Dua Jenis Makanan Sehat untuk Pengidap TBC

Sebulan yang lalu saya diserang batuk hebat hingga dua pekan lebih. Setelah berobat ke dokter umum dan diresepkan obat, hingga seminggu kemudian batuk belum juga tuntas. Setelah obat habis, tenggorokan malah terasa sangat sakit saat menelan. Tersiksa banget, tentu saja.

Saat meminta tolong pada teman-teman di akun Facebook agar memberitahu obat alternatif untuk batu yang awet, salah seorang kawan meminta saya cek ke dokter kalau-kalau ada gejala TBC. Akhirnya pergi juga ke dokter spesialis THT yang menginformasikan bahwa saya kena radang tenggorokan yang memicu terjadinya batuk terus-menerus. Tapi itu tak berarti saya bisa tenang. TBC bisa disebabkan oleh banyak hal dan oleh karena itu tentu harus waspada agar penyakit itu tidak datang.

cough

Gambar dari wikihow.com

Punya penyakit TBC tentu akan sangat merepotkan karena selain cara mengobati penyakit TBC ini harus dilakukan secara khusus ia juga penyakit yang menular dan penularannya dapat terjadi dengan mudah mulai dari udara hingga kontak bicara. Maka dari itu kita yang sehat pun tetap harus berhati-hati. Namun pengidap penyakit TBC tak perlu khawatir sebab saat ini sudah banyak obat-obatan yang dapat mengatasi penyakit tersebut dengan syarat harus sesuai resep dokter untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Selain itu, Anda juga dapat mengonsumsi makanan yang sangat bagus untuk mengatasi penyakit TBC secara alami. Nah, berikut ini saya akan paparkan dua jenis makanan sehat yang dapat Anda konsumsi untuk mengatasi TBC.

1 . Sayur-sayuran

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa sayur-sayuran merupakan makanan yang mesti kita konsumsi setiap hari karena sangat bagus untuk kesehatan tubuh kita. Selain itu, jenis sayuran pun bermacam-macam sehingga Anda dapat memilih sayuran yang Anda sukai. Yang lebih menggembirakan, sayur-sayuran bisa dijadikan sebagai cara mengobati penyakit TBC secara alami karena kandungan pada sayuran tersebut mampu mengatasi penyakit itu apabila dikonsumsi setiap hari. Selain itu, sayuran juga sangat ampuh untuk mengeluarkan racun yang terdapat pada tubuh. Tak heran jika sayuran sangat dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari.

2 . Buah-buahan

Sama seperti sayuran, buah-buahan juga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari karena mengandung serat dan vitamin yang berguna sekali untuk menjaga tubuh kita agar tidak terkena penyakit dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, buah juga memiliki banyak jenis dan rasa pun sangat enak sehingga Anda akan ketagihan mengonsumsi kudapan segar ini.

Selain itu, buah-buahan ini juga sangat bagus untuk penderita TBC. Salah satunya adalah nanas yang dapat mengurangi gejala TBC selain bisa menghentikan pertumbuhan atau perkembangan virus TBC.

Advertisements

2 thoughts on “Dua Jenis Makanan Sehat untuk Pengidap TBC

  1. Trims sharing nya mas, nambahin dikit
    Pengalaman saya sebagai alumni obat tbc, saya konsumsi sambiloto, kalo bhs kampungnya, empedu tanah. Alhamdulillah cukup bagus. Selain itu yg juga cepat adalah olahraga pagi atau setelah subuh sampai keringatan. Menurut saya, Batuk tb itu unik, Semakin terpacu paru2 semakin berkurang batuk.

    Like

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s