Destinasi Wisata Menarik di Bandung yang Tersembunyi

SETIAP AKHIR PEKAN, Bandung menjadi destinasi wisata favorit bagi turis lokal dari daerah di sekitarnya. Di Bandung, ada banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan wisatawan seperti belanja sampai wisata kuliner. Bandung juga dikelilingi berbagai tempat wisata yang menawarkan pemandangan ciamik.

Saking banyaknya destinasi wisata menarik yang ada di Bandung, ada banyak sekali tempat menarik yang jarang diketahui orang. Padahal tempat-tempat tersembunyi itu memiliki panorama yang tak kalah cantik dengan spot wisata populer seperti gunung Tangkuban Perahu dan Kawah putih. Di mana sajakah destinasi menarik yang tersembunyi itu? BBC Mania tahu enggak? Check this out! 

Sungai Cikahuripan

Pernah tidak BBC Mania menyaksikan keindahan dari jurang berbatu di Green Canyon, Florida, Amerika Serikat? Jika belum, kalian tidak perlu jauh-jauh pergi ke Negeri Paman Sam. Di Bandung, tepatnya di kawasan waduk Saguling, Kabupaten Bandung Barat, ada sungai yang sedikit merepresentasikan keindahan jurang berbatu di Amerika Serikat, namanya sungai Cikahuripan.

Keindahan Green Canyon yang terepresentasikan oleh sungai Kahuripan terletak pada tebing-tebing batu yang mengapit sungainya. Keindahan tebing batu ini berpadu dengan hijaunya vegetasi di sana yang masih sangat terjaga. Sesuai namanya yang berarti ‘air pemberi kehidupan’, anak sungai Citarum purba ini memiliki peran penting bagi kebutuhan air bersih para penduduk. Bahkan, di sana juga ada mata air yang dipercaya memiliki khasiat untuk kesehatan.

wisata bandung

Telaga Cikahuripan

Bandung tidak hanya memiliki banyak mojang-mojang geulis (cantik), tapi juga punya banyak mata air yang sangat indah. Salah satunya adalah Talaga Cikahuripan. Talaga ini memiliki nama lain Sendang Geulis Cikahuripan. Ketiga kata ini memiliki makna mata air pegunungan, cantik, dan air pemberi kehidupan. Dilihat dari namanya saja sudah bisa dibayangkan kalau telaga ini memiliki air jernih yang sejuk laiknya air pegunungan lainnya. Jernihnya air di telaga ini membuat pemandangan di bawah airnya tak kalah indah dengan Unggul Ponggok di Klaten. So, jangan sampai lupa membawa action cam agar bisa berfoto dari dalam air.

Selain itu, telaga ini pun memiliki pemandangan yang sangat indah. Telaga ini juga dianggap penting bagi keseharian masyarakat setempat karena mampu memenuhi kebutuhan air bersih. Masyarakat setempat juga sering menganggap bahwa air di telaga ini memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan dan kecantikan. Bersih dan menyehatkan.

Sanghyang Heuleut

Kabupaten Bandung Barat seolah tak pernah kehabisan spot wisata tersembunyi yang menarik. Tepatnya di kawasan Waduk Saguling, ada danau cantik bernama Sanghyang Heuleut yang layak masuk dalam weekend list-mu. Danau ini terkenal dengan airnya yang jernih dengan bebatuan besar di sekitarnya. Melompat dari batu besar adalah cara favorit untuk menikmati kesejukan airnya. Untuk menikmati kejernihan air Sanghyang Heuleut, cobalah berkunjung saat musim panas karena jika hujan turun, debit air yang tinggi membuat danau menjadi keruh.

Selain keindahannya, Sanghyang Heuleut juga memiliki legenda yang menarik untuk ditelusuri. Konon, danau ini menjadi tempat para bidadari untuk membersihkan diri. Banyak yang bilang bahwa Dayang Sumbi, ibu dari Sangkuriang, sering pergi ke danau ini untuk mandi dan mencuci pakaian. Legenda ini dipercaya penduduk setempat karena jika dilihat dari namanya berarti ‘Tempat Suci Di Antara Dua Waktu’.

Namun karena letaknya yang tersembunyi, pengunjung harus rela menempuh perjalanan panjang seperti Ninja Hatori yang mendaki gunung dan melewati lembah. Namun BBC Mania tidak perlu khawatir, meskipun letaknya tersembunyi, sudah ada beberapa pedagang makanan yang membuka warung di sana. Sehingga kalian bisa kembali mengisi tenaga dengan membeli makanan yang dijual di sana.

Curug Bubrug

Bergeser ke Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, ada curug yang pemandangannya tak kalah menarik dengan curug lainnya yang terkenal seantero Bandung. Curug ini disebut Bubrag yang namanya diambil dari suara air yang berjatuhan dari ketinggian 50 m. Curug ini bukan sekadar indah dan sejuk, tapi juga menyimpan sejarah panjang tentang alam di Bandung. Curug Bubrag yang berada pada jalur patahan Lembang merupakan saksi biksu dari Gunung Bandung Purba. Curug ini pun konon terbentuk dari aliran lava gunung purba tersebut ribuan tahun lalu.

Curug Cipanji

Curug yang terletak di Pasir Jambu, Ciwidey, Bandung ini menawarkan pengalaman yang menarik. Untuk mencapainya, BBC Mania wajib berjalan selama sekitar satu jam menelusuri hamparan kebun teh berbukit, hutan yang sejuk, dan menelusuri arus sungai berbatu yang dingin dan jernih. Namun perjalanan panjang yang melelahkan tersebut akan terbayar oleh keindahan pemandangan di sana. Kalian pun akan merasa nyaman berada di sana karena keramahan warga akan selalu menyapamu saat menempuh perjalanan melelahkan menuju Curug Cipanji.

Bagaimana, mupeng banget kan? Jadi mulai sekarang, jangan melulu pergi ke tempat belanja atau restoran saat berkunjung ke Bandung. Coba deh mampir ke tempat-tempat menarik yang tersembunyi tadi untuk menambah pengalaman liburan yang unik dan mengesankan.

Setelah lelah berpetualang di tempat wisata tersembunyi tadi, jangan khawatir. BBC Mania bisa beristirahat di hotel murah di Bandung yang tersebar di berbagai daerah. Supaya bisa lebih berhemat, kalian bisa mencari promo hotel termurah di Reservasi.com untuk mendapatkan penawaran harga terbaik dan pelayanan yang memuaskan. Liburan ke Bandung berikutnya pastikan mengunjungi destinasi tadi ya Sob! Kalau bukan kita, siapa lagi yang memakmurkan wisata tanah air? Berlibur yuk!

Advertisements

19 thoughts on “Destinasi Wisata Menarik di Bandung yang Tersembunyi

  1. Sungai purbanya keren banget. Dan ternyata banyak curug keren ya di Bandung. Jadi pengen ke sana lagi. Dulu ke Bandung cuma ngendon di Jl. Cihampeulas karena ngintil temen niliki workshop konveksinya hihihi.

    Like

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s