7 Cara Cari Duit Saat Pandemi yang Serbasulit

Tak ada yang menduga dunia akan dilanda virus yang berbahaya. Bukan hanya mengancam keselamatan manusia, wabah Covid-19 juga telah mengubah gaya kita berinteraksi bahkan cara mencari rezeki. Hampir dua tahun kita menghabiskan lebih banyak waktu di rumah saja alih-alih beraktivitas normal seperti tahun-tahun sebelumnya. 

Anjuran pemerintah untuk mengurangi mobilitas dan menjauhi kerumunan mau tak mau menghadirkan masalah tersendiri dalam hal ekonomi. Ya, banyak lini pekerjaan terdampak akibat pandemi yang belum juga terhenti. Namun satu hal yang pasti: kita bisa memilih terus mengeluhkan keadaan atau mau berusaha menemukan solusi lewat beragam peluang selama periode stay at home.

Pada kesempatan kali ini saya ingin membagikan beberapa cara yang bisa ditempuh untuk mencari duit atau meraup rezeki selama pandemi. Peluang-peluang ini bisa dimanfaatkan karena relatif mudah dikerjakan dan tanpa harus meninggalkan rumah sehingga tetap aman selama PPKM Darurat.

1 | Paket data dan token listrik

Hari gini siapa sih tak mengakses Internet? Setiap keluarga modern nyaris bisa dipastikan memiliki satu gawai atau gadget yang digunakan untuk berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari. Malah tak jarang ditemukan satu keluarga mempunyai sekian gawai yang dioperasikan oleh masing-masing anggota.

Maka peluang meraup untung dari bisnis menjual paket data masih terbuka lebar. Caranya pun sangat gampang dan praktis. Kita tinggal memanfaatkan ponsel dan aplikasi tertentu untuk menjadi reseller pulsa atau paket data sesuai kebutuhan. Belum lagi token listrik prabayar yang kini semakin menjamur, jelas menjanjikan keuntungan terus-menerus.

2 | Blogging

Tren blogging harus diakui menunjukkan peningkatan selama 5 tahun terakhir, apalagi selama pandemi ketika orang bertahan di rumah saja. Mereka jadi mencari kesibukan yang bisa meredakan stres sekaligus membuka potensi keuntungan. Sekarang banyak brand memburu influencer agar mempromosikan produk mereka melalui tulisan di blog.

Kendati kecanggihan dan kemajuan teknologi informasi telah mengunggulkan Youtube, tapi sumber informasi tertulis seperti blog tak bisa ditinggalkan begitu saja. Saat mengulik informasi tentang suatu topik, warganet masih suka mengandalkan blog berisi testimoni pribadi. Jadi masa depan blog masih sangat cerah saat ini.

3 | Freelance job

Menerima jasa penerjemahan secara online sangat menjanjikan.

Cara ketiga mencari duit yang bisa dicoba selama pandemi adalah menekuni dunia freelancing atau pekerjaan lepas tanpa ikatan kerja kantor. Kita hanya perlu mempromosikan jasa kita di situs-situs penyedia usaha freelance seperti Fiverr, Freelancer, Upwork, dan Fastwork. Di sana kita tinggal memilih bidang-bidang yang sesuai dengan keahlian.

Banyak lini yang bisa kita jajal di situs-situs itu, mulai dari jasa penulisan, penerjemahan, fotografi, dan sebagainya. Berbekal penguasaan bahasa Inggris, peluang mendapatkan dolar terbuka lebar, tergantung usaha kita untuk terus belajar dan bersabar.

4 | Online selling

Cara keempat ini bukan hal asing bagi kita. Jual-beli online sangat lazim kita temukan dan bahkan kita alami sendiri. Produk apa pun bisa kita tawarkan di Internet, baik lewat Instagram, marketplace, dan bahkan Tiktok. Menurut riset Ainun Chomsun, pengamat media dan co-founder Cerdas Digital, Tiktok ternyata menduduki peringkat pertama sebagai platform penjualan online, mengungguli Instagram dan Facebook.

Apa pun pilihan BBC Mania dalam berjualan, yang jelas potensi onlne selling sangatlah besar. Produknya pun sangat beragam dan tak harus kita buat sendiri. Jika kita terbatas modal, kita bisa mengandalkan produk orang dengan menjadi reseller. Saya sendiri lebih cocok berjualan menggunakan marketplace atau lokapasar karena lebih aman bagi seller maupun buyer.

5 | Les privat

Pandemi yang memasuki tahun kedua memaksa anak-anak belajar di rumah dalam skema SFH (school from home) atau PJJ (pembelajaran jarak jauh). Tak bisa dimungkiri anak-anak lama-lama mengalami kebosanan karena jarang bertemu teman-temannya sementara tugas harian kadang menumpuk.

Orangtua yang kewalahan menemani belajar pun mencari solusi dengan membayar seorang guru les agar proses belajar anak tetap lancar. Tenang, jika tak memungkinkan datang karena kendala jarak, guru les bisa berkomunikasi dengan siswa secara online. Kini bahkan semakin marak kelas-kelas online yang bisa diikuti oleh guru-guru dari seluruh Nusantara.

6 | Lowongan kerja online

Pandemi juga berdampak pada hilangnya pekerjaan atau PHK. Nah, salah satu peluang cari uang adalah dengan membuat portal atau aplikasi khusus berisi lowongan pekerjaan untuk wilayah sekitar kita. Cakupannya bisa kabupaten atau kota terdekat saja. Pembuatan website dan aplikasi di Android kini semakin murah, tinggal cari penyedia yang sesuai. Banyak orang di luar sana yang kehilangan pekerjaan tapi tak tahu hendak mencari pekerjaan pengganti di mana.

7 | Youtube Adsense

Nah, kalau jadi Youtuber tentu bukan hal aneh lagi. Banyak sekali warganet baik internasional maupun nasional yang meroket dengan pundi-pundi dolar yang banyak padahal sebelumnya bukan siapa-siapa. Berbekal alat perekam seperti kamera atau ponsel, kita bisa mengunggah aneka video yang bisa mengantarkan rezeki berlimpah. Ya tentu saja harus konsisten dan punya konten unik. Seperti Li Ziqi, food vlogger Tiongkok yang kaya raya berkat video kulinernya.

Yang tak kalah penting, selain komitmen dan keseriusan belajar, kita mesti ditunjang oleh koneksi internet yang mumpuni. Jangan sampai peluang rezeki melayang hanya lantaran jaringan yang memble. Pasti menyebalkan ketika sedang asyik mengikuti Zoom lalu koneksi terputus. Belum lagi saat harus mengirimkan pekerjaan kepada klien tapi file tak kunjung terkirim gara-gara jaringan Internet yang tak bisa diandalkan.

Akan sangat berisiko jika kita bekerja dan harus mengunggah atau mengirimkan video, misalnya, tapi menggunakan jaringan Internet di smartphone saja. Indihome bisa jadi pilihan provider Internet yang mumpuni. Jaringannya yang andal dan cara cek tagihan indihome pun sangat mudah dan praktis. Tak perlu bermacet-macet di jalan sebab bisa dibayarkan secara online. Telkom telah menjalin kerja sama dengan sejumlah pihak untuk mendukung pembayaran yang nyaman bagi pelanggan. Bayar indihome setiap awal bulan bisa dilakukan di Blibli yang makin memudahkan.

Kita bisa sekalian berbelanja tapi tetap produktif bekerja dengan membayar tagihan indihome tepat waktu. Inilah saatnya menjemput rezeki walau pandemi tak kunjung terhenti. Banyak peluang yang bisa kita tangkap dan manfaatkan saat stay at home dengan bantuan jaringan Internet. Jadi, sambil ikhtiar dan berdoa wabah cepat hilang, yuk kedepankan sikap optimistis dengan menjajal berbagai peluang di era serbasulit sekarang.

6 Comments

  1. Wah, Mas Rudi tidak menyinggung menulis novel online nih. Padahal untuk blogger yang terbiasa menulis, ini potensi cuannya nggak bisa disia-siakan begitu saja. Terlalu sayang. Kalau pas rejekinya bagus, malah bisa dapet penghasilan yang tidak disangka-sangka gedenya.

    Saya sendiri sedang mencobai dunia ini, dan hasilnya memuaskan meski nggak sebesar yang rejekinya lebih oke. Buat teman-teman yang pengen mencoba nulis novel online untuk mencari penghasilan tambahan, boleh kontak saya ya. Kita ngobrol lebih banyak mengenai potensinya. Mampir saja ke blog saya untuk melihat musti kontak ke mana.

    Numpang promosi nggak apa-apa kan, Mas Rudi? 🙂

    Like

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s