Hal Penting Yang Perlu Diperhatikan Di Masa Awal Kehamilan

Kabar indah akhirnya datang juga. Sungguh bahagia istri diberi kesempatan mengandung lagi. Syukur alhamdulillah, semoga kehamilan ketiga ini membawa berkah dan lebih banyak peluang kebaikan bagi kami sekeluarga. Terutama kemudahan bagi Bunda Xi yang di awal masa kehamilan tentu akan merasakan ada banyak yang berubah pada tubuhnya.

Bukan hanya perubahan fisik, tetapi juga secara batin. Perubahan tersebut yang membuat seorang ibu kesulitan dalam mengatasi kehamilan awalnya sehingga tidak sedikit yang mengalami keguguran. Selain itu, faktor ketidaktahuan akan hal-hal penting yang perlu diperhatikan saat hamil juga dapat memicu keguguran.

Untuk itu penting bagi ibu memiliki pengetahuan seputar kehamilan selama mengandung maupun sebelum masa kehamilan. Pengetahuan dasar tentang menjaga kandungan penting untuk ibu ketahui agar terhindar dari keguguran. Berikut hal penting yang perlu diperhatikan di masa awal kehamilan.

Gambar dari pregnancy-nutrition dotcom

Pemenuhan Nutrisi yang Cukup

Hal penting yang harus diperhatikan untuk Ibu di masa awal kehamilannya yaitu pemenuhan nutrisi yang cukup. Seperti yang sudah banyak diketahui bahwa multivitamin dan mineral penting sejak awal kehamilan. Untuk itu, ibu wajib memperhatikan makanan yang sekiranya mengandung multivitamin dan mineral yang cukup agar janin dapat berkembang dengan baik.

Hindari Kecapaian

Kecapean menjadi penyebab yang paling sering menjadikan janin keguguran. Ibu seringkali tidak sadar bahwa ia sedang hamil sehingga tidak memperhatikan kegiatan atau gerakan-gerakan yang seharusnya tidak dilakukan. Kecapean dapat mengguncang rahim terutama di masa awal kehamilan karena masih lemah.

Pantangan Makanan

Meski banyak Ibu hamil yang merasakan ngidam, memakan makanan tanpa melihat kandungannya juga berbahaya bagi ibu dan janin. Ngidam meskipun dianggap sebagai keinginan bayi, tidak dapat terus-terusan dituruti mengingat tubuh ibu hamil yang terkadang tidak kuat dengan kandungan tertentu dalam makanan. Seperti durian, nanas, soda, merupakan makanan yang tidak diperbolehkan untuk ibu hamil karena dapat menyebabkan keguguran.

Berpikiran Negatif

Seperti kata nenek moyang, ibu hamil dilarang berpikiran negatif karena akan mempengaruhi tumbuh kembang janin. Pikiran negatif juga membuat ibu mudah terkena stress sehingga dapat menghambat pertumbuhan janin. Stress dapat membuat ibu sakit dan berpengaruh pada kesehatan janin. Maka disarankan ibu hamil agar melatih pikiran berpikir jernih dan positif, serta mencari info terbaru di https://www.guesehat.com/.

Dengan memperhatikan hal-hal di atas, terutama pemenuhan nutrisi yang seimbang selama masa kehamilan, ibu hamil akan mengalami proses yang lebih bermakna dan penuh kesan sambil menanti kelahiran buah hati.

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s