Mengenal Manfaat Daun Sirih Agar Gigi Sehat dan Mulut Tetap Bersih

Manfaat daun sirih sudah tak asing lagi. Daun ini boleh dibilang ibarat daun ajaib sebab punya banyak khasiat. Di kampung saya sejak dulu daun sirih (dikenal dengan daun suro) digunakan untuk mengobati sakit perut, merawat kulit, dan menjaga kesehatan mata. Yang paling banyak dipraktikkan tentu saja daun sirih yang dikunyah untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Bahkan di desa-desa kebiasaan ini masih dipelihara.

Secara turun-temurun daun sirih memang dipercaya ampuh membantu mempertahankan kesehatan gigi dan mulut. Cara itu dipilih mengingat daun sirih memang bahan alami yang hadir tanpa efek samping. Tanamannya juga mudah tumbuh atau dikembangbiakkan di mana saja sehingga jadi pilihan favorit. Tak heran jika tradisi nginang dilestarikan di seluruh Nusantara, yakni mengunyah daun sirih dengan campuran gambir dan kadang tembakau.

Kenali manfaat daun sirih untuk mulut dan gigi

Orang Indonesia sejak dulu telah memilih bahan-bahan alami untuk merawat kesehatan tubuh, salah satunya daun sirih. Dengan memahami manfaat daun sirih, kita bisa memetik khasiat yang banyak terutama demi mewujudkan kesehatan gigi dan mulut.

1 | Mengurangi bau mulut

Siapa yang tahan dengan gigi berlubang? Bahkan perempuan dewasa seperti istri saya pun tak kuat saat gigi berlubang menderanya. Apalagi anak-anak, tentu mereka akan kesakitan. Yang tak mengenakkan adalah bau mulut yang tak sedap selalu menyertai gigi yang berlubang. Ini semua akibat bersarangnya bakteri dan sisa makanan yang memicu timbulnya bau mulut yang bikin malu. Coba gunakan daun sirih dengan kandungan minyak atsiri yang mampu mengurangi bau mulut berkat aromanya yang segar dan wangi.

2 | Mengurangi bakteri di mulut

Tingginya kandungan antibakteri dalam daun sirih membuatnya ideal untuk dikunyah guna mengurangi bakteri di dalam mulut. Bakteri jahat dalam mulut tidak bisa dibiarkan bebas begitu saja sebab dapat menyebabkan gigi berlubang. Siapa sih yang tak ingin punya gigi nan kuat dan terawat? Dengan cara mudah kita bisa mengupayakannya lewat bahan alami.

3 | Meredakan Sakit Gigi

Siapa pun yang pernah menderita sakit gigi tahu betapa tersiksanya gigi nyut-nyutan. Nah, daun sirih bisa dimanfaatkan untuk meredakan sakit gigi akibat gigi berlubang. Caranya sangat simpel: mengunyah daun sirih sesuai kondisi. Oleh sebab itulah gigi berlubang harus dihindari karena dapat memperparah sakit gigi akibat serangan bakteri jahat.

4 | Mencegah Gusi Bengkak

Manfaat lain daun sirih adalah mengatasi gusi bengkak akibat infeksi bakteri. Keampuhan daun sirih yang berkhasiat membunuh bakteri akan mencegah terjadinya gusi bengkak. Jangan diremehkan loh mengingat gusi bengkak sangat mengganggu kenyamanan dan kelancaran aktivitas. Maka cegah infeksi pada gusi dengan mengusir bakteri menggunakan daun sirih. Gusi sehat, pikiran ikut tenang dan produktivitas pun melesat.

5 | Mencegah Timbulnya Karang Gigi

Pengalaman saya sewaktu membersihkan karang gigi di dokter gigi langganan sungguh masih berkesan. Bukan karena sakit, tapi rasa tidak nyaman saat karang dikikis menggunakan bor khusus. Mau bagaimana lagi, jika plak dibiarkan ia bisa menyebabkan enamel gigi rusak. Nah, coba manfaatkan daun sirih agar bakteri ditumpas sehingga pembentukan plak bisa dihindari. Dengan begitu, karang gigi tidak akan muncul lagi.

ANDALKAN PEPSODENT ACTION HERBAL DENGAN KANDUNGAN DAUN SIRIH

Khasiat daun sirih yang begitu banyak tentu saja menyenangkan karena cara menggunakannya sangat mudah. Akan tetapi, itu bukan berarti kita bisa melupakan kebiasaan positif yakni menggosok gigi secara teratur. Keuntungan utama menggosok gigi adalah kepraktisannya. Kita tinggal menuangkan pasta gigi secukupnya lalu menggosokkannya pada gigi secara menyeluruh. Bayangkan jika harus mengunyah daun sirih sepanjang waktu, tentu merepotkan apalagi jika harus bertemu mitra kerja, misalnya.

Tambahan lagi, pasta gigi kini semakin inovatif salah satunya Pepsodent Herbal Action yang mengandung ekstrak daun sirih. Sebagai produsen pasta gigi terkemuka, kita tak perlu ragu dengan inovasi ini karena kenyamanan dan keamanan produk dijamin demi menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Manfaat daun sirih kini bisa kita dapatkan dalam Pepsodent Herbal Action.

Pepsodent Action Herbal adalah solusi cerdas bagi siapa pun yang ingin memetik manfaat daun sirih secara instan dan higienis. Kita bisa saja memetik lalu mengunyah daun sirih dari pekarangan, tapi bagaimana tingkat higienitas daun tersebut? Tentunya lebih aman dan nyaman menggosok gigi dengan pasta gigi berekstrak daun sirih agar mulut dan gigi kita terjaga kebersihannya.

Ekstrak daun sirih dalam pasta gigi ini bisa berfungsi sebagai zat antikuman. Jadi, begitu selesai menggosok gigi dengan Pepsodent Herbal Action, perlindungan maksimal bagi gigi dan mulut bisa kita dapatkan. Bukan hanya itu, masih ada kandungan garam dan jeruk nipis di dalam pasta gigi pilihan ini yang akan memperkuat khasiat positifnya untuk gigi yang lebih sehat.

Selama ini orang mengandalkan garam sebagai bahan alami untuk meredakan peradangan. Adapun jeruk nipis, ia berkhasiat menciptakan sensasi segar di dalam mulut. Dengan berbagai kandungan ini, maka menggosok gigi menggunakan Pepsodent Action Herbal akan membantu kita mencegah gejala panas atau bau di dalam mulut.

Ingin mendapatkan gigi dan mulut yang sehat? Andalkan daun sirih yang ekstraknya kini sudah terkandung dalam Pepsodent Herbal Action. Mulut jadi adem, napas jadi semakin segar. Kandungan bahan-bahan alami dalam pasta gigi yang kita pilih adalah upaya cerdas untuk melindungi diri dari virus berbahaya selama pandemi.


2 thoughts on “Mengenal Manfaat Daun Sirih Agar Gigi Sehat dan Mulut Tetap Bersih

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s