Yuk Ikut Mudik Gratis dari Kemenhub!

BBC MANIA! SIAPA yang hendak pulang kampung lebaran ini? Rasa kangen sudah tak tertahankan lagi untuk menemui sanak keluarga serta kawan-kawan tercinta. Wah, rasanya indah betul padahal baru dibayangkan. Ramadan memang masih separuh jalan, tapi persiapan mudik harus disiapkan sejak sekarang.

Bagi yang sudah punya tiket, tentu tak masalah ya. Nah, bagi yang belum beli tiket, jangan galau. Yuk ikutan mudik gratis bersama Kementerian Perhubungan yang berkolaborasi dengan BUMN dan mitra kerja​ ​dalam menyelenggarakan program Angkutan Sepeda Motor Gratis dan Mudik Gratis dengan total​ ​kuota angkut sebanyak 44.721 sepeda motor dan 208.435 penumpang​. ​Seru banget kan?

Infografis motis bus

Intinya, sobat yang berencana mudik tahun ini sebaiknya tidak berkendara roda​ ​dua lantaran potensi kecelakannya cukup tinggi. Bahkan konon lebih tinggi dibanding kendaraan darat lainnya. Lewat program Mudik Gratis yang diselenggarakanKemenhub ini, para pemudik enggak perlu​ ​khawatir soal sarana mobilitas di kampung halaman nanti. Kenapa? Karena baik pemudik maupun​ ​sepeda motornya akan sama-sama diangkut. Ah, asyiiik….

Waktu pendaftaran

Jangan tunda lagi, pendaftaran bisa secara online dan offline mulai tanggal 18 Mei hingga​ ​16 Juni 2017. Pendaftaran online bisa diklik di www.mudikgratis.dephub.go.id sedangkan pendaftaran​ ​offline adalah di Gor Bulungan Blok M, Dishub Kota Bekasi, Dishub Depok, Dishub Kota Tangerang,​ ​dan Dishub Tangerang Selatan.

Bukan hanya itu, bagi pemudik tanpa motor tetap bisa pulang gratis dengan bus khusus penumpang (tanpa motor) dengan​ ​bus sebanyak 1.000 unit yang akan melayani 29 kota tujuan, antara lain Cirebon,​ ​Pekalongan, Demak, Kudus, Klaten, Temanggung, dan lain-lain. Pendaftaran dapat dilakukan​ ​melalui online maupun offline bertempat di GOR Bulungan Blok​ ​M, Kawasan Idustri​ ​Pulogadung, Terminal Kayurungin, Kawasan Industri Jababeka, Terminal Kota Depok,​ ​Kawasan Industri Cimanggis, Terminal Poris Plawad, Kawasan Industri Cikupa, Dishub Kota​ ​Tangsel, dan Kawasan Industri Sentul.

Mudik lewat laut

Mudik gratis dengan moda kapal penyeberangan akan dilayani oleh dua feri dengan tujuan​ ​Lampung dan Semarang. Jumlah sepeda motor yang akan diangkut oleh dua feri tersebut​ ​adalah 5.000 unit, sedangkan penumpangnya 10.000 orang. Pendaftaran dimulai pada 1 Juni 2017​ ​hingga 16 Juni 2017 melalui online atau offline di Kantor PT ASDP Pusat.

Sedangkan mudik gratis dengan moda laut akan dilayani oleh KM Dobonsolo milik PT Pelni​ ​dengan rute Jakarta (Tanjung Priok) – Semarang (Tanjung Mas) PP yang akan mengangkut​ ​8.000 sepeda motor dan 16.000 penumpang. Pendaftaran online dimulai pada 30 Mei 2017​ ​hingga 15 Juni 2017. Sedangkan pendaftaran offline dimulai tanggal 2 Juni hingga 16 Juni​ ​2017 bertempat di Kantor Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok, GOR Balai Rakyat, dan GOR​ ​Ciputat.

Motor juga pulang

Khusus moda kereta api, program yang berlaku yakni Angkutan Sepeda Motor Gratis di mana​ ​pemudik dapat mengirimkan sepeda motornya secara gratis sesuai dengan kota tujuan yang​ ​tersedia. Dengan moda kereta api, jumlah sepeda motor yang dapat diangkut yakni sebanyak​ ​18.096 unit. Pendaftarannya sudah dimulai sejak 15 Februari 2017 hingga 14 Juni 2017​ ​secara online, dan secara offline pada 16 Februari hingga 16 April 2017 di Stasiun Jakarta​ ​Kota, Stasiun Bekasi, Stasiun Jatinegara, Stasiun Pasar Senen, Stasiun Depok, Stasiun​ ​Bogor, Stasiun Cikarang, Stasiun Kiaracondong, dan Stasiun Purwakarta.

Tunggu apa lagi… Buruan daftar sebelum kehabisan slot!​ Atau kalau BBC Mania enggak mudik, boleh kok bantu sebarkan kabar baik ini ke keluarga dan teman​….

Advertisements

8 thoughts on “Yuk Ikut Mudik Gratis dari Kemenhub!

  1. Wah asik banget bisa mudik, kalau saya udah gak mudik, karena saya tinggal di udik ^_^. Tapi ngomonng ngomong soal mudik, alhamdulilah saya belum pernah ngerasain gimana macetnya mudik, dari dulu saat masih mudik, perjalanan pulang oke oke saja

    Like

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s