6 Ide Brilian Ini Buktikan Enjoy Jakarta Murah Meriah Tidaklah Susah

enjoy-jakarta

SEORANG SAHABAT yang tinggal di Bogor hampir selalu menolak jika harus bekerja di Jakarta. Meskipun jarak dua kota ini relatif dekat, namun bayangan kemacetan kota besar bikin dia malas beranjak dari Kota Hujan. Maka tak heran jika masih banyak sekali orang menghindari Jakarta sebagai tujuan wisata. Alasan yang paling banyak disebut adalah MAHAL dan MACET. Seolah-olah datang ke Jakarta dengan biaya terbatas bakal memastikan kita enggak bisa enjoy apa-apa.

Sebaiknya hapus stigma tersebut dari pikiran Anda. Pada dasarnya, kita bisa enjoy Jakarta dengan murah, bahkan dengan cara yang sangat mudah. 6 Ide brilian berikut ini adalah cara untuk membuktikannya!

1. Naik Kereta Api Lebih Murah

Berbicara mengenai pilihan angkutan yang tepat untuk menjangkau Jakarta dari kota Anda, pesawat memang masih menawarkan kenyamanan terbaik. Tapi, jika ingin menghemat biaya lebih banyak tanpa kehilangan kenyamanan, tentunya kereta api menjadi pilihan cerdas. Tiket kereta api harganya bisa lebih murah ratusan ribu dibanding pesawat terbang, tapi Anda tetap mendapatkan perjalanan nyaman dengan pemandangan menawan. Selain itu, tiket kereta sekarang sudah semakin mudah kita akses via online. Kini, sebagaimana tiket pesawat, kita juga bisa pesan tiket kereta api menggunakan Traveloka. Dengan begitu, perjalanan ke Jakarta kian mudah dengan bujet murah. Kami sekeluarga pun mengandalkan pembelian tiket kereta secara online karena terbukti praktis dan sering ada promo.

2. Keliling Kota dengan Transjakarta

Setibanya di Jakarta, cobalah menaklukkan ibu kota dengan Bus Transjakarta. Bus satu ini bisa mengantar Anda keliling Jakarta dengan biaya yang sangat murah, yaitu Rp3.500 sekali jalan. Sistem pergoperasiannya sudah semakin rapi, armadanya juga sudah diremajakan. Tinggal duduk manis di bus ber-AC yang tidak diburu copet atau pengamen, Anda sudah bisa menjangkau Jakarta dari ujung ke ujung. Bus ini juga memiliki jalur sendiri, sehingga Anda dijamin terhindar dari macet. Perhentiannya pun sudah mencakup semua titik strategis di ibu kota. Jika ingin singgah ke kota tetangga, seperti Tangerang, Bogor, dan Bekasi, Anda bisa beralih ke angkutan bersubsidi berikutnya, yaitu KRL Commuter Line.

3. Andalkan Ojek Online saat Sendiri dan Diburu Waktu

Jika Anda datang sendiri ke Jakarta dan diburu waktu untuk mengunjungi berbagai tempat, maka lebih baik andalkan ojek online sebagai transportasi paling tepat. Unduh dan pasang aplikasi gratis ojek online di ponsel Anda, lalu gunakan moda angkutan ini ke tempat-tempat yang ingin Anda tuju. Selain murah, ojek online siap datang menghampiri Anda di mana pun, sehingga Anda tak perlu repot mencari pangkalan ojek atau menunggu di pinggir jalan. Aplikasi ojek online kerap mengadakan promo yang membuat Anda bisa naik ojek dengan tarif yang sangat murah. Serunya lagi, ojek online juga melayani pesan antar makanan maupun barang. Sangat cocok saat Anda sedang butuh sesuatu, namun malas ke mana-mana.

4. Ikut Mpok Siti untuk Kenali Destinasi Ikonik di Kota

Mpok Siti di sini bukanlah manusia, melainkan bus tingkat yang disediakan pemerintah Kota Jakarta sebagai fasilitas publik bagi siapa saja yang ingin tur keliling ikon Kota Jakarta tanpa dipungut biaya. Dengan menumpang Mpok Siti, Anda akan diajak tur melewati ikon wisata Kota Jakarta secara gratis. Layanan ini tersedia dari siang hingga malam. Bus bertingkat ini sangat nyaman dengan pelayanan dari petugas bergaya Abang dan None yang mengenakan baju khas Betawi.

Rute terbarunya terbagi atas tiga, yaitu Jakarta Modern (melewati mal modern ikonik di pusat kota, termasuk Balai Kota dan Museum Bank Indonesia), Art & Culinary (melewati pusat kuliner pusat kota – Pecenongan, Sawah Besar, termasuk Balai Kota dan museum ikonik kawasan Monas dan sekitarnya), serta History of Jakarta (melewati pusat situs sejarah di Jakarta, seperti Monas, Pasar Baru, Gedung Kesenian Jakarta, Gedung Arsip, dan Museum Nasional).

5. Makan-makan di Pusat Kuliner Rakyat

Untuk urusan mengisi perut di Jakarta, yang murah tentu bukan di mal atau restoran mewah. Ada pusat kuliner rakyat yang menawarkan aneka makanan khas Betawi dan Indonesia dengan harga yang tentunya ramah untuk segala kalangan. Beberapa destinasi populer untuk urusan memanjakan lidah dan perut tanpa menjebol kantong di Jakarta, antara lain Jalan Sabang, Jalan Pecenongan, Kawasan Kota Tua, Pasar Benhil, dan taman-taman kota yang menjadi pusat kuliner gerobakan.

6. Hadiri Event Gratisan

Puas berjalan-jalan, mungkin Anda ingin merasakan serunya menonton pertunjukan di ibu kota. Nah, konser-konser musik, pementasan teater, pertunjukan seni, maupun seminar atau talkshow, saat ini, semakin banyak yang bisa kita hadiri tanpa harus membayar tiket masuk atau uang investasi. Dua tempat utama yang selalu mengadakan event menarik gratisan di ibu kota adalah Galeri Indonesia Kaya di Grand Indonesia Shopping Town dan AtAmerica di Pacific Place-SCBD. Kedua tempat ini merupakan pusat budaya yang dikemas secara modern. Di sini, kita tak hanya bisa menonton pertunjukan atau talkshow gratis, tetapi juga banyak games dan media audiovisual yang bisa kita coba gratis.

Gimana, asyik banget kan, Sob? Jangan bilang wisata untuk enjoy Jakarta itu mahal kalau belum cobain 6 ide brilian ini. So, pack your stuff and leave!

Advertisements

20 thoughts on “6 Ide Brilian Ini Buktikan Enjoy Jakarta Murah Meriah Tidaklah Susah

  1. Nggak sering, tapi lumayan kerap ke Jakarta. Baik sekedar transit dalam perjalanan mudik ke Jambi, atau pas ndilalah dapet hadiah jalan-jalan yang kudu melalui Jakarta. Selama ini kereta api jadi andalan ke sana, sambung Commuterline. Transjakarta jadi idola juga, kadang-kadang pake Uber atau Gojek tergantung kebutuhan. Jakarta kota yang menyenangkan, cuma panasnya nggak nahan hahaha

    Like

    1. Panas betul Mas, makanya kalau dah nyampe Bogor mah cespleng. Memang KRL dan Transjakarta sangat memudahkan ya Mas. Plus Ojek online yang murah. Praktis pula. Kapan ke Jakarta lagi?

      Like

  2. Hahaha.. Bener banget bang. Jakarta bisa dibawa enjoy kok. Bahkan dengan segala fasilitas, event, dan kesempatan yang ada di Jakarta membuat banyak orang hidup di ibukota. Tetapi meski begitu banyak juga ya yang enggan. Memang sudah terlalu padat mungkin ya…

    Saya pikir kalau masalah macet, kemacetan di Bogor Kota nyaingin Jakarta. Mesti sama2 pinter ngakalin waktu kalau tinggal di kedua tempat itu

    Dan, saya belum pernah naik Mpok Siti! Atau bus dari Tahir Foundation itu huhu

    Like

    1. Dengan perbaikan KRL dan adanya Transjakarta memang transportasi jadi lebih mudah dan praktis. Terjangkau pula. Sekarang disokong ojek online, jadi semakin asyik deh. Bogor sekarang macet juga, cuma ya ga sepanas Jakarta. Mpok Siti layak dicobain tuh….

      Liked by 1 person

  3. Saya pas ke Jakarta akhir tahun kemarin juga ngandelin ojek online mas, selain murah juga merasa lebih aman. jadi kangen neh pengin ke jakarta lagi tapi ama keluarga.

    Like

    1. Betul banget, Mas. Ojek online dan KRL plus Transjakarta itu bakal jadi kombinasi pas buat pelesiran murah meriah. Ga perlu repot menyetir juga. Lebih kaya pengalaman jadinya. Saya doakan bisa ke Jakarta lagi bersama keluarga, Mas.

      Like

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s