Pilih Shampo Untuk Rambut Ketombe Biar Sehat dan Makin Pede

shampo untuk rambut ketombe

Pandemi yang tak kunjung usai, bahkan angka kasusnya cenderung meningkat, mau tak mau memaksa kita stay at home demi mengurangi interaksi dan membatasi mobilitas. Walau jarang ketemu orang, selain olahraga dan konsumi makanan sehat, kesehatan rambut jangan sampai diabaikan. Bakalan enggak asyik kan garuk-garuk kepala waktu WFH karena enggak pakai shampo untuk rambut ketombe? Konsentrasi bisa buyar dan kerjaan enggak kelar-kelar.

Walau rambut saya sering rontok dan sebagian cenderung menipis menuju kebotakan, rambut tetaplah bagian yang berharga. Tentulah area lain yang masih lebat rambutnya tak jarang didera rasa gatal dengan kulit kepala kering yang amat mengganggu. Alih-alih berniat memiliki rambut indah, komitmen saya adalah mempertahankan agar rambut yang tersisa selalu sehat dengan nutrisi yang tepat sehingga jauh dari ketombe.

Cara mengatasi ketombe

Ketombe dan kulit kepala biasanya disebabkan kurangnya hidrasi atau cairan pada rambut, atau karena perubahan cuaca yang ekstrem, juga akibat kondisi medis tertentu. Saya pribadi mengalami kebotakan karena faktor genetik yakni menurun dari ayah. Secara alami rambut sebenarnya bisa memproduksi minyak khusus guna membantu terjaganya folikel rambut agar terhidrasi dengan baik dan kulit kepala tak lagi gatal karena ketombe.

Ketombe tak bisa dianggap sepele karena bisa membuat kita tampil tak pede. Bayangkan betapa memalukannya ketika kita bertemu klien atau calon employer dengan rambut yang penuh dengan titik-titik putih dan kulit kepala yang bersisik sehingga sepanjang pertemuan kita sibuk menggaruk kepala.

Apa sih penyebab munculnya ketombe? Ketombe terjadi akibat overproduksi sebum dan pertumbuhan jamur yang tidak berbahaya tapi terakumulasi secara berlebihan, inilah yang disebut malassezia. Dibanding serpihan kulit kepala yang kering, bentuk ketombe adalah serbuk putih yang cenderung lebih besar dan lebih berminyak.

Dengan mengetahui penyebabnya, kita bisa mengatasi ketombe agar rambut sehat terjaga untuk menunjang aktivitas seharian dengan wangi dan kesegaran alami. Berikut ini tips yang bisa coba agar kulit kepala kering dan ketombe bisa diusir dengan cepat.

1 | Kurangi pemakaian produk rambut

Sudah saya sebutkan sebelumnya bahwa penggunaan produk perawatan rambut secara berlebihan dapat memicu tumbuhnya ketombe dan kulit kering. Hal-hal umum yang sering dilakukan misalnya mewarnai rambut, pemakaian mousse, dan hairspray dengan tujuan agar mudah diatur. Faktanya hal-hal itu justru berpotensi membebani rambut dan memperparah kulit kering yang bisa diatasi dengan pemilihan produk styling yang lebih ringan.

2 | Pilih shampo yang lembut

Kepala berketombe dan kulit kepala yang kering adalah bukti bahwa rambut membutuhkan nutrisi untuk mendukung pertumbuhan rambut yang optimal. Shampoo antiketombe bisa dipilih karena memiliki dua manfaat sekaligus: menutrisi kulit kepala untuk mengusir ketombe dan mencegah rambut rontok, tepat seperti yang saya butuhkan. Kalau tidak berhati-hati pilih produk, maka minyak alami yang dihasilkan bisa hilang saat keramas.

Dalam hal ini shampo dan kondisioner lembut adalah solusi efektik yang bisa kita pilih. Seperti koleksi TRESemmé Scalp Care sebab formulanya dirancang khusus dengan Vitamin E dan Zinc Essence yang kaya sehingga kulit kepala akan terawat lembutnya sambil tetap menutrisi rambut sehingga kelembapannya terjaga.

Bukan saatnya lagi tampil grogi di depan umum hanya karena kulit kepala kering atau rambut berketombe yang bikin garuk-garuk memalukan. Kandungan ZPTO dan Tea Tree Oil akan bekerja aktif untuk mengatasi rambut beminyak dan mencegah gatal di kulit kepala. Tampil pede dalam menjalani hari dengan kulit kepala ternutrisi bukan impian, tapi kenyaatan yang mudah diwujudkan.

Jika masalah ketombe mencapai titik yang serius, tak ada salahnyaa berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan rekomendasi shampo yang sesuai dalam mengatasi ketombe yang enggan pergi. Namun sebelum semuanya terlambat, coba produk TRESemmé dan agar hasil lebih maksimal lengkapi dengan TRESemmé Scalp Care Conditioner. Jangan sampai peluang rezeki melayang karena rambut berketombe yang memalukan.

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s