Apa Tes Kecakapan Bahasa Inggris Resmi?

Untuk memastikan penguasaan bahasa Inggris, kita perlu mengikuti ujian bahasa Inggris yang diakui secara internasional. Ada beberapa jenis tes yang kamu bahkan mungkin sedang mempersiapkannya. Namun, setiap tes memiliki tujuan tertentu dan negara atau sekolah tertentu biasanya lebih suka menggunakan salah satu daripada yang lain. Sebagian besar tes ini cukup mahal, jadi sebelum mengikutinya, kamu harus mempersiapkannya dengan benar untuk mengetahui apakah kamu sudah siap. Salah satunya adalah dengan mengambil Tes bahasa Inggris online yang akan membantumu mempersiapkan diri untuk ujian “resmi” yang besar ini. Memang ada apa saja sih tes bahasa inggris itu?

Tes bahasa Inggris online

Pertama ada IELTS. Kependekan dari International English Language Testing System, IELTS adalah salah satu ujian bahasa Inggris yang paling dihormati dan banyak digunakan dan merupakan keharusan saat kita akan berimigrasi ke sebagian besar negara berbahasa Inggris.

Berikutnya ada TOEFL yang merupakan kependekan dari Test of English as a Foreign Language dan sangat mirip dengan IELTS. Namun, tidak seperti ujian lainnya, TOEFL melibatkan pelamar yang hanya berinteraksi dengan komputer selama ujian. Skor 90 atau lebih dianggap sebagai skor yang baik, tetapi tempat yang berbeda mungkin memiliki perbedaan persyaratan visa, pendaftaran universitas, dan lainnya.

Selain itu, ada Cambridge Assessment English yang sertifikatnya diterima di seluruh Inggris. Tes ini memberikan hasil dari A1 (pemula) hingga C2 (penguasaan lanjutan), menurut Kerangka Acuan Umum Eropa untuk Bahasa (CEFR). Ada juga TOEIC yakni Tes Bahasa Inggris untuk Komunikasi Internasional secara khusus digunakan untuk menguji kemampuan bahasa Inggrismu sehari-hari dalam konteks lingkungan kerja.

Lalu ada OPI dan OPIc. OPI adalah Wawancara Kemahiran Lisan terutama mengukur keterampilan berbicaramu, sedangkan OPIc adalah ujian yang sama tetapi sepenuhnya dijalankan oleh komputer. Kamu biasanya dinilai dalam skala mulai dari “pemula” hingga “superior”.

Ternyata banyak bukan jenis tes bahasa Inggris yang bisa kita ikuti? Setelah mengetahuinya, BBC Mania bisa menimbang mana yang membantu untuk menentukan bagaimana kamu harus belajar bahasa inggris.

3 Comments

  1. Sejak TK saya udah dapat tuh pelajaran bahasa Inggris di sekolah. Lalu SD pun selain dapat pelajaran di sekolah juga ikut les buat belajar bahasa Inggris lebih lanjut. SMP hingga SMA saya pun kursus di EF yang tenaga pengajarnya ada native speaker. Jadi seneng banget bisa belajar langsung dengan penutur bahasa Inggrisnya langsung dan belajar dialek mereka serta kolokasi. Untuk Tes bahasa Inggrus yang saya ikuti cuma TOEFL. Untuk IELTS, TOEIC, Cambridge Assessment dan OPI belum pernah.

    Like

  2. Penguasaan Bahasa Inggris memang penting banget di zaman sekarang. Apalagi buat yang mau bepergian ke luar negeri yang massyarakatnya menggunakan Bahasa Inggris

    Like

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s