Dompet Pria Sebagai Kado Cinta

dompet

Tanggal 29 Januari, seperti biasa, saya mengenang hari lahir beberapa puluh tahun silam. Tak ada acara istimewa seiring bertambahnya usia selain bersyukur dan banyak berdoa. Meski bukan rutinitas tahunan, tapi mendapat hadiah tentu sangat menyenangkan, apalagi berupa sesuatu yang sangat diinginkan dan dibutuhkan. Selain gratis, hadiah atau kado sering punya pijar memori tersendiri terlebih jika berasal dari orang-orang terkasih.

Salah satu benda penuh kenangan adalah dompet berwarna cokelat muda yang selalu memikat. Betapa tidak memikat, dompet kulit itu saya terima dari Bunda alias istri tercinta pada tahun pertama pernikahan kami sewaktu masih tinggal di Bogor. Kala itu dia masih bekerja dan menghadiahkan sebuah dompet pria yang saya pakai hingga saat ini. Walaupun warnanya sudah belel dan ada jahitan yang terlepas, saya tetap setia memanfaatkannya karena memang masih berfungsi dengan baik.

Jika dihitung-hitung, dompet ini telah menemani saya sembilan tahun lebih, melalui pasang surut ekonomi keluarga—baik di saat lembaran Soekarno-Hatta berdesakan ataupun tatkala lembaran Pattimura berderet perkasa, haha. Tak apalah, itu biasa. Tapi memang sebuah dompet ternyata bukan sekadar alat pelindung uang. Lebih dari itu, ia menyimpan kenangan lewat lapisan kulit yang terkelupas atau kantong-kantong yang sudah retas.

Demi menjawab tawaran Bunda yang sudah sejak lama mengusulkan agar saya berganti dompet, saya pikir ini momen yang tepat—mumpung pas ulang tahun, hehe. Selain itu, beli apa pun sekarang bisa memanfaatkan geliat marketplace yang semakin banyak menawarkan kemudahan digital shopping. Tanpa harus meninggalkan rumah, transaksi bisa terlaksana. Bukan cuma hemat waktu dan tenaga, tetapi banyaknya pilihan bisa membantu kita menentukan pilihan sesuai anggaran.

Tips berburu dompet pria

Bukan hanya kids zaman now loh yang piawai menggunakan gawai. Orang dewasa dari generasi dahulu pun dapat mengakses kecanggihan teknologi, salah satunya dengan berbelanja secara online. Tinggal cari barang yang diincar pada aplikasi pilihan, sesuaikan dengan anggaran dan model yang diinginkan, lalu klik klik. Bayar, langsung deh produk impian dikirim.

Jika BBC Mania berencana memberikan kado berupa dompet pria kepada seseorang yang istimewa, coba simak sedikit kiat dari saya.

1 – Siapkan anggaran

Yang paling utama tentu saja dana untuk membeli dompet yang kita mau. Tentukan besar anggaran sesuai kemampuan sehingga mempermudah proses pencarian. Begitu angka tertentu telah kita tentukan, maka seleksi produk bisa berjalan relatif praktis mengingat kita sudah punya patokan harga maksimal.

2 – Tentukan model

Dompet pria tampil dalam berbagai merek dan model. Maka penting bagi kita buat menentukan model yang paling kita minati—sesuai budget yang kita siapkan tentu saja. Model di sini berkaitan dengan penampilan fisik yang mencakup bentuk visual dompet, warna dominan, jenis bahan, hingga jumlah kantong di dalamnya.

Saya pribadi masih mengincar dompet pria berwarna cokelat seperti dompet sebelumnya. Entahlah, seolah ada kesan kuat tetapi meneduhkan, asyeek! Adapun laci atau kantong di dalam, saya tak butuh terlalu banyak sebab mulai mengurangi kartu-kartu. Yang paling vital adalah celah untuk menyimpan kartu identitas baik KTP maupun SIM, STNK, lalu kartu ATM, kartu berobat, dan kartu diskon belanja. Sisanya seperti kartu nama sifatnya opsional karena sudah digantikan oleh memori ponsel pintar.

dompet cokelat

3 – Cek promosi

Marketplace atau pedagang online sering memberikan promo menarik yang lumayan banget buat kita manfaatkan, entah berupa potongan harga atau beli sekian diganjar bonus/hadiah tertentu. Promosi biasanya dikirimkan melalui newsletter mereka yang rutin dikirim harian. Pada rajin buka boks Promotions pada email kan? Lumayan juga loh kalau dikalkukasi pas ada promo khusus.

4 – Bandingkan harga

Setelah menemukan dompet yang kita inginkan, jangan lupa membandingkan produk serupa antara satu penjual dengan penjual lain. Tak jarang berbeda penjual berbeda pula teknik menjualnya. Entah ada selisih harga atau beda warna yang lebih eksklusif untuk produk yang sama. Jangan sampai menyesal setelah membayar tanpa pilah-pilih dulu.

5 – Pelajari deskripsi

Deskripsi barang sering terlewat oleh perhatian pembeli. Lantaran tersihir oleh pesona produk yang diimpikan, kadang mereka begitu saja mengeksekusi pembelian tanpa meneliti gambaran detail produk yang mungkin saja bakal mengecewakan saat diterima nanti. Intinya, jangan terburu-buru saat membeli sesuatu. Pelajari dengan saksama terutama deskripsi barang dan harga akhirnya.

6 – Cek rating penjual

Pedagang yang menawarkan produk dalam sebuah marketplace tentu beragam, baik dari segi barang yang dijual maupun cara menggambarkan produk mereka. Sebelum melanjutkan ke tahap pembayaran, ada baiknya Anda memeriksa rating penjual sebagai gambaran kepuasan dan kepercayaan pembeli lain terhadap penjual bersangkutan. Peringkat ini bisa menjadi semacam panduan agar kita tidak menerima barang yang salah atau kurang bagus dari penjual yang tidak bertanggung jawab.

Nah BBC Mania, kini saatnya mengingat siapa saja yang punya momen spesial dalam waktu dekat. Tak ada salahnya membeli barang idaman lalu menghadiahkan kepada orang-orang yang kita sayangi, entah pasangan, keluarga, atau sahabat. Sebuah dompet pria yang keren, misalnya, bakal menjadi kado cinta yang tepat sehingga membuat hubungan kita semakin karib dan hangat.

Siap berbelanja?

Advertisements

4 thoughts on “Dompet Pria Sebagai Kado Cinta

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s