Bahaya Kekurangan Air Minum Terutama Bagi Anak-anak

Gampang-gampang susah memang menghadapi anak-anak yang usianya makin bertambah. Tak terkecuali si sulung yang baru duduk di bangku kelas 3 SD. Badannya tinggi, cenderung kurus, dan sering dikira sudah kelas 6. Kondisi tubuhnya itulah yang mencemaskan saya dan istri. Urusan makanan tak pernah rumit, tapi pasokan air minum yang bikin kami pusing tujuh keliling.

Dibanding adiknya yang boros air minum, kakaknya pelit banget mengonsumsi air putih. Dengan sistem full day school, tak jarang ia pulang dengan membawa setengah botol tanggung. Walhasil, badannya terlihat kering—menegaskan badannya yang cungkring. Maka saya bersemangat sekali menghadiri acara Hydration Talk yang diselenggarakan Danone-Aqua di Hotel JW Marriot Senin 30 September lalu. Salah satu pertanyaan penting yang saya ingin ajukan adalah kiat membuat anak mau minum agar kebutuhannya akan hidrasi sehat terpenuhi.

“Minum air yang cukup sangatlah penting untuk keseimbangan pengaturan proses biokimia, pengatur suhu, pelarut, pembentuk sel, pelumas sendi dan bantalan organ tubuh, media transportasi zat energi, dan sisa metabolisme,” ujar Ratna. Selain itu, perlu diingat bahwa air merupakan zat gizi makro esensial, yang berarti ia harus dipasok dari luar sebab tubuh tak bisa memproduksi air sendiri.

Waspadai dampak dehidrasi

Jika kebutuhan air tidak memadai, dehidrasi pun bisa terjadi. Inilah yang terjadi pada anak kami. dalam jangka pendek, dehidrasi pada anak dan orang dewasa bisa ditandai dengan kepala pusing, kelelahan, rasa haus, mulut kering, mudah marah, air seni yang gelap, kulit kering, serta konstipasi. Beberapa gejala ini kami temukan pada si sulung. Karena jarang minum, kulitnya tampak kering tak sehat, mulutnya kering, gampang marah, dan tentu saja sembelit. Tak jarang kami mendapati celana pendeknya terkena noda feses kering akibat pencernaan yang tidak sehat.

Lebih lanjut dr. Nurul mengatakan bahwa delapan gelas sehari adalah asupan wajib yang tak bisa ditawar-tawar lagi. Adapun volume air yang dibutuhkan menurut kondisi orang per orang dapat dilihat sebagai berikut. Jangan sampai kekurangan ya, apalagi sengaja menguranginya lantaran malas minum atau belum merasa haus.

Panduan asupan semacam itu dapat mencegah dehidrasi atau ketidakseimbangan kebutuhan cairan tubuh yang bisa berakibat pada gangguan kesehatan baik jangka pendek seperti penurunan konsentrasi, kelelahan dan sembelit maupun jangka panjang seperti gangguan ginjal (batu ginjal, penyakit ginjal kronis), infeksi saluran kemih, serta risiko kegemukan.  

Bagaimana mungkin air putih dapat mencegah kegemukan? Logikanya, kalau banyak minum tubuh kita bakalan lebih gemuk kan? Tidak seperti itu. Alasan pertama adalah air minum dapat membantu kita membakar lebih banyak kalori. Minum air sebanyak 0,5 liter misalnya dapat meningkatkan pembakaran kalori setidaknya selama satu jam. Alasan kedua, meminum air sebelum kita makan akan mengurangi nafsu makan berlebih pada individu paruh baya atau yang lebih tua. Dengan demikian, asupan kalori akan berkurang yang berkontribusi pada penurunan berat badan.

Agar anak mau minum

Saat saya desak untuk menyebutkan langkah cerdas agar anak mau minum air seperti yang disyaratkan, dr. Nurul mengusulkan agar orang tua menyediakan botol atau tumblr air dengan desain karakter yang kini marak dijual di pasar. Meskipun harganya agak mahal, tapi itu terbukti menarik minat anak-anak di samping mengurangi sampah plastik dalam bentuk botol kemasan.

Cara kedua yang bisa ditempuh adalah menambahkan rasa pada air minum anak. Misalnya dengan melarutkan daun mint, lemon, citrus, atau buah lain sehingga anak tidak bosan menikmatinya. Harap maklum, anak memang mudah bosan sehingga orang tua haraus kreatif mengakalinya. Jika air bersuhu biasa tak mungkin, bisa didinginkan meskipun tak sering asalkan anak mau minum.

Cara ketiga, anak diedukasi tentang bahaya kekurangan air minum. Orangtua bisa menyebutkan risiko penyakit jangka panjang ataupun dampak jangka pendek jika anak nekat mengurangi asupan air minum mereka. Tentu saja dalam bahasa yang mudah mereka pahami dan mendorong agar anak hidup lebih sehat, misalnya dengan bantuan animasi yang bisa ditemukan banyak di Internet.

Cara lain adalah mengadakan gerakan AMIR atau Ayo Minum Air seperti yang digagas oleh Indonesian Hydration Working Group (IHWG). Sayangnya untuk saat ini baru Jakarta yang menjalankannya di mana para dokter atau ahli gizi masuk ke sekolah dan berinteraksi dengan anak-anak untuk menyadarkan mereka pentingnya minum air putih.

Sebagai salah satu kluster riset Universitas Indonesia, IHWG memang diharapkan dapat membantu peningkatan kualitas dan kuantitas riset UI yang saat ini berfokus pada bidang 10 bidang, salah satunya peningkatan kehidupan anak, keluarga, dan komunitas.  Sebagai tahap awal pelaksanaan edukasi masyarakat melalui Amir, IHWG pun meluncurkan Komik Hidrasi dan modul pelatihan bagi para guru serta pelaku rawat (care giver) sebagai media untuk menyebarkan informasi dan pengetahuan mengenai pentingnya minum air putih, khususnya bagi anak-anak.

Tak perlu dibantah lagi, manfaat air minum sungguh sangat banyak. Nah, waktu terbaik untuk memulai memasok kebutuhan air putih adalah di pagi hari setelah kita bangun tidur. Pada pagi hari tubuh kita terbangun dari istirahat dan melakukan proses pemulihan semalaman. Harus diingat kita juga kehilangan banyak cairan selama waktu tidur. Manfaat air minum aantara lain:

Membuat kulit jadi berkilau

Meremajakan otot dan sel-sel darah

Menyeimbangkan sistem getah bening

Menyeimbangkan sistem limpa

Melangsingkan tubuh

Membersihkan usus

Menambah darah

Menyehatkan ginjal

Memperlancar buang air besar

Simak video berikut biar lebih semangat minum air putih.

Syarat air minum dalam kemasan

Namun sayang, di lapangan nyatanya masih kurang informasi yang tersedia mengenai berbagai jenis Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) dan manfaatnya. Yang terjadi justru klaim sepihak tanpa dukungan uji klinis bahwa air minum jenis tertentu mampu menyembuhkan penyakit berat atau kronis.

Pertama-tama, harus dipastikan bahwa air minum dalam kemasan yang akan kita konsumsi tidak berasa, tidak berbau, tidak berwarna, dan tidak mengandung zat berbahaya bagi tubuh. Ini disampaikan oleh ketua IHWG Dr. dr. Diana Sunardi, M.Gizi, Sp.GK. “AMDK merupakan produk yang diatur secara ekstensif karena mempunyai peran yang sangat penting dalam kesehatan masyarakat. memenuhi kebutuhan hidrasi tubuh, Air Minum Dalam Kemasaan (AMDK) menjadi salah satu pilihan masyarakat. Dengan banyaknya jenis AMDK yang dijual di pasaran saat ini, tidak banyak masyarakat yang memahami perbedaan dan manfaat pada setiap jenisnya,” imbuh Diana.

Dalam acara Hydration Talk di Surabayabeberapa hari lalu Diana membahas empat jenis AMDK yang banyak dipasarkan di Indonsia. Saya yakin sebagian BBC Mania sudah akrab dengan nama air mineral, air demineral, air oksigen, dan air alkali (pH tinggi). Tanpa perlu diperjelas, air mineral menduduki peringkat pertama sebagai AMDK yang paling mudah ditemukan di pasaran. Seperti namanya, air mineral mengandung mineral-mineral dalam jumlah tertentu tanpa mengalami penambahan mineral sebagaimana diatur dalam SNI yang berlaku.

Dalam air mineral terkandung Natrium yang berfungsi menjaga keseimbangan cairan & elektrolit, Magnesium untuk menjaga sistem kardiovaskuler, Kalsium menjaga kesehatan tulang, Kalium untuk sistem saraf dan otot, Zinc untuk pembentukan sel dan enzim, Florida mencegah karies gigi, dan Silica yang membantu memperkokoh jaringan.

Diana menegaskan bahwa selain memberikan manfaat dari tercukupinya kebutuhan hidrasi, jenis air lain seperti demineral, air alkali, dan air oksigen masih butuh dukungan kajian ilmiah lebih lanjut guna mengetahui apakah mereka memang memiliki manfaat kesehatan lain seperti diklaim selama ini.

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), mengonsumsi air tanpa mineral justru dapat meningkatkan risiko osteoporosis, hipertensi, serangan jantung, dan hipotiroid. Pastikan AMDK yang akan kita konsumsi memiliki kemasan atau botol yang bersih, label dan tanggal kedaluwarsa yang jelas, serta kode produksi yang sama pada bagian tutup dan botolnya.

One planet, one health

Bertindak sebagai narasumber ketiga adalah Hydration Science Director dari PT. Tirta Investama (Danone-AQUA), dr. Tria Rosemiarti yang menjelaskan tentang komitmen Danone-AQUA dengan berbagai pihak seperti IHWG dan Universitas Indonesia serta sejumlah universitas lain di Indonesia untuk mengedukasi publik demi meningkatkan kesadaran akan pentingnya kebiasaan minum air yang sehat di tanah air.

Kita tahu bahwa Aqua adalah merek kelahiran asli Indonesia yang telah berkiprah selama lebih dari 46 tahun di Indonesia dengan usaha terus-menerus dalam memberikan kebaikan air kepada masyarakat dengan menyediakan hidrasi sehat sekaligus memelihara keberlangsungan alam. Visi dan misi inilah yang hendak diwujudkan oleh Danone melalui tagline “One Planet One Health” yang berpijak pada keyakinan bahwa gaya hidup dan lingkungan yang sehat berkontribusi positif pada kesehatan masyarakat.

Nah, BBC Mania, mulai sekarang pastikan Anda jeli dalam memilih jenis AMDK yang sesuai dengan standar dan manfaat kesehatan. Air yang bermutu akan mendukung terpenuhinya hidrasi sehat sehingga aktivitas sehari-hari bisa kita tuntaskan. Ternyata minum meminum air bukan sesederhana meneguk air putih belaka. Ada manfaat dan bahaya jika kita tak cerdas mengonsumsinya.

Advertisements

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s