Besar Karena Komentar

“DUH, BLOG POST-ku sepi komentar nih!” “Teman-teman, ada tulisan baru nih. Mampir yuk ke blogku dan jangan lupa tinggalin komentar ya.” Demikian bunyi status yang lazim dibagikan di linimasa FB atau yang kerap terdengar sebagai curhat tentang minimnya jumlah komentar yang menanggapi sebuah blog post.

Komentar memang penting namun jelas bukan segalanya. Bukan hanya untuk sebuah tulisan di blog atau buku, melainkan terhadap setiap tindakan atau sikap kita dalam kehidupan sehari-hari. Kendati cara dan muatannya tidak selalu sesuai dengan yang kita mau, sebuah komentar bisa memperkaya diri kita selama semangatnya positif. Jadi, kita besar berkat komentar.

besar karena komentar

Apresiasi untuk komentator

Khusus untuk sebuah blog, komentar memang sangat berharga. Komentar bukan hanya mengindikasikan bertambahnya trafik kunjungan, tetapi juga terjalinnya bibit persahabatan melalui gugusan kalimat yang dituliskan dalam kolom komentar. Sebagaimana pernah saya tulis kira-kira empat tahun lalu, sesingkat dan sesederhana apa pun sebuah komentar–nyatanya nilainya tidak selalu mudah untuk ditaksir atau dikoversi.

Blog yang saya labeli BBC ini tentu masih jauh dari kesempurnaan dalam segi apa pun, terutama pageview dan semacamnya. Tapi sungguh komentar para BBC Mania telah membesarkan hati sohibul blog untuk terus menulis dengan harapan punya bobot manfaat. So, here we go. Terdorong oleh upaya berterima kasih itulah saya bermaksud memberi penghargaan kepada lima BBC Mania yang tercatat sebagai top 5 commentators. WordPress telah bermurah hati mencatat siapa saja komentator yang saya maksud sebagai berikut.

 

komentar

Tahun lalu saya mengirimkan kaos untuk lima komentator teratas. Tahun ini saya persilakan para sahabat yang namanya tercantum dalam daftar komentator teratas menurut statistik WP untuk mengirimkan kumpulan tulisan lengkap yang siap dikerjakan sebagai buku. Tentu saja naskah Anda akan diubah menjadi buku secara self-publishing. Masing-masing memperoleh kesempatan menerbitkan satu judul dan akan menerima satu buah eksemplar sebagai bukti terbit.

Saya tunggu naskah hingga akhir bulan Maret 2018 atau enam bulan dari sekarang. Naskah bisa berbentuk fiksi atau nonfiksi dan mengangkat tema apa pun asalkan tidak bertentangan dengan norma agama atau menyinggung SARA. Jangan khawatir, apresiasi kali ini gratis 100% tapi berlaku lebih singkat dibanding penghargaan tahun 2013 silam yang berlangsung selama satu tahun penuh.

Dua sampul buku di atas adalah judul buku yang berhasil digunakan oleh BBC Mania empat tahun silam. Sementara tiga komentator lain tidak atau belum memanfaatkan tawaran saya. Mungkin lupa dan menunda sampai waktunya habis. Semua kembali kepada sobat yang saya sebut di atas. Bila tertarik, silakan kirimkan naskah via email ke sixmidad@gmail.com. Panjang naskah maksimal 150 halaman kertas A4 spasi 1,5 dengan font Times New Roman 12 poin.

Pengin rasanya mengirim satu unit Xp**der, tapi apa daya nanti malah bikin kota makin padat dan macet, hehe. Untuk semua BBC Mania, terima kasih, terima kasih, terima kasih. Duo xie xie nimen, arigato gozaimasu, muchas gracias, mi amigos!

….

Advertisements

42 thoughts on “Besar Karena Komentar

  1. waaaa…aku baru baca sambil leyeh2,,,langsung terlonjak. aku mau pilah2 ide dari tulisan di blog dulu aah…yeyeyyeyeyeyeyeyyeyeyeyeyeyyeyeyeyye

    Like

  2. Wah, tersanjung dan bangga saya termasuk yang terpilih.
    Mulai dari sekarang saya akan siapkan tulisan baru, sekalian up-date tulisan di blog. Terima kasih.

    Like

  3. wah senangnya selamat kepada 5 komentator disini aku jadi pengen mesti rajin2 ah komen sini sapa tau bisa dpt reward *pamrih hahahahahaha
    pdhl follow2an medsos tp komen di blog aja sungkan hampura nyak kang 🙏🏻🤣

    Like

  4. Hihii.. silent reader numpang coment. Sesekali adain buat SR juga ya. Selamat buat yang berkesempatan karyanya dibukukan. Diedit mas Rudi pasti hasilnya jadi warbiasa… 🙂

    Like

  5. kang Rudy ini mah idenya ada aja deh, murah hati banget..
    aku pernah dapat buku cerita anak pdhal hanya sbg peserta GA

    aku ingat deh dulu siapa yg pernah dapat karyanya dibukukan…, bunda Lahfy kalau nggak salah ya..
    beliau tak ngeblog lagi, tulisannya bagus2..

    Like

    1. Oh uni Monda dulu yang ikut giveaway Liburan Seru ya. Wah, dulu ngeblog masih asyik, rasa jadul.
      Betul, Bunda Lahfy sekarang jadi businesswoman top, padahal blognya bagus.

      Like

  6. Isshh…sayang banget baru dipertemukan dengan blog kece ini setelah Petung. Coba klo ngga ke Petung, kemungkinan kecil aku bisa baca buah pikirannya Belalang Cerewet. Mulai sekarang aku mau jadi BBC mania, ah!

    Like

  7. wuih, gurih benar 🙂 ,, selamat sama top komentator diatas.
    Saya keder ninggalin komen di Belalang cerewet, EYD dan typonya kemana-mana soale 😀

    Like

  8. Aaaaak, aku blogger yang diragukan karena jarang posting, dan malah jadi top commenter di blog orang hahahaha. Btw, apresiasinya keren banget sih, Mas. Sekaligus jadi tantangan ini, dalam tempo enam bulan kudu nulis buku. Oke, aku terima tantangan ini! Tunggu ya, aku ubek-ubek naskahku dulu. Sama sekalian nanti kalo boleh kasih kata pengantar ya hehehe.

    Like

    1. Iya nih, untunglah mau mengaku sendiri hehe. Ayo Mas kembali menulis dan kembali menampilkan inspirasi seperti dulu. Saya aja dulu sempat mengunduh panduan sponsored review dari ekonurhuda.com loh hehe.

      Like

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s