Pentingnya Membaca Doa Tertimpa Musibah

doa tertimpa musibah

Salah satu hal yang tak mungkin dihindari dalam hidup adalah tertimpa sebuah musibah. Bahkan boleh dibilang musibah menjadi bagian hidup yang harus diterima. Sebagai makhluk lemah dan tak berdaya, manusia harus memandang musibah yang menimpanya sebagai hal positif yang akan meningkatkan dirinya.

Saat Anda tertimpa sebuah musibah, Anda ini tidak boleh lupa kepada Allah SWT sbagai Sang Pencipta. Sebaliknya, Anda sangat disarankan untuk membaca doa tertimpa musibah sebagai permintaan pertolongan kepada Allah. Ini dia beberapa doa yang bisa Anda baca:

  • Doa saat mendapat musibah sesuai dengan ajaran dari Rasulullah SAW

Sebagai panutan bagi umat muslim Nabi Muhammad SAW selalu mengajarkan berbagai kebaikan, salah satunya membaca doa. Nah, salah satu doa yang beliau anjurkan adalah doa yang harus kita baca ketika terkena musibah. Ini dia doa yang bisa kita baca:

“Innâ lillâhi wa innâ ilaihi râji‘un. Allâhumma ajirnî fî mushîbatî wa akhlif lî khairan minhâ.”

Artinya: “Sesungguhnya kami adalah milik Allah, dan sungguh hanya kepada-Nya kami akan kembali. Ya Allah, karuniakanlah padaku pahala dalam musibah yang menimpaku dan berilah aku ganti yang lebih baik daripadanya.”

Doa untuk memaknai sebuah musibah

Sebagaimana dinyatakan dalam hadis yang diriwayatkan oleh Muslim, “Barang siapa yang membaca doa tersebut saat tertimpa masalah, niscaya Allah SWT akan memberinya pahala dalam musibah tersebut. Allah SWT juga akan memberi ganti yang lebih baik daripada musibah tersebut.” Doa tersebut juga mengajarkan kita sebagai manusia supaya bisa berserah diri dan mengembalikan semuanya kepada Allah SWT.

Saat mendapatkan masalah kita juga harus selalu bersikap optimistis dan selalu yakin supaya bisa mendapatkan hikmah dari musibah yang kita hadapi. Saat berdoa kita juga dapat mengenal makna dari musibah yang terjadi sehingga terdorong untuk bisa lebih memperbaiki diri.

Pentingnya sabar saat mendapat musibah

Ketika kita mendapatkan musibah lalu berdoa, maka kita bisa berserah diri sepenuhnya kepada Allah SWT. Jika kita bersabar, maka Allah akan memberikan pertolongan kepada kita. Anjuran supaya kita bisa bersabar juga ada dalam Al-Quran Surah Al-Baqarah ayat ke-153 yang artinya, “Wahai orang-orang yang beriman! Mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan salat. Sungguh, Allah beserta orang-orang yang sabar.” (QS. Al-Baqarah [2]: 153)

Amalan supaya terhindar dari musibah

  • Rajin Salat

Salat ini hukumnya wajib, amalan yang satu ini sesuai dengan firman dari Allah SWT yang ada di dalam Surah Al Baqarah ayat ke-45 yang artinya, “Jadikanlah sabar dan salat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk.”

  • Istigfar

Saat Anda membaca istigfar, Allah SWT telah berjanji bahwa Dia akan mengangkat bencana yang ada di bumi dan tidak akan menyiksa hamba-Nya jika mereka memohon ampunan.

doa tertimpa musibah
  • Berdoa
    Berdoalah kepada Allah SWT supaya Anda selalu diberikan ampunan dan juga perlindungan.
  • Sedekah
    Nabi Muhammad SAW bersabda, “Obatilah orang-orang yang sakit di antara kalian dengan sedekah.” Jadi dengan melakukan sedekah kita ini semoga bisa terhindar dari musibah, bencana, dan juga penyakit.

Nah, sekarang musibah tidak perlu memusingkan kita atau malah membuat kita marah karena hal itu memang tampak tidak menyenangkan. Sambutlah tantangan dengan kerja keras dan doa sepenuh hati kepada-Nya.

1 Comment

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s