Berkat ASUS Zenfone GoZC500TG, Ibu Rumah Tangga Pun Bisa Kreatif dan Produktif!

Ponsel Mungil dan Buku

Sejak resign enam tahun lalu dan memilih menjadi ibu rumah tangga full, Bunda (istri saya) memang tak bisa jauh dari dunia yang pernah digelutinya, yakni editing atau penyuntingan buku. Di sela-sela waktunya mengasuh anak-anak, ia masih bersemangat menerima job editing dari beberapa penerbit. Selain mengasah keterampilan, income juga bertambah dong, hehe. Masalahnya, punya duo jagoan balita bukanlah perkara mudah untuk bisa terus menyunting buku.

bukuuu
Dibeli ya ūüėõ

Tahun 2012, berbekal ponsel Android berlayar 2.8‚ÄĚ Bunda nekat menulis di sela mengasuh Bumi yang baru lahir. Karena ide sudah meluap-luap, laptop tak bisa selalu diandalkan sebab posisi menulis di meja sulit didapat. Saat laktasi atau sambil menidurkan Bumi, Bunda terus mengetik kata demi kata dengan telaten. Kebayang kan mantengin layar sekecil itu sambil menuangkan ide? Akhirnya satu naskah utuh pun rampung dan siap dirapikan di laptop. Dan voila, awal 2014 pun buku itu meluncur ke pasaran. Lumayan juga royaltinya loh akhir tahun kemarin hehe. Cring cring! ūüôā

 

 

Hadiah Ultah Bunda

Mei nanti Bunda (istri saya) mau ulang tahun. Nah ngomongin soal produktivitas, kayaknya ponselnya sudah tidak memadai lagi. Layarnya sih lebih lebar, 5 inch, sesuai keinginan. Tapi RAM dan internal storage-nya sudah megap-megap. Dengan RAM 1 GB dan storage 8 GB, sudah cukup berat memroses berbagai aplikasi, terutama game-game edukatif buat Rumi dan Bumi jagoan kami.

Pakar manajemen bilang, produktivitas itu ditentukan oleh kemampuan seseorang mengelola prioritas. Nah, pilih smartphone pun termasuk salah satu prioritas penting loh saat ini. Pilihan merek dan tipe memang membanjiri pasaran, tapi kita mesti selektif menentukan opsi yang pas. Penginnya sih smartphone yang canggih tapi harganya terjangkau. Modelnya keren dan kemampuannya bisa diandalkan. Syukur-syukur bisa bantu cari uang. Kalau kualitasnya bagus dan awet kan jadi irit uang dong sebab enggak cepet-cepet ganti ponsel baru. Produktif banget toh?

Walau udah enggak ngantor kayak dulu dan jadi fulltime mom sekarang, Bunda tetep mau produktif berkarya. Ga cuma produktif loh, tapi juga kreatif biar jadi nilai tambah dalam persaingan ketat di era serbacanggih sekarang ini. Ya udah, hadiah ultah bakal beli Zenfone GoZC500TG aja! Paling enggak ada lima alasan kenapa Zenfone besutan Asus ini cocok buat Bunda.

Tujuh Alasan Penting

“Emang Zenfone bagus, Yah?” tanya Bunda agak ragu.

“Plis deh ah, ya jelaslah. Pabrikan Taiwan jangan disamain ma buatan Cina, Bun. Portofolio teknologi mereka sudah sangat kuat. Ga usah diragukan lagi.¬†Inget kan Anto sama Sanud juga pakai Zenfone?” jawab saya berapi-api.

Anto dan Sanud adalah dua sahabat kami yang berprofesi sebagai desainer grafis. Anto masih setia dengan Zenfone 5 andalannya sementara Sanud loyal dengan Zenfone 5 merahnya.

“Iya sih. Tapi punya Sanud kecopetan kan beberapa waktu lalu di KRL pas pulang kerja?” kata Bunda lagi.

“Emang iya! Nah tuh, pencopet aja tahu kan mana hape yang bagus…haha,” tukas saya cengengesan.

“Coba Ayah sebutin alasannya kenapa Bunda bakal cocok pakai Zenfone Go ini!” Suara Bunda terdengar nantangin.

“Siappp. Siapa takut?!”

1. Prosesor Super + RAM lega

“Ini¬†otaknya udah quad core loh, Bun. Jadi ada empat inti yang bekerja barengan. Dulu yang single core aja udah lumayan, apalagi ini yang quad core. Pasti wus wus wus dah.¬†Didukung RAM 2 GB ga bakalan ngelag atau lambat apalagi nge-hang pas kerja multitasking.¬†Memori internalnya juga gede kok. Pilih yang 16 GB aja, wong harganya beda tipis doang. Kalau kurang, masih bisa ditambah pake MicroSD sampe 64 GB. Nyimpen apa aja, legaaaa… Ga ada ceritanya deh space kurang pas instal aplikasi macem-macem.”

proses

“Iya juga ya, Yah. Jadi hemat waktu dong kalo prosesornya cepat. Ga asyik dong kalo lagi browsing trus brenti mendadak. Ide jadi kacau deh. Boleh tuh.Tapi desain fisiknya oke ga?” protes Bunda.

2. Desain Keren

“Desainnya so pasti kerenlah, Bun. Sekeren ayah (tsaaah!!!) xixixixi. Ga bakal malu-maluin pokoknya. Mewah dah! Nih liat gambarnya. Elegan kan?” Bisa dimaklumi Bunda nanya begitu coz tiap hari nongkrong ama ibu-ibu yang nganter anak¬†mereka¬†di TK Rumi. Zenfone mah bakal bikin mereka ngiri.

desain

“Simpel tapi cakep kan? Di bagian belakang dikasih¬†rubber finish yang terasa lembut dan mewah. Keuntungannya,¬†rubber finish yang seperti karet lembut ini bisa¬†memberikan cengkraman yang kuat pada tangan biar enggak¬†licin dan mudah jatuh pas¬†digenggam. Apalagi pas dimainin anak-anak.”

Bunda manggut-manggut.

“Oh ya satu lagi, mumpung inget.¬†Zenfone GoZC500TG ini baterainya¬†bisa dilepas. Trus slot sim card ada¬†2 buah yang bisa¬†diakses tanpa ngelepas¬†baterai. Asyik kan kalau¬†kita ngganti¬†sim card enggak¬†perlu matiin hape. Lepas-pasang baterai bisa mengurangi masa pakai hape loh.”

“Wow banget. Otak udah super, desain keren. Layarnya gimana? Jangan-jangan burem?!” ujar Bunda lagi.

3. Layar Bening dan Lebar

“Hape ini udah dibekali¬†TFT LED Backlit dengan layar sentuh kapasitif GFF Touch Panel, jadi¬†kontras dan akurasi warna yang dihasilkan lebih baik dibanding smartphone di kelasnya. Apalagi kita dapat¬†resolusi layar 1280×720 pixels yang cukup rapat untuk ukuran hape layar 5 inchi. Buat¬†nonton video atau liat¬†foto¬†mah cucok banget deh nih¬†ASUS Zenfone ZC500TG.”

layar

“Cocok tuh buat nonton youtube pas lagi bete. Plus buat cari inspirasi. Nah bening atau burem tuh layarnya?” sergahnya.

“Bening dan tajam kok. Selain terletak pada kemampuan dan teknologi layar, rahasia ketajamannya berkat dukungan¬†sistem buatan MiraVisionTM yang bakal¬†mengatur secara real-time kualitas gambar yang diterima dan yang ditampilkan oleh layar.

mira

Biar Bunda tau, teknologi canggih kayak gini biasanya¬†cuma¬†dipasang¬†di smartphone high-end alias yang mahal.¬†Tapi¬†di smartphone Zenfone Go¬†ini, teknologi tersebut sudah dibenamkan padahal¬†ini hape¬†harganya¬†terjangkau loh.”

“Top banget. Ada yang unik lagi nggak soal layarnya?”

“Banyak. Selain layarnya lega, 5 inchi loh, Bun. Bunda bakal laancar pas ngetik. Nulis dijamin muluslah. Ga ada typo atau salah ketik. Yang asyik lagi,¬†ASUS Zenfone GoZC500TG ini udah dilengkapi ZenMotion touch gesture, misalnya double tap to wake. Kita cukup¬†ketuk¬†layar 2 kali aja dengan jari buat¬†buka kunci tanpa harus pencet¬†tombol unlock. Kita juga bisa mengetuk layar 2 kali pada ruang kosong atau notification bar untuk mengunci layar.

4.bp.blogspot
Foto dari 4.bp.blogspot.com

Enggak cuma itu, Bun.¬†ZenMotion touch gesture ini juga bisa buat buka aplikasi dengan cepat pas¬†smartphone dalam keadaan terkunci hanya dengan menggambar huruf pada layar smartphone. Contohnya,¬†mau¬†buka¬†browser pada smartphone, kita cukup menggambar huruf ‚ÄúW‚ÄĚ pada layar dalam keadaan mati. Seketika smartphone bakal¬†aktif dan membuka browser Internet sendiri. Ada banyak gesture lain seperti ‚ÄúS‚ÄĚ untuk membuka SMS, ‚ÄúC‚ÄĚ untuk kamera, ‚ÄúV‚ÄĚ untuk membuka dialer telepon dan ‚ÄúE‚ÄĚ untuk membuka email. Canggih tak? Bukan itu saja, kita juga bisa mengganti aplikasi lain yang akan terbuka melalui pengaturan Zenmotion.

zenmotion
C for Camera!

“Wah, praktis banget ya! Efektif nih….” Bunda kegirangan. “Nah, yang ga kalah¬†penting kamera gimana, Yah? Buat bekal ngumpulin foto-foto untuk¬†naskah buku agar cepet diproses penerbit…”

4. Kamera Kece

“Walah, itu mah beres! Ga usah khawatir soal kamera di Zenfone ini mah. Kamera utamanya bersensor 8 megapixel udah dilengkapi autofocus.¬†Kalo kamera¬†depannya 2 MP, cukuplah buat selfie. Lagian kita pan ga suka selfie toh xixixi! Perlu Bunda tahu, dua kamera itu¬†udah¬†mengadopsi teknologi PixelMaster loh. Kayaknya sih cuma¬†8 MP, tapi kamera punya¬†ASUS Zenfone Go ini bisa menghasilkan gambar yang jernih. Terutama pas cahaya dikit alias¬†low light¬†hasil jepretannya masih¬†sangat bagus¬†dibandingkan smartphone merek¬†lain.”

kamera

“Ini baru kamera smartphone. Lumayan kalo pas lupa atau malas bawa kamera prosumer yak! Coba liat hasil jepretan kamera ini Yah…”

“Nih liat sendiri. Bagus ga bagus ga?”

kamera6
Pake Time Rewind nih: amankan 1 detik sebelum dan sesudah shutter ditekan!

“Bagus juga hasilnya Yah!” puji Bunda spontan.

“Ya iya dong. Foto di atas itu pakai mode Time Rewind loh, Bun.¬†Fitur ini bakal¬†bantu kita pilih¬†frame dengan jangka waktu 1 detik sebelum atau 1 detik setelah shutter ditekan. Pakai mode ini¬†enggak ada¬†cerita kita telat atau terlalu cepat nangkep¬†gambar. Semua¬†momen aman, terutama yang ga bisa diulang.”

Impressive! Makin mupeng dah. Tapi gimana kalo aku ambil gambar kan kadang suka goyang tangan tuh..?” serius nanya sih.

“Tenang,¬†udah ada fitur¬†Anti-shake¬†kok di kamera yang akan bekerja otomatis pas¬†kita aktifin di menu settings¬†biar¬†gambar yang kita ambil bisa distabilkan walo¬†tangan kita seringkali bergetar pas¬†jepret¬†foto. Komplet ga?” puji saya sambil menepuk kumis, eh, kepala.

Amazing¬†pisan! Kalo kondisi backlight gimana?”

“Gampaaang. Dalam¬†kondisi backlight, ASUS PixelMaster Camera punya mode HDR layaknya smartphone high-end. Mode ini akan mengambil 3 buah gambar sekaligus dan menyatukannya agar objek dan latar belakang foto masih terlihat jelas. Biasanya kan kalo kita pakai¬†kamera tanpa HDR, jika fokus dijatuhkan pada objek, maka latar belakang akan terlalu putih dan enggak kelihatan.¬†Nah kalau¬†menjatuhkan fokus di latar belakang, maka objek yang berada di dekat kamera akan jadi¬†gelap. Dengan HDR, hal-hal kayak¬†gitu¬†enggak¬†bakal¬†terjadi di kamera Zenfone GoZC500TG. Liat contohnya nih.”

kamera2
Backlight? pake HDR ajah! ūüėÄ

Marvelous, marvelous!” komen Bunda singkat seolah meniru Jarjit. “Buat bagusin foto ada tak? kadang kan objek foto perlu dipermak gitu..hehehe..”

“Asus punya semualah. Ada! Kalo biasanya¬†mode beautification¬†cuma disematkan¬†buat¬†kamera depan, di Zenfone Go ini¬†fitur tersebut dikasih¬†juga¬†di kamera belakang. Pakai¬†beautification, kita bisa bikin¬†wajah kita lebih cantik and keceh¬†di foto dengan memberikan make up, menghaluskan atau mencerahkan wajah, memperbesar mata atau menguruskan pipi biar¬†tampak makin kereen.”

kamera3
Cantik, cantik, cantik!

“Ajiiib bener ya Yah. Maulah Zenfone ini kalo emang kameranya fiturnya lengkap.” Bunda kali ini makin mantab. “Satu lagi Yah, pertanyaan penting banget nih. Rumi Bumi kan sering pinjem hape Bunda. Ada fitur keamanan ga buat proteksi mereka? Secara sekarang dunia maya rawan banget…”

5. User Interface yang Intuitif

“Asus ini kalo bikin¬†smartphone ga sembarangan, Bunda. Fitur yang Bunda maksud mah jelas ada dong. Dengan¬†Kids Mode, akan dibuat tampilan khusus hanya untuk anak-anak saja. Kita¬†bisa sembunyiin¬†aplikasi biar¬†enggak¬†muncul pada Kids Mode¬†ini.”

“Rumi Bumi kadang suka kelamaan main gadget,¬†Yah. Bisa ga nanganin soal itu? Pasti kebantu banget Bunda kalo ada fiturnya.” Kali ini Bunda serius banget.

“Keciiil itu mahh. No problemo, dear!¬†Di¬†Kids Mode kita¬†bisa juga mengatur waktu mundur sampai kapan Kids Mode bakal¬†berakhir dan smartphone akan terkunci kembali. Canggih kan kan?”

“Widihh, lengkap bingit, Yah. Mupeng mupeng dah…”

“Ini semua berkat¬†ASUS ZenUI generasi terbaru, Bun. Tampilannya atraktif dan intuitif loh. User Interface ini banyak¬†dipuji¬†para reviewer di seluruh dunia. Selain karena desainnya yang cantik, ia juga memiliki kustomisasi tingkat lanjut agar smartphone yang digunakan oleh pengguna benar-benar sesuai dengan keinginan atau kebiasaan pengguna. Intinya nyenengin banget nih UI.”

ui.jpg

“Emang bagus sih, Yah. Segar dan inspiratif banget UI-nya. Tapi aman ga?” Dasar emak-emak ya pertanyaannya ada aja.

“Tenang soal itu.¬†ASUS ZenUI ini diracik bersama perusahaan antivirus ternama Trend Micro Security untuk menjaga data tetap aman di smartphone kita. Privasi smartphone juga gitu. Kalau ada yang pakai¬†smartphone kita, atau dipegang orang lain, atau keluarga misalnya,¬†ASUS ZenUI sudah dilengkapi dengan SnapView. Ia bisa bikin¬†2 akun user yang bisa menjaga data-data pribadi di satu akun tanpa harus melarang orang lain untuk melihat isi smartphone kita. Kasian kan kalao ada orang mupeng pengen liat-liat atau ngelus-ngelus hape keceh gini, hehe. Aman kok!”

tema

“Aku suka, aku suka!” Bunda tak sanggup menutupi kegembiraan. “Ngomong-ngomong, hape Bunda kadang dipegang anak-anak.¬†Takutnya pas ada email penting atau SMS¬†ga sempat kebaca. Gimana caranya ya kalo kayak gitu, Yah? Mungkin ada semacam reminder gitu?”

6. Whats Next dan Do It Later

“Enggak masalah. Ada¬†aplikasi Whats Next. Aplikasi ini bakal¬†bantu¬†Bunda¬†pas sibuk¬†sehingga seringkali melewatkan kejadian-kejadian penting yang sudah terlewat di smartphone.

Email atau SMS yang belum dibaca mah ga usah dikhawatirin.¬†Pokoknya aplikasi ini bakal kasih¬†daftar kejadian penting yang Bunda¬†lewatkan jadi¬†Bunda¬†bisa segera tindak lanjuti. Email dari penerbit atau kolega ga perlu takut lambat dibaca. Jadi rezeki ga akan ke mana-mana kan, hehe…”

 

whats

Ada lagi aplikasi Do It Later, Bun. Aplikasi ini bakal bantu Bunda saat Bunda lagi sibuk tapi harus melakukan hal tersebut di waktu lain. Gampang, simpan aja di Do It Later. Contohnya nih, pas Bunda pengin baca sebuah situs buat referensi nulis atau rujukan editing tapi mendadak Bunda sibuk, santai aja. Langsung aja simpan di Do It Later. Atau pas Bunda nulis separuh bab, bisa juga disimpan di aplikasi ini untuk diteruskan nanti.

Jadi pas ada¬†waktu luang, tinggal buka aja¬†Do It Later. Langsung aja¬†liat¬†daftar¬†aktivitas yang sempat terputus lantaran¬†ada pekerjaan lain yang lebih mendesak atau yang menyela.”

“Amboi, asyiknya aplikasi ini, Yah. Layar lega, prosesor cepat, kamera mumpuni, bakal makin rajin nih nulis.”

“Ya harus dong. Gadget keren harus bikin Bunda makin produktif. Kreativitas bisa diasah lewat smartphone canggih kayak gini, Bun. Tinggal pintarnya Bunda berkreasi lewat sumber-sumber di Internet.”

“Eh, harga berape? Berapa duit ini, Yah? Jangan-jangan mahal…kok fiturnya lengkap dan kemampuannya jempolan banget.”

7. Harga Terjangkau

Easy, Honey! Ini produk value for money banget alias hemat. Cuma Rp1.599.000  untuk versi 2GB/8GB dan Rp1.699.000 untuk yang 2GB/16GB. Sulit deh nemu harga segini dengan kualitas unggul begitu. Merek lain mana ada?!

“Ini mah melebihi ekspektasiku, Yah. Harga terjangkau kadang kualitasnya kacau. 1,6 juta udah dapet smartphone¬†dengan¬†desain mewah dan¬†layar yang cerah, kameranya pun dilengkapi¬†banyak fitur.”

“Iya. Ini mah beyond expectation kata orang bule. Diliat speknya mah performanya mampu menjalankan aplikasi maupun game berat dengan lancar seperti layaknya smartphone high-end. Padahal harganya miring.”

“Buruan beli deh Yah. Keburu habis tar. Ide banyak nih buat buku. Praktis ga usah nongkrongin laptop. Ke mana-mana tingal¬†pasang kamera Zenfone Go aja. Aku yakin bakal lebih produktif deh pake nih hape…”

“Yuhuuu…kata siapa ibu rumah tangga ga bisa produktif dan kreatif? Kalo ditemenin hape canggih kayak Zenfone Go ya ibu-ibu bisa berbuat banyak. Mau jualan online, nulis, belajar fotografi, banyaaaak pokoknya…

“Tos!” Tangan Bunda melayang di udara. Kirain mo tepuk tangan, eh malah merebut¬†dompetku…. “Toloooong!”

Advertisements

14 thoughts on “Berkat ASUS Zenfone GoZC500TG, Ibu Rumah Tangga Pun Bisa Kreatif dan Produktif!

    • Memang Mbak Mei. Smartphone keren ini bisa jadi senjata ampuh buat kaum ibu biar produktif setiap hari. Harga hemat bikin ibu ibu makin disayang suami, hehe…

      Wah, sama nih ultahnya bulan Mei ūüôā

      Like

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s