Mengoptimalkan Ruang Meeting Hotel untuk Banyak Momen Penting

Salah satu hal yang saya rindukan selama pandemi adalah berkunjung ke hotel. Bukan hanya untuk menginap bersama keluarga, tapi juga mengikuti berbagai event yang biasa dihelat di sana. Rasanya sudah kangen berat berada di ruang meeting hotel yang didesain rapi dan menawan saat meliput acara atau mengikuti pelatihan.

Namun sejak pandemi berlangsung, saya nyaris tak pernah menginjakkan kaki di hotel, lebih-lebih merambah ruang meeting-nya. Yang paling menarik dari sebuah ruang pertemuan atau meeting room di hotel adalah fleksibilitasnya untuk berbagai kebutuhan kita. Beragamnya kebutuhan bisa dipenuhi oleh meeting room yang semakin memudahkan.

Ruang meeting bisa difungsikan untuk mendukung berbagai momen penting. (Gambar: freepik.com)

ruang meeting untuk momen penting

Jadi tak perlu bingung jika BBC-Mania membutuhkan tempat yang representatif dengan daya tampung yang memadai sesuai kebutuhan. Optimalkan keberadaan ruang meeting di hotel-hotel sebagai langkah cerdas memuluskan usaha. Apakah mungkin penyewaan ruang meeting bisa menentukan kesuksesan usaha? Tentu saja, setidaknya dengan beberapa alasan berikut.

Pertama, lebih praktis. Menyewa ruang meeting di hotel akan meringankan beban kita dari kesibukan menyiapkannya. Semua peralatan yang kita butuhkan untuk acara-acara penting dijamin tersedia baik yang standar maupun sesuai kesepakatan. Dengan tersedianya perangkat atau kelengkapan yang dibutuhkan, maka waktu kita bisa lebih produktif untuk hal-hal lainnya.

Biasanya ruang meeting sudah dilengkapi dengan sejumlah fasilitas, antara lain:

  • Listrik. Jaringan listrik wajib ada dalam meeting room karena keberadaannya diperlukan untuk memasok daya pada baterai laptop, LCD projector, sound system, dan smartphone atau perangkat elektronik lainnya. Sulit dibayangkan jika aliran listrik tak ada, maka acara berlangsung hambar tanpa musik dan bahkan komunikasi/interaksi selama acara bisa terhambat.
  • Internet. Fasilitas kedua yang wajib tersedia dalam ruang meeting adalah koneksi Internet. Era serbadigital menuntut kecepatan informasi dan komunikasi. Apalagi selama pandemi online meeting internet menjadi sering diadakan yang menuntut adanya koneksi Internet yang mumpuni. Selain kelancaran komunikasi, pengiriman data juga berjalan cepat berkat Internet.
  • Meja dan kursi. Ketika meeting berjalan, pihak-pihak yang terlibat tentunya harus dalam posisi nyaman. Dalam hal ini keberadaan meja dan kursi menjadi fasilitas yang tak bisa dilewatkan. Bukan hanya demi keamanan peserta saat mengikuti meeting, tetapi juga agar alat-alat bisa diletakkan secara sempurna demi kelancaran acara.
  • Peralatan presentasi. LCD projector dan sound system menjadi dua kelengkapan utama dalam sebuah ruang meeting. Di tengah zaman yang sudah terkoneksi secara digital, kita membutuhkan layar untuk presentasi dan laptop sebagai sumber informasi. Meeting bisa berlangsung maksimal jika tata suara bagus dan peralatan lain memadai.

Demikianlah beberapa fasilitas yang biasa tersedia dalam sebuah ruang meeting hotel yang bisa kita andalkan. Tinggal sesuaikan dengan kebutuhan kita dengan klien. Bisa berupa rapat pemegang saham, presentasi produk, hearing dengan calon investor, brainstorming masalah, pelaksanaan workshop, diskusi ringan, dan bahkan makan bersama.

Memahami pemanfaatan ruang meeting akan mempermudah pekerjaan kita sehingga bisnis atau urusan kita bisa berjalan lancar tanpa kendala sebab kita tidak direpotkan dengan hal-hal teknis. Kita bisa fokus pada strategi usaha dan pengembangan barang atau jasa agar lebih mengena pada target yang kita inginkan.


Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s