Cara Mudah Menghapus Background Gambar (Cropping) Menggunakan Paint Bawaan Windows

Melakukan cropping pada gambar atau foto kini semakin lazim dilakukan di dunia online. Mulai dari jualan produk, melengkapi artikel untuk lomba blog, hingga Instagram Feed, foto yang telah di-crop sangat dibutuhkan. Namun tak sedikit yang bingung bagaimana cara mudah meng-cropping yakni membuang bagian belakang atau latar (background) foto sehingga hanya tersisa bagian yang ingin kita inginkan.

Sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuang latar atau background foto sehingga gambar yang dihasilkan akan tampak lebih memikat sesuai kebutuhan. Cara meng-cropping foto/gambar biasanya dikerjakan di software Photoshop di Desktop atau laptop untuk mencapai ketelitian yang sempurna. Namun itu butuh skill yang agak ahli atau terlatih.

Ada juga yang meng-cropping foto menggunakan aplikasi desain seperti Canva dan beragam web yang fungsinya sama. Tinggal Googling, banyak pilihan yang bisa dipertimbangkan. Namun bagaimana kalau kita sulit menginstal aplikasi yang pas, misalnya karena keterbatasan memori HP, atau ketiadaan jaringan internet yang stabil saat memproses cropping foto?

Coba lakukan cropping menggunakan Paint, yaitu software yang selalu ada di setiap komputer ber-OS Windows. Cara meng-cropping menggunakan Paint ini semula diketahui oleh Bumi, si bungsu yang belakangan sedang gemar menggambar pakai Paint karena bosan menggambar manual. Karena latop di rumah cuma ada satu, otomatis jadwal saya agak terganggu jika ia menggunakan Paint di laptop.

Cara cropping foto/gambar pakai Paint

Namun melihat karyanya dengan Paint dan hasil eksplorasinya yang bisa menemukan cara meng-cropping mudah menggunakan Paint, saya mencoba akur dan membagi waktu penggunaan laptop. Saat saya jeda, misalnya shalat atau makan, Bumi boleh pakai sesuai kebutuhan, bukan keinginan. Biasanya dia punya gambar untuk dicontoh atau saya arahkan apa yang perlu digambar.

Kembali ke cara meng-cropping foto atau gambar menggunakan, beginilah cara yang bisa ditempuh. Inti dari cropping adalah membuang atau menghapus bagian belakang sehingga kita hanya mempertahankan bagian tertentu yang ingin dipakai. Maka dalam cropping menggunakan Paint, kita mengandalkan fitur Eraser atau penghapus untuk menghilangkan background.

1 | Buka Paint dan file yang akan di-cropping.

Langsung buka software Paint pada komputer atau PC kita masing-masing. Lalu pilih Open untuk memilih file yang akan kita buang latar belakangnya. Bisa juga dengan membuka file dari Windows Explorer lalu klik Open with, pilih Paint.

2 | Pilih tanda penghapus (Eraser)

Sebagai alat untuk membuat garis tepi berwarna putih, pilihlah tanda Eraser untuk memudahkan pekerjaan kita. Ketika diklik pada foto, akan tercipta area putih.

3 | Buat area putih

Buat area putih di sekitar gambar sebagai alat bantu yang akan kita pakai sebagai panduan membuang background. Silakan pilih Size atau ukuran ketebalan penghapus. Untuk membuat area putih, cukup tahan mouse dan gerakkan kursor mengikuti tepian gambar.

4 | Pilih Freeform

Setelah semua tepian sudah kita beri area putih, sekarang pilih Select –> Free-form selection. Pilihan free-form ini untuk memudahkan kita membentuk garis secara luwes di tengah-tengah area putih di sepanjang gambar yang telah dibuat.

5 | Hapus area yang telah kita pilih dengan free-form selection

Perhatikan garis hitam yang ada di tengah-tengah area putih, itu adalah guratan free-form yang selanjutnya kita hapus atau delete sehingga background menjadi putih.

Gunakan tombol Delete di keyboard atau Cut di Paint untuk membuang background yang telah kita seleksi. Hasilnya akan tampak seperti ini. Prosesnya bertahap. Lakukan sedikit demi sedikit dan lnjutkan sampai semua area belakang sempurna terhapus atau menjadi putih.

6 | Aplikasikan ke media sesuai kebutuhan

Setelah background berhasil kita buang dengan langkah-langkah tadi, sekarang saatnya menggunakan gambar baru tersebut untuk kebutuhan kita. Aplikasikan pada media yang relevan. Dalam hal ini saya membutuhkan foto Putri Tanjung untuk melengkapi naskah tentang marketing yang saya layout. Hasil akhir cropping tampak seperti berikut.

Jika background foto tidak saya buang, maka dalam layout akan terlihat seperti di bawah ini. Warna background biru muda akan menganggu keterbacaan teks dan tidak estetis.

Lalu bandingkan dengan foto Putri Tanjung yang background-nya telah saya hilangkan atau buang. Meskipun hasil cropping belum sempurna, setidaknya pembaca lebih nyaman menikmati teks tanpa gangguan latar biru foto asli. Betul?

Lebih enak gambar kedua kan karena tampak lebih luwes dan menyatu dengan teks? Nah, untuk lebih jelasnya bagaimana cara meng-cropping atau menghilangkan background foto/gambar, silakan tonton tutorial pendek berikut ini. Mudah kan?

Menurut saya Paint adalah langkah mudah untuk membuang latar atau background foto tanpa aplikasi lain yang mungkin ribet atau boros memori hape. Silakan coba-coba di rumah, pilih foto yang dikehendaki lalu praktikkan sendiri. Silakan berkomentar jika ada pertanyaan.

Semoga bermanfaat.

37 Comments

  1. Putri Tanjung tampak makin manissss banget!
    Senyumnya bisa bikin diabetes 😀

    Etapiii, ini tipsnya mantuuull banget Mas.
    Memang selama ini, aku sering ada masalah utk hapus background poto

    makasiiii

    Liked by 1 person

    1. Cobain deh Kak menghapus atau menghilangkan background foto cukup mudah dengan Paint di Windows. Cropping-nya mudah dan relatif cepat kok. Jadi enggak perlu aplikasi lain yang mungkin memberatkan ponsel.

      Like

  2. waaaaaaaaaaahhhhhhhhhhh makasih. tau aja kusuka bingung kalau mau ngapusin bekgron di laptop. masa kudu pindahin ke hp dulu pake aplikasi. padahal nanti diuploadnya via laptop lagi.
    sekarang kubisa bekerja tanpa mondar mandir deh jadinya.

    Liked by 1 person

  3. Wah, beneran bisa! Saya pakai Paint hanya untuk kecilin ukuran. Ga nyangka bisa hapus background. Memang perlu upaya lebih sih ya dibandingkan dengan yang sudah instan. Hihihi.
    Btw saya selain gambar juga menu crop ini yang bikin sampai beli C*nv* pro. Tahu gitu pakai ini aja.

    Liked by 1 person

    1. Mantap banget sampai beli aplikasi yang berbayar, Mbak. Yang penting bermanfaat, kalau mau menghapus atau menghilangkan background foto cukup mudah dengan Paint di Windows ya monggo. Gratis, hehe.

      Like

    1. Aku juga pakai Photoshop kalau mau sangat detail, Jiah. Tapi menghapus atau menghilangkan background foto cukup mudah dengan Paint di Windows juga bisa kok. Cobain deh!

      Like

    1. Iya, cara menghapus atau menghilangkan background foto cukup mudah pakai Paint di Windows. Silakan dicoba, jadi Paint enggak cuma buat ngecilin gambar atau foto hehe.

      Like

  4. Wih anaknya mas Rudi selain berbakat menggambar ternyata kreatif juga ya bisa ngulik cara remove background di aplikasi paint. Menarik untuk dicoba nih. Sepertinya relatif lebih mudah dibanding aplikasi sebelah hehe.

    Like

    1. Ya, lumayan bermain sambil belajar, hehe. Jadi bisa menemukan menghapus atau menghilangkan background foto yang mudah menggunakan Paint di Windows. Praktis tanpa harus pindah ke hape untuk dihapus pakai aplikasi khusus.

      Like

  5. Aku juga pakai paint, biasanya untuk bikin gambar pelengkap di artikel drama korea yang aku tulis.
    Terimakasih tips dan cara menghapus background pakai paint. Ini sangat membantu sekali.
    Aku akan coba supaya gambar di blogku tampak semanis Putri Indah Tanjung.

    Liked by 1 person

  6. kreatif bangeet kak. baru tahu kalo di paint udah bisa selection juga.. dulu aku taunya cuma buat ngecet2 dan nggambar asal gituu haha memang pengetahuan dulu terbatas yaa mau eksplor juga ragu

    Liked by 1 person

    1. Benar, Mbak. Aku pun biasanya pakai Paint buat ngecilin ukuran gambar, tapi enggak kepikiran menghapus atau menghilangkan background foto yang cukup mudah dengan Paint di Windows.

      Like

  7. Jujur aku baru tau paint bisa untuk crop foto pak hahaha. Selama ini pakai remove.bg tapi kadang anggota badan ikut terhapus. Kan aneh hiks. Kalau gini jadi bisa menghilangkan bagian yang kita inginkan saja

    Like

    1. Iya, memang remove.bg kadang ga teliti menghapus bagian yang kita perlukan. Yuk menghapus atau menghilangkan background foto dengan Paint di Windows, mudah kok.

      Like

  8. Nah, ini nih yang aku butuhin banget. Mau hapus background sdh cari2 tp hasilnya nggak rapih. Ada bercak atau potongan gitu. Kl ini lebih rapih ya. Thanks mas infonya

    Like

    1. Iya, Kak. Pakai Paint bisa kok rapi asal telaten. Ga sulit dan mudah cara menghapus atau menghilangkan background foto cukup pakai Paint di Windows. Gratis dan antiboros memori.

      Like

  9. Aku pernah coba cara ini waktu mau ganti background pasfoto. Dulu blm ada aplikasi Picsart. Jadinya full memanfaatkan Paint buat ganti background dengan cara seperti di atas.

    Like

  10. eh asli baru tahuuu! kemana aja sih akuu.. hahaha.. selama ini pake hp yang ngegarisin dikit2 biar ga failed, krn bingung kalau pake pc gimana. jarang pake pun jadinya gagap, hahah.. makasih ilmunyaaa!

    Like

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s