Tips Mengganti Oli Gardan untuk Skuter Matik


Sewaktu tinggal di Bogor, motor menjadi moda angkutan andalan kami sekeluarga. Penggunaan kendaraan bermotor memang tidak bisa dihindari dalam kehidupan kita sehari-hari. Berangkat ke tempat kerja, ke sekolah, atau pergi ke suatu tempat tentu sangat terbantu apabila menggunakan sepeda motor. Selain antimacet, banyak orang memilih sepeda motor khususnya skuter matik karena mudah dalam pengoperasian.

Langkah berkendara begitu mudah karena tinggal tarik gas dan kendaraan akan segera jalan tanpa pengoperasian gigi. Mungkin karena hal inilah banyak kaum wanita sangat gemar menggunakan skuter matik.

Meskipun praktis, tetap saja ada perlakuan khusus tertentu yang perlu diperhatikan ketika Anda memiliki skuter matik agar usia pakainya lebih lama. Penggunaan yang rutin tentu saja harus diimbangi dengan perawatan mesin secara berkala. Hal ini diperlukan agar performa kendaraan yang kita gunakan bisa fit setiap saat. Salah satunya lewat penggantian oli gardan yang tidak ada di kebanyakan sepeda motor manual. Oli di bagian ini difungsikan untuk melumasi sistem transmisi hingga meminimalisir efek gesekan antar gear di bagian dekat roda belakang.

Gambar dari bukalapak dotcom

Lakukan Secara Berkala

Penggantian oli gardan ini memang harus dilakukan dalam jangka waktu tertentu. Setelah melewati masa pakai, oli gardan tidak bekerja secara maksimal sesuai fungsinya. Pada beberapa buku manual kendaraan, oli gardan disarankan untuk diganti setiap 2 kali periode penggantian oli mesin. Jadi, misal periode ganti oli mesin setiap 2.000 km sekali, maka pergantian oli gardan menjadi tiap 4.000 km.

Selain itu, hal yang harus kita ingat adalah setiap motor matik mempunyai kapasitas oli gardan yang beragam, jadi tidak bisa juga kita berpatokan hanya pada berapa kali pergantian oli mesin. Sebaiknya pengecekan kondisi oli gardan dilakukan lebih sering agar kondisi terkini bisa terpantau dan diambil tindakan secara cepat.

Gunakan Oli Gardan yang Sesuai Dengan Jenis Motor

Sebisa mungkin gunakan oli gardan yang bisa memenuhi kebutuhan motor itu sendiri. Sebagai contoh, sepeda motor Yamaha disarankan menggunakan produk oli bermerek Yamalube. Untuk skutik seperti Yamaha Fino, Anda bisa menggunakan oli gardan tipe Yamalube Matic. Penggunaan oli gardan sesuai saran pabrikan otomatis akan membuat kualitasnya lebih terjamin.

Selain itu, kebutuhan pelumasan akan sesuai dengan karakteristik motor matik yang bisa berbeda antara satu merek dengan merek lain. Hal ini untuk memastikan oli gardan dapat berfungsi secara maksimal dan berefek pada mesin motor matik yang dapat bekerja secara baik. Mesin akan bekerja secara maksimal apabila produk pendukungnya menggunakan spesifikasi yang tepat.

Gantilah Oli Gardan pada Dealer Resmi

Dewasa ini banyak sekali beredar oli palsu di pasaran. Pembelian oli gardan pada outlet atau bengkel resmi menjadi semacam jaminan dan menghilangkan risiko Anda memperoleh produk palsu berkualitas rendah. Dengan begitu, Anda tidak akan dirugikan karena sudah mendapat produk yang sesuai.

Oli gardan palsu akan berefek buruk pada kendaraan. Komponen gear akan cepat aus dan menimbulkan bunyi berisik pada boks CVT. Hal ini tentu akan sangat berbahaya bagi kondisi skuter matik Anda. Dengan pergantian oli gardan di bengkel resmi, konsumen juga dapat memperoleh informasi mengenai perawatan motor yang berkaitan dengan oli gardan.

Penggantian oli gardan di bengkel resmi dapat dipastikan ditangani oleh tenaga ahli yang terlatih. Dengan standar operasional yang telah ditentukan dan diaplikasikan selama sekian lama, penggantian oli gardan di tempat tersebut akan dilakukan dengan benar dan meminimalisir kesalahan pengerjaan.

Demikianlah beberapa tips penggantian oli gardan pada motor matik yang bisa Anda lakukan. Meskipun terbilang cukup sederhana, tetapi Anda perlu memperhatikan beberapa hal penting demi menjaga kondisi mesin skuter matik Yamaha Anda.  Pastikan juga Anda memilih produk Yamalube sebagai sahabat skuter matik Anda yang bisa Anda dapatkan informasi lengkap nya di sini.

Brum brum brum…jalan yuk, BBC Mania!

Advertisements

4 thoughts on “Tips Mengganti Oli Gardan untuk Skuter Matik

  1. ane bawa ke bengkel aja, biar gampang, digantiin sama abangnya hehehe pakenya juga federal oil min buat olinya

    Like

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s