Mahasiswa Ini Meraup 6 Juta dari Donat

donat
Foto diambil dari ngegas.com

Beberapa waktu lalu Pak Fahmi, teman saya penjual lapis talas dan kue soes, bercerita tentang seorang anak muda. Sebut saja namanya Rama. Setiap kali mengantarkan kuenya ke beberapa lapak atau kios setiap pagi, Pak Fahmi kerap berjumpa Rama.

Kendati sering bertemu dan sesekali mengobrol singkat, Pak Fahmi tak terlalu mengenal Rama. Yang dia tahu Rama hanyalah pemuda biasa yang sehari-hari mengantar donat ke beberapa toko atau kios. Donat itu ternyata bukan produksi Rama sendiri, melainkan dibeli dari produsen di daerah Karadenan. Harap diingat, dia beli putus loh semua donat yang dia distribusikan, bukan dengan sistem konsinyasi atau titip jual.

Suatu hari Pak Fahmi memergoki Rama tengah bermain bola basket di sebuah kampus swasta saat ia mengantarkan kuenya ke kantin kampus tersebut. Pak Fahmi makin penasaran dan percakapan pun tak terelakkan.

Anak kuliahan

“Iya, Pak. Saya kuliah di sini,” jawab Rama sambil cengengesan.
Sebelum ditanya lagi, Rama kembali berujar, “Memang sih ga keliatan keren, Pak. Pake motor bebek dengan modif buat mengangkut donat. Tapi dari sini saya paling enggak dapat 6 juta per bulan. Bisa kirim juga buat orangtua di Sumatera sana.”

Ente top! Udah mulai usaha sejak awal dan enggak malu. Saya mah termasuk terlambat,” jawab Pak Fahmi sambil mengacungkan jempol. Usaha kue yang dirintisnya bersama istri memang baru berjalan 4 tahunan namun hasilnya cukup mengagumkan.

Tak ada yang mengira, Rama yang tampak sederhana itu ternyata bisa meraup rupiah yang cukup besar hanya dari usaha kulakan donat. Enam juta adalah angka yang fantastis bagi pemuda seperti Rama yang kini jadi mahasiswa aktif di kampus swasta di Jl. Baru Bogor.

Saya membayangkan anak-anak seperti Rama nanti akan mampu menghadapi tantangan hidup dengan sigap sebab telah terlatih menaklukkan kesulitan dan menghadapi berbagai macam orang. Dengan bekal ilmunya sewaktu kuliah, dia bisa menciptakan peluang usaha alih-alih mencari kerja belaka. Enam juta? Wow, itu gaji supervisor menengah di Bogor dengan beban kerja yang cukup berat.

Go go, Rama! Salut dan semoga pemuda lain terinspirasi mengikuti langkahmu.

Advertisements

13 thoughts on “Mahasiswa Ini Meraup 6 Juta dari Donat

    • Iya Mbak, kalau tahu peluang, kita bisa cepat meraup rupiah. Asal enggak malu dan sigap. Memang petani di tanah air belum didukung pemerintah banget; contohnya soal bibit dan pupuk aja sulit. Ongkos produksi dan hasil kadang selisihnya tipis. Demikian yang terjadi pada ibu saya yang juga petani.

      Like

  1. Kalo sejak masih mahasiswa sudah usaha, ini calon pengusaha. Biasanya orang macam ini tangguh. Inilah generasi pengusaha. Semoga dia sukses.

    Like

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s