Kuikhlaskan Hadiah 27 Juta Rupiah

Tanggal 10 April silam, entah mimpi apa semalam sebelumnya, saya mendapat kabar bahwa saya berhak meraih uang 27 juta rupiah dari sebuah bank pemerintah. Sayangnya, saya harus menelan pil pahit sebab kabar kemenangan saya tersebut disampaikan lewat pesan singkat atau sms.

Betul, uang sebesar itu hanyalah isapan jempol belaka. Jadi saya pun merelakannya tanpa berusaha mengklaim kemenangan. Isi sms belum sempat saya capture untuk postingan ini. Namun saya yakin ada Sobat narablog yang pernah menerima pesan penipuan semacam ini.

Gambar diambil dari: www.mbweek.com

Gambar diambil dari: http://www.mbweek.com

Beberapa kejanggalan

Pesan pendek berisi kabar kemenangan bukan lagi hal baru. Saya cepat menyimpulkannya sebagai modus penipuan dengan beberapa dasar hal yang ganjil. Pertama, kabar kemenangan dikirimkan lewat sms. Ini hal bagi sebuah bank besar dengan basis pelanggan yang tersebar di seluruh Indonesia. Lazimnya, pengumuman kemenangan tentu disampaikan lewat telepon atau email, bila ada. Kedua, pesan dikirimkan pukul 9 malam. Cukup aneh bila pemberitahuan disampaikan selarut itu melewati jam kantor (biasanya pukul 3 atau 5 sore). Ketiga, saya diminta mengklaim hadiah dengan mengunjungi alamat url tertentu menggunakan weebly yang notabene adalah platform gratisan. Sejak kapan BRI enggak kuat bayar domain dan sewa hosting? Keempat, ini yang paling penting. Tabungan saya di BRI sudah lama dibekukan karena tak kunjung saya isi, hehe. Jadi janggal sekali bila saya memenangkan undian berhadiah padahal rekening saya anggap tidak lagi aktif. Apalagi bila dikira jumlah isinya besar.

Jawaban untuk penipu

Dengan menyimak empat kejanggalan tersebut, saya pun membalas pesan pendek si penipu demikian:

Uangnya buat Anda saja. Terbukti Anda jauh lebih membutuhkan sampai harus menipu. Yang sabar ya ngadepin hidup. Semoga 27 juta cukup buat modal usaha biar ga usah nipu lagi.

Seperti bisa diduga, tentu tak ada balasan lagi. Hari-hari berikutnya nomor saya justru raai disambangi berita kemenangan undian dari nomor-nomor lainnya. Hahaha. Jadi, seumpama ada saudara atau kerabat yang menerima pesan serupa, tentulah tahu bagaimana Sobat harus membalasnya. Tentu bila mau membuang pulsa untuk satu sms.

Selamat berakhir pekan! 🙂

Advertisements

16 thoughts on “Kuikhlaskan Hadiah 27 Juta Rupiah

  1. Kemarin waktu lagi melayani nasabah. Nasabah saya sempat nerima telpon gitu saya sedikit nyimak telponnya katanya dia dapet hadiah undian gitu dan seperti dipaksa untuk ngambil hadiahnya tapi harus transfer uang pajak pemenang gue langsung kasi tau tuh bapak kalo itu penipuan. Kasian juga kalo orang gak paham yang kena gitu

    Like

  2. Pernah kalau ada penipuan lewat telpon sy ladenin, lumayan ngabisin pulsa dia. Tapi setelah itu saya jera. Karena ujung2nya mereka bisa ngeluarkan kata2 yg sangat kasar. Bikin sy badmood. Jadi milih cuekin aja dan langsung tutup telpon 🙂

    Like

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s