Tips Memilih Bimbingan Belajar Online Agar Anak Semangat Seperti Bermain

Pandemi yang sudah berlangsung selama lebih dari setengah tahun rupanya berdampak besar pada kehidupan kita sebagai bangsa. Bukan hanya lini kesehatan yang terpukul hebat, tapi juga sektor ekonomi yang cenderung lesu seiring melemahnya daya beli masyarakat nasional bahkan internasional karena wabah berlangsung secara global. Pengaruh pandemi juga menyentuh ranah pendidikan akibat pembatasan interaksi dalam skema physical distancing demi mencegah penyebaran virus penyakit di antara guru dan pelajar.

Belajar di rumah atau pembelajaran jarak jauh (PJJ) akhirnya dipilih sebagai metode paling masuk akal saat ini. Pola ini setidaknya menguntungkan dalam beberapa hal. Pertama, proses belajar bisa diadakan secara daring atau online sehingga guru dan murid tak perlu bertemu langsung yang biasanya melibatkan kerumunan. Kedua, anak tak dituntut berangkat ke sekolah setiap hari sehingga pengeluaran uang saku bisa dihemat. Kalaupun perlu kuota, nilainya tak terlalu besar apalagi sekarang pemerintah menyediakan subsidi berupa kuota belajar online.

Keuntungan ketiga adalah peluang untuk membangun bonding antara anak dan orangtua selama mereka belajar di rumah. Jika semula anak lebih banyak belajar di sekolah, maka kini saatnya orangtua membantu proses belajar ketika anak punya banyak waktu di rumah. Orangtua bisa berpartisipasi dalam mentransfer ilmu kepada buah hati dengan bantuan modul dari guru mereka. Tentu bagi orangtua yang tidak sibuk bekerja.

Tips pilih bimbingan belajar online

Masalahnya tidak semua orangtua punya privilege seperti itu. Selain keterbatasan waktu karena tuntutan pekerjaan, kemampuan atau kompetensi pribadi tak jarang kurang memadai. Alih-alih anak semangat belajar, bisa-bisa mereka malah tertekan akibat ditangani ortu yang tidak sabaran. Di sinilah dibutuhkan kreativitas dan fleksibilitas saat pandemi agar anak tetap belajar optimal dengan cara yang menyenangkan tanpa bergantung sepenuhnya pada guru sekolah.

1 | Inovatif dan adaptif

Pilihan ideal pada kondisi begini bisa jadi adalah bimbingan belajar online. Bimbel secara daring bisa lebih produktif karena jadwal bisa lebih leluasa dan paket bisa disesuaikan dengan kebutuhan anak. Yang paling penting, mereka akan dipandu oleh guru-guru yang kompeten dengan dukungan materi sesuai kurikulum terbaru. Salah satunya bisa ditemukan di kelaspintar.id.

Sesuai namanya, Kelas Pintar bisa menjadi solusi belajar online dengan metode pintar dan personal. Semuanya terintegrasi dengan desain utama untuk meningkatkan minat belajar dan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Selain membangun kepercayaan diri karena mampu menguasai materi, anak-anak akan terbantu untuk meraih nilai akademis yang memuaskan.

Selain inovatif dalam menyajikan materi, Kelas Pintar paham betul bahwa setiap anak punya preferensi dan gaya belajar yang khas. Tidak generik alias berbeda satu dengan yang lain. Pendekatan personal yang adaptif dalam penyampaian materi di Kelas Pintar telah dirancang agar memenuhi kebutuhan siswa dengan beragam karakter, baik yang cenderung Visual, Audio, ataupun Kinesthetic (V.A.K).

2 | Progresif dan atraktif

Kiat kedua memilih bimbingan belajar online yang tepat adalah visi kemajuan atau progresivitas. Bimbel harus update terhadap tuntutan kompetensi akademik dan punya cara tersendiri untuk mendekatkan siswa pada materi tersebut secara menarik. Dalam hal ini Kelas Pintar telah berupaya optimal untuk memastikan agar para siswa dapat menyerap kurikulum pendidikan terkini di Indonesia.

Dengan mendayagunakan metode PINTAR yakni pendekatan berbasis Learn, Practice, dan Test, siswa akan mempelajari terlebih dahulu materi secara keseluruhan dalam bentuk audio-visual, video animasi, dan buku pelajaran elektronik (e-book) yang tetap atraktif agar siswa menikmati aneka sajian tersebut.

Adapun penguatan konsep dilakukan lewat soal-soal latihan yang bervariasi seperti HOTS dan tanya jawab. Ini akan melatih kemampuan mereka agar siap menghadapi ujian sesungguhnya. Sedangkan untuk menguji penguasaan anak, mereka akan dihadapkan pada evaluasi dalam bentuk yang bervariasi, mulai dari multiple choice questions, tes adaptif, hingga esai. Menarik banget kan?

3 | Fitur lengkap

Selain pendekatan yang inovatif dan progresif, bimbingan belajar online juga harus menawarkan fitur-fitur yang dibutuhkan siswa untuk memudahkan proses belajar mereka. Kelas Pintar bukan hanya membebaskan siswa untuk merencanakan belajar mandiri tetapi juga membentuk kelompok belajar agar lebih bersemangat. Orangtua pun dapat terlibat dengan memonitor kemajuan anak atau sekadar memberikan dukungan. Ini fitur yang langka.

4 | Kolaboratif

Meskipun belajar adalah tugas utama anak, tetapi orangtua tetap perlu terlibat dalam proses belajar mereka. Bimbingan belajar online yang bagus akan memberi ruang bagi murid, guru, dan orangtua untuk saling terkoneksi. Nah, Kelas Pintar memungkinkan terjadinya sinergi antara guru, sekolah, dan orang tua dalam mengoptimalkan peran masing-masing.

Orangtua bisa terlibat dengan memantau progress anak.

Lewat platform yang terintegrasi, proses belajar siswa bisa direkam agar dijadikan bahan analisis bagi guru, orangtua, juga sekolah yang terlibat. Dengan demikian, bukan hanya materi yang dikuasai tetapi pemahaman karakter, potensi, dan kesulitan siswa dalam belajar pun bisa diteliti. Kolaborasi semacam ini positif untuk mendukung kinerja siswa.

5 | Paket lengkap

Pilihan paket yang ditawarkan bimbingan belajar online harus jadi perhatian utama sebab menyangkut biaya atau dana. Bukan rahasia lagi kini kita berada pada masa pandemi sehingga setiap pengeluaran harus diperhitungkan dengan cermat, termasuk pos belajar untuk anak.

Kelas Pintar punya daftar paket mulai dari sebulan hingga satu tahun dengan fasilitas lengkap:

  • Akses ke puluhan ribu materi belajar sesuai dengan Kurikulum 2013 Revisi
  • Metode belajar menyeluruh dalam bentuk Learn, Practice, dan Test
  • Belajar menyenangkan dengan materi pembelajaran dalam bentuk Video Animasi Interaktif.
  • Puluhan ribu soal berbobot dan beragam yang dikemas menarik dalam bentuk Games,Test adiktif, MCQ, VBQ, dll.)
  • Pengalaman belajar yang berbeda berkat metode belajar yang disesuaikan dengan gaya belajar siswa yakni berbentuk Video, Audio, dan Kinesthetics (VAK).
  • Guru ahli dari Kelas Pintar siap membantu kesulitan siswa secara cuma-cuma lewat fitur Tanya Prioritas
  • Terintegrasi langsung antara Guru, Murid dan Orang Tua dalam satu platform bimbingan belajar

6 | Tepercaya

Yang tak boleh dilupakan adalah penyelenggara atau penyedia bimbingan belajar online tersebut. Jangan sampai memilih bimbel yang asal murah tanpa portofolio yang kuat. Harus ada bukti kinerjanya, baik teruji oleh waktu maupun jangkauan wilayah operasi.

Dengan menilik 6 tips tersebut, memilih bimbingan belajar online bisa jadi gampang asalkan kita teliti terutama terhadap siswa atau sekolah yang pernah menggunakan jasa bimbel online tersebut. Jangan tergiur soal harga atau layanan yang murah tapi mengorbankan fitur atau kualitas. Pendidikan adalah investasi berharga untuk masa depan anak, maka mutu jadi patokan utama.

Belajar asyik, bermain semakin menarik.

24 Comments

  1. Kelas pintar ini menyediakan bermacam paket ya, bisa dipilij sesuai kebutuhan. Memang di jaman teknologi digital seperti sekarang, kita perlu memanfaatkan aplikasi yg ada utk menunjang kebutuhan kita.

    Like

    1. Iya, Mas. Paket bisa dipilih sesuai kebutuhan atau kemampuan masing-masing keluarga. Di zaman serbadigital belajar enggak perlu terhambat gara-gara pandemi. Masih bisa optimal asalkan cerdas pilih solusi seperti Kelas Pintar ini.

      Like

  2. Kelas pintar yang inovatif begini benar-benar membantu banget apalagi di masa pandemi:) Ntar Dewi info deh ke saudara ada yang lagi bingung memilih belajar online….

    Like

  3. Wah, biaya untuk ikutan les daring di kelaspintar ini murah meriah ya. Nggak sampai 500 ribu untuk 12 bulan per mata pelajaran.

    Les memang kadang perlu untuk membantu anak belajar lebih intensif. Apalagi bisa dilakukan secara daring.

    Like

    1. Betul itu, Kak. Hari gini kudu selektif pilih bimbel online yang efektif. Bukan cuma terjangkau tapi pendekatannya kudu sesuai dengan minat anak, yg menarik. Belajar di rumah makin asyik deh!

      Like

  4. Andai dulu pas masih sekolah sudah kenal Kelas Pintar. Jadi gak perlu iri sama teman lain yang bisa ikut les di luar sekolah. Pandemi bikin kita muter otak termasuk soal belajar yang nyaman dan gak bikin pusing

    Like

    1. Sekarang memang banyak penyedia bimbel online ya, Jiah. Makin memudahkan siswa buat belajar dan memperdalam materi walau tinggal di rumah. Yang penting pilih mitra belajar yang mengerti kebutuhan siswa.

      Like

  5. wuah asyik juga ya si kelaspintar.id
    bisa mengerti para ortu yang anaknya butuh banget bimbel online
    karena ortu tuh harus bisa mantau ya supaya jelas gimana perkembangan anaknya

    Like

  6. Wah kelaspintar.id ini nampaknya memang professional banget yaa sebagai bimbingan belajar online masa kini. Fitur-fiturnya yang lengkap membuat kelaspintar.id ini sayang untuk dilewatkan. Namun, kalau misalkan harga paketnya bisa sedikit lebih rendah lagi pasti bakalan membludak orang yang pakai.

    Like

    1. Ramah di kantong dan banyak pilihannya, Kak. Soalnya juga bervariasi, pokoknya paham kebutuhan siswa deh. Orangtua ga perlu cemas karena mereka pun bisa terlibat kok untuk memantau progress studi anak.

      Like

  7. Saya mulai butuh tempat les online ini. Nggak bisa berperan ganda jadi ibu sekaligus guru secara maksimal. Karena memang nggak semua ilmu saya kuasai. Info ini pas banget buat saya. Thanks mas

    Like

    1. Kebayang beratnya ya Mbak IRT yang harus menemani anak belajar PJJ. Kudu ekstra sabar dan telaten. Urusan domestik aja kayak ga habis-habis, hehe, apalagi ditambah pusing menghadapi anak. Solusinya bisa pilih bimbel online seperti KelasPintar ini. Terima kasih ya sudah mampir, semoga bermanfaat.

      Like

  8. Nah, dengan pilihan paket yang tersedia jadi bisa difikirkan paket mana yang cocok untuk dipilih

    Like

  9. Baru tahu Kelas Pintar ini. Pastinya dengan ikut kelas ini orang tua bakal terbantu banget ya Mas. Apalagi harga yang ditawarkan juga masih terjangkau lah

    Like

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s