakan biodata atau akun FB sehingga saya harus mencari-cari sendiri ala Sherlock Holmes. Oleh karena itu, bagi nama-nama di atas harap mengirimkan biodata dalam bentuk naratif (bukan poin-poin) serta foto diri santai ke email: rudygaswan@gmail.com.

Terima kasih dan selamat!

Advertisements

86 thoughts on “Akhirnya Harmoni Lahir [Proyek Buku Puisi yang Tertunda]

    1. Siap catat Mas. Moga-moga bisa bulan depan siap dipesan ya. Masih dirapikan isinya sebelum dicetak. Saya mengusulkan koordinator agar bisa mengabil beberapa puisi lagi. Tebalnya sekitar 130an halaman. Pengennya 150 halaman gitu 😀 Minat nyumbang puisi, Mas?

      Like

  1. Alhamdulilah….
    akhirnya muncul juga…. senang rasanya… namaku ikut tampil, tapi ada deg-degan juga… hmmm pasti tulisan teman-teman pada bagus-bagus…, terimakasih mas Rudi…, ntar tak cari foto paling santai dulu ya…he2

    Like

  2. alhamdulillah… nyangkut disini juga…. trimakasih utk kerja kerasnya PJ & teman2 mewujudkan antalogi ini ya… semoga lancar penerbitannya & dapat bermanfaaat sesuai harapan.. 🙂

    Like

  3. Aku pesen bukunya aja ya, kemarin itu sama sekali ngga ikutan proyek buku webe ini.

    Selamat buat yang terpilih.

    Like

    1. Terima kasih, Teh Dey. Untuk tema lain juga ga sempat ikut ya? Semoga kali lain bisa ikut menyumbang tulisan Teh. Untuk saat ini menyumbang amal aja ya. Nanti begitu siap cetak, kami kabari.

      Like

  4. Alhamdulillah, berhasil lolos dari saringan *eh 😀
    Gak sabar pengen baca karya ini, pasti berwarna seperti ramainya Warung Blogger :mrgreen:
    Terima kasih, Om Belalang 😀

    Like

  5. Syukurlah, setelah sekian lama dlm penantian yang nyaris tak kunjung datang, hehe…Terimakasih terutama buat pak belalang yang telah meloloskan karya saya, hehe…Salam damai buat semua ah…hmm…

    Like

    1. Iya Mbak Rahmi. Lukisan yang dipakai itu goresan Bella cucu pakdhe yang memang hobi melukis. Ke mana-mana konon mamanya selalu mendapat tugas untuk menjinjing palet dan cat. Bahkan sampe bawa tas kresek 😛 Buku tema lain yang sudah siap terbit parenting dan cerpen Mbak. Mbak Rahmi ikut yang mana?

      Like

      1. Biodatanya kira-kira begini Mbak:
        Zulfa Nurul Alawiyyah atau dikenal juga dengan zoellula, lahir di … pada pagi hari. Perempuan penyuka warga hijau ini sangat menyukai ….., dan memiliki hobi yg sangat unik, yaitu ….. Selain aktif di …, ia juga ….

        Jadi tak perlu menggunakan kata ganti pertama, saya, aku, atau gue. Demikian saya tunggu foto dan biodata Anda Mbak 🙂

        Like

  6. Alhamdulillah……………..sangat bahagia dan merasa terhormat nama bunda ada disini, terimakasih banyak ya Mas.

    Semoga ketika buku kumpulan puisi ini terbit, bisa memberi manfaat bagi yang kebetulan membaca dan menikmatinya.
    Segera bunda kirimkan biodata dan foto.

    Salam

    Like

    1. Iya Mas, mohon maaf proyek ini tertunda hingga beberapa bulan ke belakang. Semoga bisa segera cetak begitu data dan foto semua kontributor terkumpul 🙂 Terima kasih telah turut serta dalam proyek amal ini Mas.

      Like

  7. alhamdulillah….tak lupa kuucapkan, meski aku tak ikut berpartisipasi, mudah2an puisinya menginspirasi semua orang, dan yang sangat diharapkan semoga bukunya membawa berkah alias laku keras….jangan lupa bagi-bagi angpaonya ya hahahahaaaaaa

    Like

  8. Alhamdulillaah…., senang sekali saya membaca postingan ini.
    Apalagi tuh cover, mantaaaap…. berasa sastranya deh ini buku.
    Salut banget sama Bella. Salut juga sama Mas Belalang yang ngeh sama itu lukisan untuk dijadikan cover.

    Like

    1. Akan lebih senang nanti ketika sudash jadi buku ya Kangmas. Apalagi terus borong buat anak-anak TPA Muhtadin hehe. Buat amal toh hasilnya hehe.

      Sejak awal Pakdhe mengunggah lukisan Bella itu, langsung saya simpan di komputer. Rasa-rasanya bagus untuk sesuatu suatu hari kelak. Eh, ternyata berjodoh sama HARMONI anak-anak WB, makin harmonis hati saya ga perlu susah2 cari gambar buat sampul 😀

      Like

  9. Selamat ya Mas atas kelahiran buku puisinya. Semoga karya ini bermanfaat bagi sesama. Lukisan Bella keren banget ya..Pakde pasti bangga 🙂

    Like

    1. Terima kasih, Uni. Akhirnya proyek amal teman-teman WB terwujud juga dalam bentuk buku. Hampir delapan bulan mengapung entah di mana, heheu. Jangan lupa beli ya Uni kalau dah dicetak–itung2 buat amal, teuteup 😀

      Kali pertama lihat sapuan kuas Bella, saya langsung suka dan bisa menangkap bakat seni mendalam. Tentulah Pakdhe sangat bangga. Walaupun itu berarti Mbak Sandy harus rela menjinjing kantong kresek berisi alat-alat lukis ke mana-mana sebagai asisten, haha 😀 Lucunya si Bella 😉

      Like

  10. selamat buat buku antologi puisinya semoga memberi manfaat buat para penulis dan pembacanya:)
    selamat juga buat PJnya, kerja kerasnya sudah membuahkan hasil..:)

    Like

    1. Buku puisinya masih nunggu biodata teman-teman yang belum kirim foto juga. Nanti begitu siap dipesan, akan saya umumkan di sini. Terima kasih atas minatnya untuk turut beramal dengan membeli buku ini. 🙂

      Like

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s