Referensi Bisnis Dengan Memanfaatkan Keterampilan

barbershop menjanjikan

Aplikasi keuangan selalu bisa diandalkan untuk membantu manajemen bisnis agar berjalan dengan sangat efektif. Apalagi jika bisnis tersebut adalah bisnis jasa, maka semua harga dan pesanan dapat terorganisasi dengan sangat baik. Kalau tidak teliti dan tertib administrasi, sangat mungkin terjadi kerancuan data sehingga mengganggu cashflow.  

Bisnis jasa kini saya tekuni, yakni menulis di blog dan menjadi content creator di Instagram. Penerjemahan juga saya geluti sebab bisa dilakukan secara remote. Sebagai pendulang penghasilan alternatif, profesi tersebut butuh skill tertentu agar bisa eksis. Hal ini pula yang dapat membuat kondisi keuangan dapat kembali seperti sedia kala saat tiba-tiba saja kehilangan pekerjaan. Seperti yang terjadi pada sebagian besar orang saat wabah virus korona yang tak kunjung berakhir.

1 | Permak pakaian

Memiliki keahlian menjahit dapat dimanfaatkan sebagai ladang bisnis. Peluang usaha pada jasa permak sangat besar. Sehingga sebaiknya tidak disia-siakan begitu saja keterampilan menjahit.

Apalagi banyak orang yang membutuhkan jasa jahit untuk permak pakaian. Setiap baju yang dibeli di department store ataupun toko baju hingga pasar sering kali ukurannya tidak pas di tubuh.

Biasanya sebagian besar pelanggan jasa permak pakaian adalah emak-emak. Dengan dukungan aplikasi keuangan BukuKas yang perannya sangat penting, bisnis yang kita kelola bisa tercatat dengan baik. Khususnya untuk berjaga-jaga jika ada beberapa customer yang membayar dengan kasbon atau berutang.

2 | Jasa servis barang elektronik

Referensi usaha ini bagi BBC Mania yang punya hobi mengotak-atik berbagai macam alat elektronik dan terbiasa memperbaikinya sendiri. Hal ini dapat dimanfaatkan untuk membuka sebuah usaha jasa service barang elektronik. Enaknya, bisnis ini bisa dikerjakan di rumah atau berdasarkan panggilan jadi waktunya fleksibel.

Meskipun peluangnya tidak cukup besar, tetapi jasa service barang elektronik sangat dibutuhkan. Jika ditekuni dengan telaten, hasil dari jasa untuk service barang elektronik bisa lumayan besar. Sehingga meskipun tidak begitu ramai, tetapi hasilnya sangat menguntungkan.

3 | Jasa cuci motor dan mobil

Khusus untuk peluang usaha yang satu ini sangat identik dengan kaum laki-laki. Tidak ada skill khusus untuk menjalankan usaha jasa cuci motor dan mobil. Hanya saja harus menyediakan sepatu boots dan sarung tangan khusus, agar tidak terkena kutu air.  Jangan lupa juga menyiapkan alat yang dibutuhkan.

Sepintas bisnis jasa cuci motor dan mobil mungkin monoton, tapi peluangnya besar loh. Orang memang tidak mungkin mencucikan motor atau mobil setiap hari, tapi ada pula orang yang clean freak sehingga kendaraannya tak enak kalau tak dicuci secara rutin. Namun jika ditekuni, usaha ini sangat menjanjikan.

4 | Salon/barbershop

Usaha berikutnya tidak dapat dilakukan begitu saja. Butuh keahlian khusus lewat latihan dan praktik panjang. Akan tetapi usaha ini mempunyai peluang yang sangat baik dan sangat jarang gulung tikar. Bahkan cenderung bertambah cabang. Tempat untuk memulai usaha pun tidak perlu berupa ruko besar di pinggir jalan. Di rumah pun bisa.

Sangat disarankan untuk belajar terlebih dahulu secara langsung di salon atau barbershop sebelum menjalankan bisnis jasa ini. Atau bisa pula mengikuti kursus beauty class yang sekarang banyak tersedia. Intinya, banyak bekal yang bisa dipersiapkan sebelum membuka usaha tersebut agar mantap berjalan.

Dari referensi usaha dengan keahlian khusus di atas, mungkin masih banyak yang bisa digali—sesuaikan dengan minat dan bakat. Yang tak kalah penting, bisnis jasa perlu didampingi dengan aplikasi keuangan Buku Kas. Aplikasi BukuKas yang gratis ini akan sangat berguna untuk catatan keuangan bagi para UMKM. Jika semua tercatat dengan rapi, maka bisnis bisa cepat maju dan prospektif.

2 Comments

  1. Memang ya segala keterampilan yang kita miliki bisa dijual sebagai produk jasa. Pandai-pandai memilih pasarnya saja ya Mas Rudi

    Like

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s