Serunya Berbagi Sewa Rumah dengan serumah.com

 

Pertengahan bulan lalu seorang kawan lama datang berkunjung ke rumah. Kami dulu bekerja sekantor, namun kini sama-sama sudah resign. Beberapa tahun lalu, setelah terkena program efisiensi karyawan, dia kembali ke Yogya untuk memulai usaha bersama kakaknya. Tahun ini ia kembali ke Bogor untuk bekerja kantoran lagi karena usahanya tidak berkembang.

Karena anak-anaknya masih sekolah di Yogya, maka dia sendirian ke Bogor. Nah, mau enggak mau, dia mesti tinggal di kos yang terjangkau mengingat pekerjaannya sekarang masih belum stabil. Selidik punya selidik, ternyata saya akrab dengan daerah tempat dia tinggal, di jalan menuju Stasiun Cileubut. Sayang sekali, lokasi rumah tempat dia kos berada di sudut yang terlalu menjorok ke dalam sehingga hanya motor yang bisa masuk. Lingkungan sumpek dan pengap. Singkat kata, kondisinya kurang nyaman apalagi ideal.

Pakai serumah.com dong!

Jelas dia belum tahu serumah.com. Atau sobat pembaca ada yang belum tahu soal serumah.com? Duh, ke mana aja, hehe. Tapi enggak apa-apa belum tahu juga. Serumah.com itu platform yang memfasilitasi siapa saja yang mau cari roommate atau teman berbagi kamar. Jangan negative thinking dulu, Sob! Berbagi kamar ini maksudnya kita jadi bisa membagi beban biaya sewa kamar dengan teman yang kita inginkan.

Dengan bantuan serumah.com, kita bisa bebas memilih tempat tinggal yang kita butuhkan baik dalam bentuk rumah sewa/kontrak, apartemen hingga kamar kos. Intinya, serumah.com menyediakan informasi tempat tinggal yang bisa kita seleksi berdasarkan anggaran atau preferensi wilayah. Uniknya, kita juga bisa menentukan siapa yang bakal jadi teman sekamar sehingga biaya sewa bisa ditekan lebih murah plus kita enggak bosan tinggal sendirian.

Tiga fitur utama

Biar lebih akrab, saya akan jabarkan secara singkat apa saja fitur utama yanag bisa kita manfaatkan di website serumah.com.

ser 2.png

Tentukan sesuai kebutuhan

1. Cari Roommate

Ini adalah fitur yang disediakan bagi siapa saja yang ingin mencari teman untuk tinggal bersama dan berbagi biaya tempat tinggal bersama dengan orang lain. Mau disebut housemate, roommate, kostmate atau flatmate, tergantung jenis kamar yang mau disewa. So, kalau mau kos atau apartemen dengan harga yang bisa di-sharing, kita tinggal pilih fitur ini. Klik aja http://serumah.com/search-people/ lalu pilih “orang yang mencari teman sekamar/people looking for a room”.

Tentukan seperti apa tipe calon teman sekamar kita. Mulai dari kebiasaan merokok, tingkat kerapian/kebersihan, hingga masalah kepribadiannya. Ini penting agar selama proses berbagi menjadi pengalaman yang menyenangkan karena bisa saling bertukar ilmu dan saling membantu untuk mandiri. Jangan sampai salah pilih teman sekamar. Klik aja satu-satu sampai ketemu yang dimau.

ser 4.png

Para pencari kamar

Nah, pada halaman http://serumah.com/search-people/, kita juga akan mendapati opsi “orang yang mencari penyewa/people looking for a tenant”. Pada menu ini akan tersaji profil pemilik properti yang mengiklankan properti mereka. Pilih saja mana yang kira-kira cocok jadi induk semang atau bapak kos. Disini kamu juga bisa menemukan calon roommate yang sedang mengiklankan properti mereka untuk diajak patungan tempat tinggal bareng. Jadi kamu bisa langsung menemukan roommate dan tempat tinggal di laman ini.

serum2.png

Harus diakui saat ini di kota-kota besar seperti Jakarta, kecenderungan berbagi kamar atau room sharing menjadi hype atau tren yang kian diminati. Serumah.com ingin memfasilitasi mahasiswa dan juga profesional muda yang mencari roommate (teman sekamar) dengan memanfaatkan fitur ini.

2. Cari Kamar Sewa

Dengan fitur ini kita bisa bebas mencari properti (kos, apartemen, rumah sewa) yang dibutuhkan terutama disesuaikan sesuai dengan budget (Price Range) dan juga lokasi (Map Function). Untuk menjajal fitur ini, klik aja link: http://serumah.com/en/find-room/. Anda tinggal gerakkan bar kiri dan kanan untuk menentukan rentang harga yang sesuai anggaran. Pada gambar berikut, misalnya, saya mencari kamar sewa di Jakarta Dengan rentang harga 1,5 juta hingga 5 jutaan. Lalu akan muncul sejumlah opsi yang bisa kita klik satu per satu. Range harga dimulai dari Rp 0 hingga Rp 10 juta, jadi silakan tentukan sesuai kemampuan.

serum.png

Lokasi dan jenis kamar yang bisa dipilih

3. Iklan Gratis

Fitur ini memberi kesempatan kepada pemilik properti atau rumah tinggal untuk mengiklankan kamar/rumah/apartemen mereka secara gratis di website Tahu sendiri kan sekarang ini bisnis sewa tempat tinggal prospeknya bagus banget. Potensinya besar, apalagi bisa pasang iklan cuma-cuma. Enak bener deh. Caranya gampang banget kok. Langsung aja klik http://serumah.com/en/submit-room-ad/. Syaratnya Anda harus daftar dahulu sebagai user di http://serumah.com/register/. Masa iya mau dapat penyewa enggak mau daftar doang. Mudah kok, ikuti aja langkah-langkah seperti gambar berikut.

ser 3.png

Empat langkah mudah beriklan

 

Lima alasan pakai serumah.com

Perkenalan singkat tadi mungkin belum cukup jelas. Nah, mungkin ada yang masih galau kenapa harus pakai jasa serumah.com, yuk baca lima alasan menurut belalang cerewet.

1 – Spesifik

Di Indonesia kita sudah mengenal beragam situs sosial seperti Facebook, Kaskus dan OLX yang biasa dimanfaatkan untuk mencari atau menawarkan tempat tinggal sewa. Tapi perlu diingat, situs-situs tadi bukanlah media khusus untuk mencari atau mengiklankan kamar sewa. Rata-rata dipergunakan untuk menjual rumah. Kalau pun ada yang menawarkan rumah sewa atau kontrakan, jumlahnya sangat terbatas. Terbatas jumlah, pun terbatas soal detail informasinya.

Nah, kelebihan Serumah adalah spesifik—di mana ia khusus menjadi wadah bagi para pencari dan pengiklan rumah sewa, dari kos-kosan hingga apartemen atau flat. Karena spesifik, maka data atau informasi yang disajikan pun mendetail, mulai dari tipe penyewa, rentang harga sewa, calon landlord atau induk semang hingga titik lokasi yang akurat.

2 – Mudah dan Praktis

Sebagaimana saya singgung sebelumnya, penggunaan web ini cukup mudah. Tinggal klik aja fitur mana yang kita kehendaki. Apakah kita mau cari kamar, cari teman sekamar, ataukah mau promosi kamar kosong. Meskipun secara umum berbasis web, namun Serumah juga nyaman diakses melalui smartphone. Inilah kepraktisannya, ia cukup mobile-friendly. Tak harus membuka komputer untuk mencari kamar yang kita inginkan.

Saya pribadi berharap agar suatu hari dikembangkan aplikasi khusus di Android atau iOS agar aksesnya lebih praktis lagi. Bila diwujudkan dalam bentuk aplikasi, maka akses bisa lebih cepat dan proses pencarian bisa lebih terukur dengan filter yang dipasang. Tak heran bila banyak marketplace atau situs e-commerce juga menyediakan aplikasinya di Play Store atau App Store agar lebih cepat diakses pengguna kapan saja. Harap maklum, saat ini hampir setiap orang punya akses Internet di genggaman lewat ponsel pintar mereka.

3 – Gratis

Di atas sudah saya sebutkan bahwa layanan Serumah ini semuanya gratis alias tidak dipungut biaya. Cukup daftar jadi user, kita langsung bisa cari kamar atau mempromosikan rumah sewa. Bagi orang Indonesia, konon harga jadi isu yang sensitif. Nah, kalau ada layanan helpful kayak Serumah tapi cuma-cuma, pastilah jadi buruan banyak orang. Aplikasi chatting yang banyak dipakai aja digemari karena gratis kan? Hehe…. Hayo ngaku ☺

Tapi jangan khawatir, bila masih ada yang kurang pada layanan di Serumah, karena platform ini terus berkembang dan akan menyesuaikan dengan kebutuhan users.

4 – Efisien

Zaman dulu cari kos atau rumah sewa harus capek jalan dan berpeluh-peluh. Kita mesti menyambangi setiap rumah yang bertuliskan rumah kos atau yang kira-kira menawarkan kamar kosong. Ketuk pintu satu per satu bukan perkara mudah. Sudah lelah, kadang hasilnya jauh dari harapan. Ada kamar kosong, eh, kondisinya sumpek dan kotor. Pas ada kamar kosong dan bersih, eh, bapak kosnya enggak asyik. Atau pas pemiliknya baik, kamar bersih dan adorable, kok ya enggak ada yang available.

Pengalaman enggak mengenakkan seperti itu bisa diminimalisasi dengan bantuan Serumah. Tinggal tentukan parameter harga dan lokasi, lalu pilih beberapa titik yang menarik hati, habis itu kunjungi deh sesuai kesepakatan. Kita bahkan bisa mengintip ‘daleman’ rumah atau kamar yang akan kita tempati loh. Selain hemat waktu, kita juga save tenaga dan biaya. Tak perlu lagi capek-capek di jalan keringetan, plus buang waktu tanpa hasil. Berkat Serumah, cari-cari kamar jadi lebih efisien.

ser 5.png

Contoh rumah yang disewakan beserta detail ruangan yang ditawarkan pemilik properti

5 – Hemat biaya

Bila sewa satu kamar atau rumah dibagi dengan beberapa orang, sudah tentu beban per orang menjadi berkurang. Inilah manfaat mencari kamar atau rumah sewa lewat Serumah.com. Kita bisa tinggal di kamar atau rumah yang kita inginkan, namun dengan harga yang bersahabat karena bisa di-sharing dengan teman lain. Pun teman sekamar kita bisa seleksi sesuai tipe yang kita inginkan.

Saya jadi teringat pada tulisan Prof. Rhenald Kasali tentang peradaban sharing economy. Dalam kadar tertentu, Serumah mungkin menjadi wujud efisiensi karena masing-masing kita berusaha saling mendayagunakan sesuatu dan menyokong cost yang besar bersama-sama sehingga menjadi ringan. Selain itu, Serumah secara tak langsung juga turut membantu terdongkraknya income para pemilik properti karena kemudahan mereka mempromosikan rumah yang selama ini mungkin terbatas di koran cetak atau media yang tidak khusus seperti Serumah. Itu pun kadang harus membayar.

Dengan berbagai kelebihan ini, Anda tak perlu ragu untuk menjajal layanan Serumah. Entah sebagai pemilik properti ataupun calon penyewa, Serumah bisa menjadi rumah maya yang bisa kita andalkan. Tambahkan pencarian sesuai kota tempat Anda tinggal agar semakin banyak orang bisa merasakan manfaatnya. Dengan serumah, berbagi sewa rumah memang jadi makin seru. Cobalah.

 

Advertisements

14 thoughts on “Serunya Berbagi Sewa Rumah dengan serumah.com

  1. Wah, asyik juga ya. Sekarang cari rumah sewa bisa sharing, bahkan untuk anak2 kost bisa lebih gampang nih nyari roommate untuk sharing biaya. Jadi lebih ringan. Ntar rekomin ke bbrp anak teman yang lagi kuliah di sini ah.

    Thanks infonya, Mas Belalang Cerewet! Hehe. Apa kabar?

    Like

  2. Waah konsep kaya gini lagi ngetrend yaa, terutama hemat biaya.
    Cucok buat anak2 kuliahan yang merantau di kota2 besar.

    Like

    1. Ya, Mas. Saya juga berpikir demikian. Tapi ya tergantung kita mau cari teman yang kayak apa. Penggunaan selanjutnya memang ditentukan penghuni masing-masing, dengan kontrol pemilik properti.

      Like

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s