Blogger Punya Mimpi: Antologi Cerpen Warung Blogger Siap Dipesan!

Judul: Blogger Punya Mimpi
Penulis: Rinrin, Carolina Ratri, dkk.
ISBN: 978-602-14595-3-9
Penerbit: Sixmidad
Penyunting: Rinrin Indrianie
Perancang Sampul: @RedCarra
Layout isi: SixmidArt
Tahun Terbit: Cetakan Pertama, Januari 2014
Harga: Rp35.000
Tebal: x + 136

bpm
Kurang lebih setahun lalu ide menyusun buku anggota Warung Blogger (WB) dilontarkan. Tanggal 18 Februari 2013 Komandan Blogcamp, yang juga sesepuh WB, menurunkan tulisan di blognya yang berisi pancingan menulis buku keroyokan atau antologi bagi anggota warung. Dengan anggota mendekati 2.000 orang, Pakdhe dengan provokatif menuturkan bahwa warga WB harusnya mampu menghasilkan buku setebal 5.988 halaman dengan asumsi setiap member menulis dua halaman saja.

Postingan kompor ini, sebagaimana postingan lain Pakdhe, segera diserbu puluhan komentar. Sebagian besar merasa terlecut dan ingin menyumbangkan karya mereka untuk mengisi 30 kategori tema yang ditawarkan. Gayung pun bersambut. Beberapa nama lalu mengajukan diri atau rela ditunjuk sebagai desk officer atau penanggung jawab pengumpulan naskah. Iming-iming Pakdhe bahwa membukukan karya antologi ini sebagai media berlatih menulis pun tak sia-sia.

Ngopi online
WB memang grup facebook yang unik. Selain anggotanya yang kini mendekati 5.000 orang, warga yang tergabung di dalamnya juga berasal dari aneka komunitas, hobi, dan usia. Namun mereka jelas doyan ngeblog dan gemar menulis. Setiap hari mereka bebas meninggalkan tautan tulisan dari blog atau sekadar menyapa dan β€œngopi”. Betul-betul santai dan tak ada sekat walaupun tetap dibatasi aturan oleh sekian admin yang bertugas. Gayeng, itulah kata yang pas. Anda yang sedang ikut kontes blog dan butuh dukungan, warga WB siap menggeruduk dengan jempol atau komentar. Sekadar tanya tentang soal lain dan remeh pun tak dilarang asalkan tetap sopan. WB adalah keluarga baru para blogger.

Perjalanan BPM
Blogger Punya Mimpi (BPM) sebagai karya perdana anggota WB tidak lahir dalam semalam. Orin yang kemudian ditugaskan menggawangi kategori ini dengan sabar menanti cerita demi cerita dari warga warung. Prosesnya terbilang panjang, diselingi aktivitas di dunia nyata, hingga akhirnya kini terbit dan siap dipesan. Memasuki awal tahun ini, naskah yang sempat tertunda selama delapan bulan itu pun dibuatkan desain cover (oleh Mak Carra), di-layout, dan disunting agar tampil menjadi buku yang ciamik. Dan voila! BPM akhirnya berhasil berubah wujud menjadi buku keren dengan isi yang mantab.

Awalnya sebuah mimpi, lalu ....

Awalnya sebuah mimpi, lalu ….


Layak dibeli dan dikoleksi
BPM bukan sekadar kumpulan cerpen biasa. Sebagaimana judulnya, di dalamnya kita disuguhi kisah-kisah kuat tentang mimpi serta perjuangan anak manusia dalam menghadapi geliat kehidupan. @RedCarra misalnya berhasil menyihir dengan cerita yang membumi dan aktual. Cerita dikisahkan dengan lancar, terjaga iramanya, cantik narasinya, dan pesan yang dalam. Bahasanya mudah dipahami dan tak terlalu panjang sehingga enak dinikmati sambil menyeruput secangkir kopi. Penasaran? Yuk baca langsung untuk menyerap isinya. Kita dijamin terhibur dan tercerahkan.

Berapa duit sih?
Dengan merelakan Rp35.000 (belum termasuk ongkir), Sobat bisa menikmati suguhan istimewa dari para anggota WB dalam bentuk karya fiksi. Ceritanya yang beragam didukung dengan gaya bahasa yang khas masing-masing penulis bakal memperkaya khazanah pikiran kita tentang makna hidup dan hal-hal yang terluput oleh pandangan kita.

Tertarik? Anda cukup mengontak Orin sebagai DO untuk memesan. Silakan mengunjungi blognya atau cukup mengirim pesan singkat ke 0857.108.170.89.

Manfaat beli BPM
Memang apa sih manfaat membeli buku ini? Sobat tak perlu khawatir. Dengan merogoh uang yang tak begitu besar, Anda sudah bisa berinvestasi untuk dunia dan akhirat. Oh ya? Tentu saja. Setelah membaca BPM, Sobat bisa menjadi individu baru, berkaca pada cerita, dan belajar tentang penulisan cerita pendek yang efektif. Selain itu, seluruh keuntungan penjualan buku BPM akan disumbangkan untuk kegiatan amal. Hasil penjualan BPM akan disalurkan ke Blogger Hibah Sejuta Buku guna dimanfaatkan untuk kegiatan amal mereka yang menjangkau hingga ke pelosok Nusantara.

Cuma segitu apa ya bisa bantu orang? Sobat jangan berkecil hati. Uang sebesar 3.500 (royalti penulis) mungkin terdengar kecil. Namun di daerah tertentu, masih banyak saudara kita yang bertahan hidup dengan nominal sekian atau bahkan di bawahnya. Dalam sebuah liputan di televisi, di Bogor ternyata ada seorang ibu yang sehari-hari hidup dengan uang sebesar 1.500 perak dari menjual daun genjer. Uang itu ia peroleh dengan menjual tiga ikat daun genjer seharga masing-masing Rp500. Bayangkan bila BPM terjual sebanyak 50 eksemplar? Uang ratusan ribu akan mengangkat nasib saudara kita ke titik yang lebih menjanjikan. Bagaimana bila 100, 150, dan bahkan lebih dari itu? Senyum mereka akan kian mengembang dan rekening akhirat Anda akan segera gemuk oleh transferan pahala.

Adik-adik BPM
Perlu saya tuliskan bahwa BPM merupakan karya perdana anggota WB yang siap dipesan sekarang juga. Β Dalam waktu yang tidak lama BPM akan disusul oleh adik-adiknya yang lain. Buku kumpulan puisi bertajuk Harmoni dan buku kumpulan tips parenting kini hanya menunggu waktu untuk dicetak. Belum lagi beberapa tema lain yang masih dalam proses pengerjaan. Hasil penjualan buku-buku ini seluruhnya akan dihibahkan untuk kegiatan amal mitra atau komunitas yang membutuhkan.

Bukan cuma mimpi
Proyek penerbitan karya anggota WB nyatanya bukan mimpi belaka. Walaupun tertunda hingga hampir setahun, namun satu per satu kini menyibakkan dirinya ke hadapan sidang pembaca. Semuanya terwujud berkat keikhlasan teman-teman kontributor yang berkenan mengikutsertakan karyanya dalam proyek amal ini tanpa mendapat serupiah pun. Tugas DO yang berat juga patut diapresiasi. Terima kasih, kawan-kawan kontributor. You rock! Terima kasih juga buat Orin yang baru saja disambangi banjir. Mak Carra yang telah menyiapkan cover yang keren. Thanks a million. We can never thank you enough, guys! Allah SWT yang akan membalas. Terima kasih khusus buat Anda yang berkenan membeli dan membacanya. Membaca dan beramal? Inilah saatnya. Pesan sekarang juga. πŸ˜‰

Salam kreatif!

Advertisements

42 thoughts on “Blogger Punya Mimpi: Antologi Cerpen Warung Blogger Siap Dipesan!

    1. Masih banyak tema yang belum terbit kok Kang Ujang. Hayuk atuh kirim ke DO masing-masing, Mungkin punya cerita motivasi yang bisa dibagikan. Pasti punyalah kisah atau pengalaman inspiratif. Buku tema ini masih dalam proses.

      Like

  1. duh…itu yg disambangi banjir masuk sini jg, jadi femes nih sayah mas hahahaha.

    Alhamdulillaaah, meski tertunda2 akhirnya kelar jg. Terima kasih banyak semuanyaaaa *dadah dadah kyk miss.universe*

    Like

  2. saya sudah pesan juga ke Teh Orin πŸ™‚
    semoga laris manis agar lebih banyak yang disumbangkan dan semoga bermanfaat..

    salam..

    Like

    1. Ikut hobi ya Mbak? Belum siap terbit kayaknya Mbak. Yang sudah siap menyeruak berikutnya adalah buku puisi dan parenting Mbak. Rencananya pertengahan Februari antologi puisi dicetak dan akhir Februari buku parenting. Mohon bersabar Mbak. Mungkin bisa tanyakan DO-nya πŸ™‚

      Like

    1. Aaamiin. Terima kasih Mas Rudi. Ayo turut berpartisipasi dengan mengirimkan tulisan Anda. Masih banyak tema-tema lain yang belum dibuat bukunya. Lumayan nih mengasah kemampuan menulis sambil beramal.

      Like

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s