3P 1A

Sebagai salah satu karya puisi lama, pantun telah lama dikenal dalam tradisi nusantara. Melalui empat baris yang tidak panjang–yang terdiri dari dua baris sampiran dan dua baris isi–sebuah pantun kadang bisa jauh lebih efektif untuk menyampaikan suatu pesan ketimbang sebuah esai rumit, tausiyah panjang, atau bentuk karya tulis yang lain. Pantun hadir dalam jalinan kata-kata pilihan dan membungkus pesan tertentu tanpa kesan menggurui. Menurut seorang ahli, sampiran dan isi hendaklah saling berkaitan–baik dalam hal rima kata-kata maupun intensitas peristiwa. Silakan baca bahan ini untuk mengulik lebih lanjut mengenai pantun.

Akan tetapi, rasanya terlalu berlebihan bila juri memberlakukan semua kriteria itu dalam kuis mini menulis pantun dengan hadiah yang mungkin tidak seberapa. 😀 Sejujurnya, semua pantun yang didaftarkan oleh para kontestan sangat bagus dan menjanjikan. Juri cukup kesulitan menentukan tiga pemenang yang berhak menerima kiriman masing-masing satu eksemplar buku Haji Ngeteng (HN).

Maka lazimnya dalam sebuah kompetisi, harus ada yang menang dan yang tidak menang. Juri pun akhirnya harus memilih dan memutuskan 3P 1A alias tiga pemenang dan satu apresiasi sebagai berikut.

(1)
Kolak pisang berkuah santan
Jadi sajian buka puasa
Hati riang sambut ramadhan
Raih ampunan kejar pahala

Buah melon buah rambutan
Tumpah ruah di Pasar Lama
Banyak diskon banjir gratisan
Tapi sedekah lebih utama

(2)
Ini pantun si daun pandan
Dikarang anak petani lada
Rugilah hidup di bulan ramadhan
Bila tak dapatkan ampunanNya

Puteri Nabi berwajah jelita
Shalat tahajud memakai sajadah
Ramadhan ini banyakin pahala
Ramadhan berikut mungkin sudah di dalam tanah

(3)
Pak Irfan orang punya
Punya sepuluh rumah di dekat sekolah
Bulan Ramadhan jarang datangnya
Sekali datang manfatkanlah

Ke Afrika mampir ke Sudan
Bawa ransel taruh di bahu
Bertobat jangan tunggu Ramadhan
Karena umur tiada yang tahu

Bagi sahabat narablog yang merasa telah menggubah beberapa pantun di atas, silakan kirimkan alamat rumah untuk pengiriman buku HN. Jangan lupa cantumkan nomor ponsel yang bisa dihubungi.

Dan sahabat narablog yang sigap menjawab tantangan Kuis Mini: Daun Pandan dengan mengirimkan pantun berikut berhak membawa pulang satu eksemplar buku best-seller berjudul Successful Parenting.

Pergi ke Rusia jualan Kedondong
Singgah di Jeddah membeli kelapa
Kalau puasa gak boleh bohong
Nanti ibadahnya gak dapat pahala

Selamat untuk para pemenang! Terima kasih tak terhingga untuk sahabat narablog yang lain yang belum beruntung. Kunjungan dan partisipasi Anda semua tidak mungkin dinilai dengan apa pun. Nantikan kuis atau kontes lain di blog ini dan akhirnya saya ucapkan:

SEMOGA RAMADAN MEMBAWA PERUBAHAN LEBIH BAIK

&

KITA KEMBALI FITRI DI HARI KEMENANGAN PENUH TAUFIK

Advertisements

48 thoughts on “3P 1A

    1. Terima kasih Mas Boll. Insyaallah nanti akan disusul kuis atau kontes lain yang lebih menarik. salam dan sukses terus untuk Anda ya…:)

      Like

    1. @Insan: Makasih atas entri lomba dari Anda juga, Mas. Bagus pantunnya tapi hadiahnya terbatas jadi ya mesti dipilih2 lagi hehe…ayo kapan bikin GA? *ngomporin.com# 😀

      Like

    1. Terima kasih atas partisipasi Bunda dalam meramaikan daun pandan ya..Moga2 tar sponsornya dari Kafe Rawabelong hehe 🙂

      Like

    1. Jeng Lidya: Silakan klik tautan yang saya cantumkan soal menulis pantun di atas…Salam dan sukses selalu 🙂

      Like

    1. Terima kasih atas keikutsertaan Anda, Mbak Esti. Moga kapan2 bisa beruntung di kontes yang lain di sini ya 🙂 Salam gurih mangut belut ya hehehe…yummmy!

      Like

  1. Ah..terima kasih pak walank…
    saya dpt satu hadiah apresiasi..hehe
    saya kirim alamatnya kemana nih?
    apa kita ketemuan aja? kan sama2 di Bogor 😀

    Like

    1. Enaknya sih ketemuan aja ya. ngirit ongkos kirim hehe 🙂 Sayangnya aku belum bs keluar neh. Baru aja ada bayi lahir, jadi mesti ngasuh 2 anak sambil menunggu istri pulih setelah operasi caesar. Apa Melly ambil ke rumah aja? Katanya kerja di Kebon Pedes. Ga jauh kan tinggal ke BCC…Salam dan trima kasih..

      Like

      1. pak Walank BCC-nya dimana? sama marcopolo?
        Aku bisa sih kesana dlm waktu 3 hari ini..soalnya kamis aku mudik..hhe
        jadi klo mo kesana sepulang aku kerja ya..tp BCC kan luas ya pak..gimana klo aku tunggu digerbang aja..hehe.
        atau setelah lebaran aja kita ketemuannya? tp enaknya gimana nih pak? aku jd pengen liat dedek bayinya jg..deh.

        Like

        1. BCC blok V3 no. 26 Mel. Masuk aja sekalian maen ke rumah. Ambil bukunya jd bs langsung bawa pulang. Sepulang kerja gapapa. Kebetulan lagi ga bisa ke mana2 neh, walau cuma ke gerbang doang 😦 Ada sedikit musibah 😦 So enaknya ambil ke rumah aja sambil lihat Bumi 😀

          Like

    1. Kalau memang itu pantun karangan Idah, selamat ya! Terima kasih kembali…Semoga bukunya bermanfaat 🙂

      Like

        1. Terima kasih Puji. Alamat sudah kutrima. kalau JNE masih bisa melayani pengiriman ekspedisi besok, segera kukirim. Kalau tak ya mohon bersabar akan dikirim sehabis lebaran.. Selamat dan terima kasih..

          Like

  2. Selamat untuk para pemenang: Puch, Idah, mbak Melly, mbak Dewi Fatma 🙂

    PS: Pemenangnya perempuan semua ya, Om Walank? Kebetulan atau… ada kaitannya sama kelahiran putranya? 😆

    Like

    1. Iya ya, kebetulan aja kok, Phie. Tidak ada rekayasa atau kongkalikong hehe…Sebenernya ada kandidat cowok tapi berhubung hadiahnya terbatas jadi ya mesti diambil prioritas 🙂

      Like

    1. Kamu mah nggaya ah mentang2 hadiahnya ga sekeren Nokia Asha, jadi males ikutan ya..hehehe 🙂 Terima kasih, Ni.

      Like

  3. setelah beberapa hari melihat pantun sliweran, akhirnya tuntas juga ya ….
    mayan deh, saya kebagian senyum2 mbaca pantunnya hehehe

    selamat ya buat para pemenang!

    Like

    1. @Nique: Ke mana aja dikau? Beraninya sliweran doank 😦 Coba kemarin ikutan kirim pantun. Tentu jauh lebih markotopp!!!! Gi mana warnetnya masih bejibun pengunjung? Semoga…

      Like

    1. @mas junaidi: Terima kasih terima kasih. Harusnya Anda juga ikutan Mas. Pasti jauh lebih rame dan asyik..Salam dari Kota Hujan 😀

      Like

  4. I will right away seize your rss feed as I can not find your e-mail subscription link or newsletter service. Do you have any? Please let me recognize so that I could subscribe. Thanks.

    Like

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s