Berikut Ini Menu Diet Sehat dalam Satu Hari Penuh yang Wajib Diterapkan

Walaupun ada anggapan bahwa healthy eating atau makan sehat dengan mengonsumsi jenis-jenis tertentu dipadu dengan diet serta olahraga teratur hanyalah sebagai tren dan lifestyle sesaat, setidaknya bagi orang yang melakukannya dengan menerapkan menu diet sehat dalam keseharian akan benar-benar membuat tubuh mengurangi risiko terserang penyakit.

Menu diet sehat yang diterapkan dan dijalani setiap hari tersebut selain dapat menangkal masuknya berbagai jenis penyakit dan melindungi diri dari ancaman serangan jantung, juga sebagai sarana untuk berlatih disiplin dan tentu saja agar dapat mengurangi penumpukan jumlah lemak di beberapa bagian tubuh. Nah, berikut ini menu diet sehat dalam sehari yang patut BBC Mania ketahui dan terapkan serta ulang setiap hari jika memang ingin menjaga kesehatan tubuh.

Pagi

Memang ada banyak orang yang tak terbiasa sarapan pagi, namun justru disarankan agar memulai hari dengan mengisi perut terlebih dahulu sebagai bekal energi. Hanya saja, konsumsilah makanan-makanan yang mengandung banyak serat serta protein, seperti roti gandum, edamame atau juga buah apel. Sedangkan untuk yang berprotein adalah jenis kacang-kacangan, susu atau juga yoghurt Yunani. Jangan mengonsumsi makanan yang tinggi lemak dan yang memiliki kalori berlebih.

Menjelang siang

Menjelang siang atau sekitar pukul 10, BBC Mania dapat mengudap snack atau makanan ringan seperti oatmeal, buah-buahan tertentu atau yang mengandung gula karena dapat menambah energi. Hanya saja dalam pengonsumsiannya jangan sampai berlebihan agar ketika makan siang perut masih memiliki ruang berlebih alias tidak terlalu kenyang. Selain itu, hindari makanan yang banyak mengandung minyak ketika menjelang makan siang tersebut. Dengan memakan camilan-camilan tersebut, selain dapat menunda lapar juga tidak menyisakan banyak kalori.

Siang

Ketika masuk jam makan siang, BBC Mania bisa mengonsumsi makanan yang kaya serat dan memiliki protein tinggi. Jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat karena dapat membuat Anda mengantuk dan malas beraktivitas. Makanan yang dianjurkan antara lain oatmeal, yogurt, alpukat, sayuran hijau, sandwich, pisang sampai dengan alpukat. Jika perut masih terasa kosong, Anda dapat ‘menambalnya’ dengan mengonsumsi kacang-kacangan, seperti almond atau juga oregano.

Sore

Saat sore hari atau di kala tubuh mulai kekurangan banyak energi yang disebabkan aktivitas padat dari pagi, tetap saja tidak dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak atau juga kalori. Makanan ringan seperti yang dikonsumsi pada pukul 10 juga masih sangat disarankan untuk dikonsumsi menjelang makan malam nantinya. Dengan mengonsumsi makanan-makanan jenis itu, perut tidak akan merasa lapar yang teramat sangat karena waktu sore hari dengan jam makan malam cukup jauh jaraknya.

Malam

Memasuki waktu makan malam, makanlah banyak variasi makanan untuk mengembalikan energi yang terpakai selama sehari. Akan tetapi tetap disarankan untuk tidak berlebihan dalam pengonsumsiannya. Disarankan juga agar dapat mengelabui persepsi otak, maka buatlah takaran satu perempat dalam satu piring yang berisi makanan mengandung protein, makanan yang mengandung pati, makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan atau sayuran hijau dan seperempat terakhir adalah sayuran yang berwarna. Dengan membagi makanan dalam piring seperti itu, pola makan dapat diatur dengan sebaik-baiknya.

Menjelang tidur

Menjelang tidur, ada yang sudah tidak ingin lagi menyantap makanan jenis apa pun, namun bagi yang tidak mempermasalahkan tetap mengonsumsi makanan adalah disarankan untuk memakan makanan yang kaya kandungan karbohidrat. Hal itu dirasa perlu dilakukan agar dapat membuat kualitas tidur meningkat dan lebih baik. Hanya saja, takaran dan porsinya harus benar-benar dijaga atau diusahakan tidak berlebihan.

Advertisements

12 thoughts on “Berikut Ini Menu Diet Sehat dalam Satu Hari Penuh yang Wajib Diterapkan

  1. malam jelang tdr biasanya aku dah malas makan apa2, eh tp malah disarankan makan karbo ringan ya.. spy kualitas tdr lbh baik, pernah sih coba, dan bnr emang tdr lbh baik, tp kdg aku klo dah jelang tdr udh males ngunyah hahahaha… klo sarapan, dari dulu sih aku selalu usahakan sarapan, soalnya cacing2 dah minta makan sih.. hahaha…

    Like

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s